Normal Mode
Responsive Mode

Power Point Sangat Profesional Untuk Sidang Skripsi #Download Cth Disini

Membuat power point yang keren memanglah ribet bahkan sulit namun disini saya bagikan hasil design pribadi power point untuk teman-teman yang sedang kebingungan membuat power point yang keren untuk kebutuhan semimar sidang skripsi. Power point ini juga bisa untuk keperluan seminar atau event, karena menurut pribadi saya design-nya simple dan elegan, tidak terlalu norak dan berwarna-warni, namun enak dilihat.

Power point yang saya bagikan ini model web sehingga terdapat menu-menu yang bisa diklikk dan terlihat hanya satu halaman saja namun didalamnya terdapat banyak halaman, minimalis dan cocok untuk kamu gunakan saat event seminar apapun.

Mau tahu hasil designnya, lihat dibawah ini.


Kalau saya analisa diatas design-nya memang tidak terlalu norak dan berwarna-warni, hanya dua warna putih dan hitam.

Lalu bagamana cara membuatnya ?? mudah sekali hanya butuh skill tingkat tinggi _^^_

# Ada 9 Bagian yang Wajib dalam Membuat Power Point Profesional

Caranya begini..

Siapkan materi maksimal 32 halaman, mulai dari judul hingga daftar pustaka, lalu buat halaman power point seperti halaman web yang bisa diklik satu per satu sesuai latar isinya, caranya:

#1 Buat Halaman "Beranda" Skripsi

Halaman ini berisi judul skripsi Dll yang perlu kamu tapilkan saja sesuai aturan masing-masing universitas. Jika dikampus saya dihalaman pertama merupakan judul yang disertai "studi pada.." atau "studi kasus pada...", lalu di bawahnya tertampil "proposal/hasil penelitian", logo, nama kamu, lalu kompetensi kamu. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.


Cara "beranda" yang bisa dihiperlink agar bisa diklik dengan memberikan "kotak" pada tulisan "beranda" lalu kotak itu berikan "hiperlink", ingat! kotak berandanya yang dihiperlinnk bukan tulisan berandanya, tujuannya agar rapi dan bagus dilihat.

Jika tulisannya yang dihiperlink maka akan berwarna biru dan tergaris bawahi, ini menurut saya kurang profesional dan tampak tidak bagus untuk dilihat _^^_

Yuk ikuti cara membuat hiperlink-nya..

Lihat gambar berikut ini untuk petunjuknya agar kamu dapat memahami dengan mudah dan cepat.


Cara membuat hiperlink ini bisa kamu terapkan disemua laman power point, kamu bisa mengkreasikannya lebih bagus lagi.

#2 Buat "Latar Belakang" Penelitian

Membuat latar belakang skripsi yang akan dimasukkan kedalam power point tidak semuanya dicopy paste, namun hanya inti sarinya saja atau dengan kata lain inti kesimpulan pada latar belakang yang sesuai dengan rumusan masalah. Maksimal 1 halaman saja, usahakan tidak lebih dari 1 halaman, karena bisa tampak bahwa kamu belum profesional dan tidak bisa meringkas inti sarinya dari latar belakang. Memang sulit meringkas 2-3 halaman latar belakang, lalu masih diringkas lagi menjadi 1 halaman pada power point. Latar belakang saja menurut saya sudah merupakan ringkasan awal skripsi yang menggambarkan isi skripsi secara keseluruhan.

#3 Buat "Rumusan Masalah" Penelitian

Rumusan masalah harus kamu tampilakan pada power point, dan jumlahnya minimal 2 poin rumusan tapi sekarang boleh hanya 1 _^^_ dan maksimal jumlahnya tidak ditentukan, namun pada umumnya rumusan masalah skripsi ada 2 atau 3 saja karena semakin banyak rumusan masalah maka semakin banyak juga yang dibahas. Jadi saran saya buat seminimal mungkinlah.

#4 Buat "Tujuan Masalah" Penelitian

Tujuan masalah ini harus sesuai rumusan masalah dan jumlahnya juga sesuai, jika rumusan masalah ada 2 maka tujuan masalahnya juga 2.

Nah rumusan masalah ini jika banyak maka jangan kamu ringkas, tamplkan pada power point apa adanya, jadi bisa lebih dari 1 halaman power point.

#5 Buat "manfaat Penelitian"

Bagian ini ada dua katagori, yakni manfaat akademis dan praktis. Bedanya, jika akademis ke masalah manfaat untuk tempat KKN kamu, program studi universitas kamu hingga ke jenjang organisasi pemerintahan, sedangkan manfaat praktis berkaitan dengan "masukan positif" yang ditujukan pada penelitan kamu, lihat contoh dibawah ini.


#6 Buat "Tinjauan Pustaka"

halaman ini tidak perlu kamu tampilkan artikel banyak, cukup dari literatur yang berkaitan dengan variabel judul kamu, tidak perlu menampilkan bertele-tele, pasalnya dulu saya juga disinggung oleh pembimbing skripsi "jangan terlalu banyak menampilkan literatur dalam tinjauan pustaka".

#7 Buat "Hipotesis" Penelitian

Tahu hipotesis ?? ini merupakan praduka hasil sementara, biasanya hipotesis sesuai dengan hasil penelitian. Saya akan berikan contoh mudahnya biar kamu memahami.

Saat judul skripsimu "Kewajiban Orang Tua Dalam Rumah Tangga" maka hipotesisnya sudah bisa kamu jawab, seperi: mengurusi anak-anak, mencari uang untuk kebutuhan makan sehari, DLL. Nah itulah hipotesis penelitian, sudah faham !!

#8 Buat "Metode Penelitian"

Dalam power point masukkan jenis penelitian, lokasi penelitian, dan sumber penelitian serta tampilkan daftar bacaan yang terdiri dari bab dan sub bab seperti terlihat pada gambar disamping ini,


Di kanan atas ada daftar bacan yang bisa dihipelink ke bab dan sub bab, lihat isi "daftar bacaan" yang saya hiperlink.


Semua bab dan sub bab saya hiperlink sesuai isinya. Jadi bisa lebih mudah dan simple.

#9 Buat "Pustaka" atau Sumber Literatur

Yang terakhir adalah sumber pustaka. Sudah tentu, wajib hukumnya menampilkan sumber pustaka, tidak semua yang ada seperti dalam dafar pustaka skripsi. Yang kamu tampilkan cukup sumber pustaka sesuai materi yang tertampil didalam power point saja.

Nah itulah cara membuat power point untuk berbagai seminar  seperti seminar proposal, seminar hasil dan sidang skripsi. Semoga design power point ini menarik untuk kamu dan bermanfaat, dan jangan lupa bagikan keteman-teman kamu agar dapat saling memudahkan saat membuat power point yang simple dan profesional.


Selamat seminar..


PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.


Related Post:

Post a Comment

Terimakasih sudah menyempatkan untuk berkomentar.