Proses, Syarat, Lama Waktu Merubah/Memperbaiki Salah Nama di KK #Bagi Pemula | Jendela Buwana

Proses, Syarat, Lama Waktu Merubah/Memperbaiki Salah Nama di KK #Bagi Pemula

Advertisement
Proses, Syarat, Lama Waktu Merubah/Memperbaiki Salah Nama di KK #Bagi Pemula - Mau merubah nama di KK? disini akan saya bahas dari ahlinya. Bila kamu ingin mengganti nama yang salah pada kartu keluarga/KK harus memenuhi syarat-nya terlebih dahulu seperti menyediakan KK asli dan foto copy-nya, Foto copy akte kelahiran, dan mengisi formulir lebar selebar kertas A3 sesuai data yang sebenar-benarnya. Usahakan nama kamu disesuaikan dengan ijazah, jika nama kamu pada ijazahnya sudah sama semua maka kesalahan nama di KK bisa kamu perbarui dan rubah sesuai nama yang ada di ijazah, syukur-syukur jika nama di akte kelahiran juga sudah benar.

Ada 3 catatan penting dari saya.
  1. Merubah nama di KK itu mudah.
  2. Merubah nama di akte kelahiran itu juga masih mudah.
  3. Merubah nama di Ijazah itu sangat merepotkan dan butuh biaya serta waktu lama sekali.

Jadi pertimbangkan jika kamu ingin merubah dokumen penting yang namanya tidak sesuai dengan ijazah, artinya semua dokumen penting seperti KK, KTP, Akte, Dll sesuaikan seperti nama di Ijazah kamu.

syarat mutlak perubahan atau mengganti nama di kk

Contoh masalah,

Seperti yang saya alami, nama saya di KK, KTP, SIM, dan data Perbankkan adalah sama semua, tapi berbeda dengan di akte dan ijazah. Karena nama yang ada di akte dan ijazah sudah sama maka lebih baik mengalah untuk memperbaiki nama pada KK, KTP, SIM pasalnya perubahannya lebih mudah dan lebih hemat biaya dan waktu.

Bayangkan saja jika kamu ingin merubah nama ijazah harus melalui sekolah, kantor pendidikan di kabupaten atau kota, di provinsi dan terakhir dipusatnya (Jakarta). Jika sekolah kamu berpindah-pindah, wahh merepotkan sekali..

#Proses, Syarat, Cara Merubah/Memperbaiki Salah Nama di KK

Proses memperbaiki nama pada KK tidaklah lama, sekitar 3-7 hari tergantung diri kita sendiri, jika persyarannya sudah lengkap maka proses pembuatannya akan lebih cepat. Adapun syarat mutlak pembaruan atau perbaikan nama pada KK sebagai berikut ini.

Data dibawah ini sesuai pengalaman pengurusan ganti nama pada KK/Kartu keluarga.

#1 Bawa Data Nama yang Valid ke Kelurahan

Data nama yang valid adalah data yang menjadi acuan utama, misalkan nama KK yang salah akan diganti seperti nama yang ada di Akte kelahiran. Maka bawalah akte kamu yang foto copy-an saja sebanyak 1 lembar saja.

#2 Foto Copy KTP Elektronik

Jika nama pada Ktp juga salah tidak sesuai dengan di ijazah maka sekalian pembaruan, pengurusannya sekalian saja tidak bolak-balik, masalah ini seperi yang saya alami.

#3 Mengisi formulir Lebar

Yang terakhir disini mengisi formulir pembaruan KK, disini harus cermat agar mengisinya tidak keliru, jika masih ada yang kurang jelas bisa langsung bertanya pada pegawai kelurahan setempat. Formulir ini bisa dibawa pulang untuk dipelajari terlebih dahulu, lalu besoknya disetorkan ke kelurahan jika sudah terisi dengan lengkap.

Di formulir ini ada tanda tangan kepala desa/lurah dan kepala camat, sehingga setelah selesai di kelurahan kamu harus pergi ke akntor camat untuk divalidasi dan ditanda tangani oleh kepala camat.

#4 Mengisi Formulir perbaikan Nama lama dan Nama Baru

Formulir ini ditanda tangani yang bersangkutan dan diberi materai 6000 sebaai bukti bahwa nama yang lama adalah salah ketik atau keliru dan diganti nama baru yang sebenarnya. Formulir ini diberikan dari desa dan model formulir ini sama untuk setiap desa/kelurahan.

#5 Bawa KK yang Asli untuk Diserahkan Ke Dispendukcapil

Syarat mutlak pembaruan KK adalah dengan menyerahkan KK asli, jika tidak proses akan ditolak saat itu juga.

Sesuai pengalaman saya, KK asli harus disaksikan oleh pegawai kecamatan, jika tidak ada maka tidak ada toleransi dan tanda tangan kepala camat tidak dipenuhi.

Untuk itu jika kehilangan KK asli, minta surat kehilangan dari kepolisian, syaratnya meminta terlebih dahulu surat keterangan kehilangan dari kelurahan/desa setempat lalu dibawa ke polres setempat. Proses pembuatan surat kehilangan di kepolisian sebentar saja, paling hanya 20 menit selesai.

Setelah semua terpenuhi dan lengkap, maka yang terakhir datang ke kantor dispendukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) kabupaten/kota. Semua data seperti FC KTP, KK, Ijazah sampai pada poin #5 semua dibawa ke kabupaten.

Lama pengurusannya di dinas dispendukcapil tidaklah lama, hanya saja terkadang antriannya yang panjang menjadikan proses kamu menjadi lama. Jika tidak ada antrian dihari itu juga bisa selesai, begitupun pembaruan pencetakan EKTP-nya langsung jadi dihari itu.

Sekian semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan referensi pengurusan mengganti nama di Kartu keluarga dan Ktp-el.
PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.

No comments:

Post a Comment

Aturannya berkomentar sbb:
1. Jika bertanya yang baik.
2. Tidak boleh spam/Link Hidup.
3. Bertanya yang jelas nggak memakai singkatan yang sekiranya sulit dipahami.
4. Bisa bertanya bisa menjawab.
5. Itu saja persyaratannya.
6. Nanti akan disetujui.