Normal Mode
Responsive Mode

Apa Itu Link/Hiperlink? Contoh dan Cara Membuatnya di Blog dll..

Pada hakikatnya link sering kamu jumpai, baik saat membaca artikel pada blog/website dan aplikasi-aplikasi di playstore serta sejenisnya.

Secara bahasa, link mempunyai arti "tautan atau hubungan". Ada juga yang menyebutnya hiperlink, ini biasanya digunakan pada aplikasi word seperti MS Word.

Pada hakikatnya, fungsi keduanya antara link dan hiperlink mempunyai maksud yang sama, yakni tautan atau hubungan. Tujuan dibuatnya link ini agar si pembaca lebih mudah mencari referensi.

Seperti halnya saat kamu membaca artikel di blog saya ini, tentu kamu pernah meng-klik judul tertentu lalu akan menuju kesuatu artikel lainnya, nah.. pada prinsipnya begitualah fungsinya.

Mari perhatikan selanjutnya.. saya akan bahas contoh satu per satu tentang link, baik pada blog/website, MS Word dan aplikasi smartphone.

# Contoh Link pada Blog/Website


Link blog disebut juga tautan yang bisa diklik menuju suatu laman blog tertentu. Biasanya warna link ini biru, merah, dan pada sebagian blog ada yang berwarna putih jika tampilan blognya hitam.

Cara membuat link pada blog mudah kok..

Yang harus kamu punyai pertama adalah sebuah blog, bisa menggunakan blogger/blogspot maupun wordpress, keduanya gratis selamanya.
Baca juga: Urutan Cara Baru Daftar Blog Blogspot dan Website di Webmaster Google
Setelah itu buatlah tulisan di blog kamu itu, lalu blok dengan kursor pada kalimat atau kata yang akan kamu jadikan "link" lalu masukkan alamat url tertentu, url tertentu ini tujuannya agar saat orang lain meng-klik link itu akan langsung menuju ke halaman/laman lain.



Contohnya.. seperti 1 paragraf diatasnya ini, persis setelah kalimat "Baca juga:"

Nah itulah salah satu contoh link yang diterapkan pada blog atau website.

#Contoh Link pada Aplikasi Smartphone


Didalam sebuah aplikasi musti terdapat link, coba lihat aplikasi di HPmu, tentu ada link disana, fungsinya persis sama seperti link pada sebuah blog.

Hanya saja link pada aplikasi tidak begitu banyak sebab sebagian besar diberbagai aplikasi smartphone sudah menggunakan "menu tab", misalnya ada icon gambar rumah, lalu kamu klik akan menuju ke suatu halaman lain.

Contohnya begini..


Lihat tanpa panah merah diatas, menunjukkan salah satu contoh menu tab.. yang ketika diklik akan menuju ke halaman lain.

Link dengan manu tab itu beda, bedanya jika "link" tautan berupa tulisan sedangkan "menu tab" tautan selain tulisan.

#Contoh Link pada MS Word


Tulisan yang diberi tautan pada Ms Word..ada yang menyebutnya hiperlink. Model, jenis dan fungsinya hiperlnk ini persis sama dengan link, yakni mengarahkan pembaca untuk meng-klik-nya dan akan menuju kehalaman tertentu.

Hiperlink pada MS Word ini biasanya digunakan untuk keperluan offline, artinya tanpa terhubung jaringan internet bisa berfungsi. Hiperling ini juga sering dipakai saat presentasi menggunakan power poin.

Disini contohnya bisa langsung menuju video dibawah ini..


Video diatas adalah power poin yang saya buat saat ujian skripsi, disana kamu akan melihat banyak hiperlink.

Nah, bagaimana sudah faham belum tentang link/hiperlink!!

Sederhananya cara memahaminya begini..
  1. Link digunakan untuk blog/website dan aplikasi, dapat diklik dengan bantuan internet atau online, sedangkan..
  2. Hiperlink digunakan untuk MS Word dan dapat diklik tanpa ada jaringan internet alias offline


Keuntungan link/hiperlink


Bagi Pembaca, manfaatnya untuk memudahkan si pembaca mencari artikel yang berhubungan dengan artikel yang sedang ia baca tanpa harus susah payah mencarinya.

Bagi Pembuat link, manfaatnya untuk memudahkan robot google merayapi tulisan didalam blog dan agar ter-indeks di pencarian google. Dalam hal ini tujuan utama pembuat blog agar rating-nya naik dan bagus, dengan begitu bisa mendapatkan uang lewat blognya.

Sekian yang bisa saya tulis tenang penjelasan link/hiperlink beserta contoh dan cara membuatnya. Jika masih terdapat kekeliruan mohon maaf.. dan terimakasih telah berkunjung di blog kami.


PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.


Related Post:

Post a Comment

Terimakasih sudah menyempatkan untuk berkomentar.