Proses, Syarat, Lama Waktu Merubah/Memperbaiki Salah Nama di KK #Bagi Pemula | Jendela Buwana

Proses, Syarat, Lama Waktu Merubah/Memperbaiki Salah Nama di KK #Bagi Pemula

Proses, Syarat, Lama Waktu Merubah/Memperbaiki Salah Nama di KK #Bagi Pemula - Mau merubah nama di KK? disini akan saya bahas dari ahlinya. Bila kamu ingin mengganti nama yang salah pada kartu keluarga/KK harus memenuhi syarat-nya terlebih dahulu seperti menyediakan KK asli dan foto copy-nya, Foto copy akte kelahiran, dan mengisi formulir lebar selebar kertas A3 sesuai data yang sebenar-benarnya. Usahakan nama kamu disesuaikan dengan ijazah, jika nama kamu pada ijazahnya sudah sama semua maka kesalahan nama di KK bisa kamu perbarui dan rubah sesuai nama yang ada di ijazah, syukur-syukur jika nama di akte kelahiran juga sudah benar.

Ada 3 catatan penting dari saya.
  1. Merubah nama di KK itu mudah.
  2. Merubah nama di akte kelahiran itu juga masih mudah.
  3. Merubah nama di Ijazah itu sangat merepotkan dan butuh biaya serta waktu lama sekali.

Jadi pertimbangkan jika kamu ingin merubah dokumen penting yang namanya tidak sesuai dengan ijazah, artinya semua dokumen penting seperti KK, KTP, Akte, Dll sesuaikan seperti nama di Ijazah kamu.

syarat mutlak perubahan atau mengganti nama di kk

Contoh masalah,

Seperti yang saya alami, nama saya di KK, KTP, SIM, dan data Perbankkan adalah sama semua, tapi berbeda dengan di akte dan ijazah. Karena nama yang ada di akte dan ijazah sudah sama maka lebih baik mengalah untuk memperbaiki nama pada KK, KTP, SIM pasalnya perubahannya lebih mudah dan lebih hemat biaya dan waktu.

Bayangkan saja jika kamu ingin merubah nama ijazah harus melalui sekolah, kantor pendidikan di kabupaten atau kota, di provinsi dan terakhir dipusatnya (Jakarta). Jika sekolah kamu berpindah-pindah, wahh merepotkan sekali..

#Proses, Syarat, Cara Merubah/Memperbaiki Salah Nama di KK

Proses memperbaiki nama pada KK tidaklah lama, sekitar 3-7 hari tergantung diri kita sendiri, jika persyarannya sudah lengkap maka proses pembuatannya akan lebih cepat. Adapun syarat mutlak pembaruan atau perbaikan nama pada KK sebagai berikut ini.

Data dibawah ini sesuai pengalaman pengurusan ganti nama pada KK/Kartu keluarga.

#1 Bawa Data Nama yang Valid ke Kelurahan

Data nama yang valid adalah data yang menjadi acuan utama, misalkan nama KK yang salah akan diganti seperti nama yang ada di Akte kelahiran. Maka bawalah akte kamu yang foto copy-an saja sebanyak 1 lembar saja.

#2 Foto Copy KTP Elektronik

Jika nama pada Ktp juga salah tidak sesuai dengan di ijazah maka sekalian pembaruan, pengurusannya sekalian saja tidak bolak-balik, masalah ini seperi yang saya alami.

#3 Mengisi formulir Lebar

Yang terakhir disini mengisi formulir pembaruan KK, disini harus cermat agar mengisinya tidak keliru, jika masih ada yang kurang jelas bisa langsung bertanya pada pegawai kelurahan setempat. Formulir ini bisa dibawa pulang untuk dipelajari terlebih dahulu, lalu besoknya disetorkan ke kelurahan jika sudah terisi dengan lengkap.

Di formulir ini ada tanda tangan kepala desa/lurah dan kepala camat, sehingga setelah selesai di kelurahan kamu harus pergi ke akntor camat untuk divalidasi dan ditanda tangani oleh kepala camat.

#4 Mengisi Formulir perbaikan Nama lama dan Nama Baru

Formulir ini ditanda tangani yang bersangkutan dan diberi materai 6000 sebaai bukti bahwa nama yang lama adalah salah ketik atau keliru dan diganti nama baru yang sebenarnya. Formulir ini diberikan dari desa dan model formulir ini sama untuk setiap desa/kelurahan.

#5 Bawa KK yang Asli untuk Diserahkan Ke Dispendukcapil

Syarat mutlak pembaruan KK adalah dengan menyerahkan KK asli, jika tidak proses akan ditolak saat itu juga.

Sesuai pengalaman saya, KK asli harus disaksikan oleh pegawai kecamatan, jika tidak ada maka tidak ada toleransi dan tanda tangan kepala camat tidak dipenuhi.

Untuk itu jika kehilangan KK asli, minta surat kehilangan dari kepolisian, syaratnya meminta terlebih dahulu surat keterangan kehilangan dari kelurahan/desa setempat lalu dibawa ke polres setempat. Proses pembuatan surat kehilangan di kepolisian sebentar saja, paling hanya 20 menit selesai.

Setelah semua terpenuhi dan lengkap, maka yang terakhir datang ke kantor dispendukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) kabupaten/kota. Semua data seperti FC KTP, KK, Ijazah sampai pada poin #5 semua dibawa ke kabupaten.

Lama pengurusannya di dinas dispendukcapil tidaklah lama, hanya saja terkadang antriannya yang panjang menjadikan proses kamu menjadi lama. Jika tidak ada antrian dihari itu juga bisa selesai, begitupun pembaruan pencetakan EKTP-nya langsung jadi dihari itu.

Sekian semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan referensi pengurusan mengganti nama di Kartu keluarga dan Ktp-el.
PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.

67 comments:

  1. Kalau kk nya baru otomatis Ktp nya juga baru dong ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gan sepaket sekalian mengurus perbaruan e-ktp nya, gratis saja

      Delete
  2. Kasusny sama kayaku, kk ktp namanya sama tapi beda sama ijazah dan akte. Kmrn proses ganti kk dan ktpny berpa lama mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapet kk baru dan ektp baru nya sekitar 1 bulan, itu karena saya nya yang gak sanggup bolak balik ke dispendukcapil mas, kalo mau cepat sebenarnya juga bisa, pernah saya membuat akte baru 2 hari jadi dengan proses yg sama seperti ngurus kk dan ektp

      Delete
  3. TerimaTerima sebelumnya atas tulisan ini, sangat membantu. Kasusnya sama, nama di KK sama ijazah beda dan Tadi saya tanya ke pegawai kelurahan sini, minta ijazah asli SD-SMAS Untuk proses pengubahannya dan ada sidang juga, gmna tuh mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2. Ijazah terakhir saja mas gak perlu semua ijazah

      Delete
  4. Dan untuk ijazah yg dibutuhkan apa memang harus lengkap dari sd sampai sma mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh saja semuanya, tetapi pengalaman saya ijazah yg paling terakhir saja sudah cukup

      Delete
  5. Gini gan, kan saya ganti nama orang di KK, tpi orangnya sudah meninggal. Itu gimana gan? Apakah bawa ktpnya juga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ortu nya sdh alm tidak perlu bawa ktp nya om

      Delete
  6. Bang numpang nanya kan nama di KK,akte dan KTP saya berbeda dgn di ijazah pnddk saya dan kalo ganti nama ijazah itukan ribet tetapi kalo ganti nama di kk,akte dan KTP itu butuh berapa lama waktunya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ganti nama di kk,akte dan KTP itu butuh maks sebulan dan itu tergantung kita nya gan, bisa lebih cepat

      Delete
  7. gan, saya salah nama di kk dan ktp, rencananyaau ngurus, tahapannya drinmana saja ya? trus butuh berkas apa aja selain kk asli sama ktp. saya adanya ijazah dgn nama yg benar, akta kelahiran namanya juga benar tp hilang, gpo kah cuman bawa ijazah ajansbgai bukti nama asli saya? thx

    ReplyDelete
  8. @tria diyanti. syaratnya bawa ktp dan kk yg keliru dan tambahannya ijazah sebagai pondasi nama yg benar nya

    ReplyDelete
  9. Bang aku mau nanya
    Kan nama ku di kk dan akte itu sama cuma ya itu beda dengan yg diizasah sd dan mts. Yang di kk dan akte sarah fadilah, yang diijazah sd sarah fadhilah, ijazah smp sarah fadillah.
    Itu gmna ya bang apa bisa diperbaiki? Caranya mudah gak?

    ReplyDelete
  10. Sepertinya itu tidak masalah gan, yg mungkin perlu kita perbaki adalah ijazah terakhir yg namanya tidak sesuai dengan akte, jadi pondasinya di akte saja.
    Sebenarnya mengganti nama yang salah di kk, akte, ijazah bisa semua gan hanya saja prosesnya lama dan tidak. Trims

    ReplyDelete
  11. gan sudah sy urus smpe kelurahan dan kecamatan, tinggal ke capilnya aja, tapi pas ke capil sy diminta akta kelahiran (kbtulan hilang akta nya), pdhl di kecamatan sama kelurahan oke ijazah aja gpp, itu gimana gan?

    ReplyDelete
  12. @tria D : Sebenarnya akte a/ ijazah salah satunya saja sudah ok gan.. kok begitu ya gak boleh, atau sekalian dibuat akte gan nanti juga bakalan perlu ituu.. syaratnya minta surat kehilangan dan nama di ijazah sebagai patokannya

    ReplyDelete
  13. Kan nama saya di KK beda satu huruf, pas mau buka rekening tidak bisa, nah sudah saya rubah kemaren buat KK baru tadi saya k bank mau buat rekening namanya belum berubah jadi belum bisa,gmn nih padahal d KK baru sudah benar... Sama KTP

    ReplyDelete
  14. Berarti masih belum seksama itu kak si perubah KK nya, Coba langsung saja ke dispendukcapil buat laporin kembali agar proses perubahan nama lebih cepat

    ReplyDelete
  15. Salam bang mau tanya.
    Data saya nama di KK berbeda dengan Akta kelahiran, KTP dan Ijazah.
    Dalam hal ini
    Akta Kelahiran, KTP Sesuai dengan Ijazah terkahir saya,
    Jadi yang berbeda hanya KK.

    Yang ingin saya tanyakan :
    1. Kalau hanya merubah KK, kira kira butuh waktu berapa lama ?
    2. Kalau untuk legalisir Akta Kelahiran kira kira butuh waktu berapa lama?
    3. Mengurusnya dokumen tersebut apakah bisa di domisili kita atau ditempat diterbitkannya dokumen tersebut ?

    Terimakasih.
    Salam

    ReplyDelete
  16. @Karma:

    1. Ngurus perubahan kk seminggu sdh bisa jadi, waktu normal

    2. Legalisir akte belum pernah kak, namun sepertinya langsung saja ke dispendukcapil tempat pembuatan akte sampeyan, langusng minta cap stempel nya

    3.Untuk perubahan nama hrs ditempat diterbitkannya tersebut karena ada ttd bupati/walikota

    ReplyDelete
  17. Kalo mau ganti nama satu huruf aja gimana ya mas, kira² bisa apa enggak
    Soalnya namanya nggak salah cuman pengen diganti misal nih namanya achmad tapi diganti (ahmad)

    ReplyDelete
  18. Bisa meski satu huruf, seyogyanya harus diganti Gan sampai nama pada kk, ktp, akte, ijazah benar2 sempurna. Untuk prosesnya perubahan nama sama diatas

    ReplyDelete
  19. Kasus saya, sama seperti mas, nama KK dan KTP beda dengan di ijazah dan AKTA.
    Nah kan lebih baik ganti di KK dan KTP ya mas, namun bila keluarga ada yang sudah meninggal. Apakah akan jadinya membuat KK baru? berhubung yang meninggal adalah kepala keluarga.
    kira2 apakah prosesnya akan semakin lama?
    Dan apa saya harus bawa juga surat keterangan kematian ybs?
    Makasih sebelum nya mas.

    ReplyDelete
  20. @wahyu H : Sebaiknya nama kaka segera dirubah, untuk ortu yg alm sebagai bukti ke kelurahan - dispenduk sebaiknya lampirkan surat ket kematianna.

    Tdk lama prosesnya kak sama saja, lama tdk nya tergantung kita yg mengurus, semakin cpt beres persyaratannya maka semakin selesai

    ReplyDelete
  21. Terimakasih mas, blog nya sangat membantu

    ReplyDelete
  22. Harus ke kelurahan dulu mas? Saya diberi tahu rt setempat langsung ke kecamatan saja. Oiya, apabila butuhnya mendesak bgt, bisa jd gak dlm 2 atau 3 hari untuk perbaikan nama di kk?

    ReplyDelete
  23. Selamat pagi bang.saya mau tanya siarat mau mengubah kartu keluarga gimana ya?karna di ktp dan ijasah berbeda bang

    ReplyDelete
  24. Bg..mau tanya... nama ibu saya beda di KK ,gimana ya bg cara menggantinya dan syaratnya

    ReplyDelete
  25. @gicunk: bisa saja gan saya pernah mengurus sampai ke kabupaten hanya 2 hr tuntas, waktu itu urus akte kelahiran paman dan bibi saya, pdhl persyaratannya lebih byk ketimbang perbaikan nama

    Untuk komentar dibawah nya saya jawab, begini..

    1. Perubahan kk hrs ke kelurahan dulu minta lembar perubahan kk yg lebar itu. dan sebaiknya pondaasi nama adalah ijazaha

    2. Syarat perubahan kk yg perlu dipersiapkan, ktp asli dan fc/foto kopi, akte asli dan fc, keduanya dibawa ke kelurahan setempat

    ReplyDelete
  26. Bang saya mw tanya..
    Saya mw ubah ktp n kk sblm pilpres,,
    Tp apakah brpengaruh d data pemilu nnti klo saya ubah sblm pilpres?

    ReplyDelete
  27. @tina: setiap pendataan ulang, di ektp langsung berubah kak, jd tdk berpengaruh pemilu, tetap bisa milu

    ReplyDelete
  28. @tina: didatabase online jg begitu sdh berubah

    ReplyDelete
  29. Bang mau tanya, kasusnya agak mirip sih bang cuma nama saya di ijazah bener di ktp, kk, sama akte salah.. Kira kira kalo benerin bayar ngga ya? Trus kalo mau benerin satu satu apa langsung aja sekalian bisa?

    ReplyDelete
  30. kalo benerin salah nama di kk, ktp, akte gratis kalopun ada denda cuman 50rb

    ReplyDelete
  31. Bang saya mau tanya..
    Saya kan mau ngerubah nama ayah saya yang slh 1huruf di KK yang dibutuhin apa aja ya bang? Posisi ayah saya diluar kota dan blm bisa pulang pdhl KK harus segera dipake.

    ReplyDelete
  32. bisa saja asalkan ada surat kuasa (bermaterai) dr ayah agan, isinya ttg pengurusan perubahan namanya. Syaratnya kk, surat nikah a/ akte, ktp

    ReplyDelete
  33. Oo bgitu ya bang..thnks bang..ad lgi yg mw saya tanyakan.
    Nah gni bang..kn saya mau mnikah..dan kk n ktp blm saya ubah krn ada kslahan nama 1 huruf,akta n ijazah yg bnar.
    buku nikah nnti tu namanya mngikuti akta atau ktp y..?krna tu berbeda nma 1 huruf..yg bnr d akta.
    Bs g y bang,klw buku nikah ny tu nama mngikuti akta lahir (yg bnar),bukn ktp.???
    Krna nnti syaa ingin proses sekaligus ubah nama n mngganti status menikah,agar tidak bolak balik mngurusny..mohon pnjelsanny trimaksih

    ReplyDelete
  34. @tina : Sebaikya ikuti nama sesuai di akte a/ ijazah

    ReplyDelete
  35. @tina : lbh baik urus semua sblm menikah, itu akan mempermuadah administrasi nikan

    ReplyDelete
  36. Bro saya kan baru kelar ganti nama akte? Apakah pas pengurusan ganti nama kk, saya harus balik lagi ke disdukcapil, soalnya waktu pas ganti nama akte juga saya di mintain fotocopy kk juga, makasih bro

    ReplyDelete
  37. Terimakasih pnjlasanny bang ..
    Pnjelasanny sangat mmbantu ..

    ReplyDelete
  38. @unknow : tetap k dispendukcali gan sebab pendataannya ngumpul isana an i tt olh wali kota/kab. syaratnya juga ada kk asli dan ktp, kk asli wajib dibawa, prosesnya persis prosedur diartikel diatas ya

    ReplyDelete
  39. Mau tanya, untuk pembetulan KK ( nama mertua) dan akte sesuai ijazah, kira2 butuh waktu berapa lama,,,seminggu cukup Ndak ya, dan prosesnya gmana, terima kasih

    ReplyDelete
  40. Bang kalau yang mengurus bukan yang bersangkutan bisa ga ya? Terus kalau ngubah nama ktp doang ngga kmharus ke disduk kan yaa
    Terimakasih

    ReplyDelete
  41. Bang mau tnya...
    Klo kk sm eKTP nya beda dengan ijasah trus sm akte jg kn bs di perbarui, nah masalahnya skrng di perusahaan saya asuransi & bank nya sudah terdaftar dngan nama yg sperti di eKTP/kk trus bagaimana?, apa tidak ribet ngurus perubahan di asuransi nya & jg bank nya?,,, trimakasih

    ReplyDelete
  42. Ka mau tanya, kalo saya mau rubah nama hanya database online nya saja gmn ya ka?prosedurnya sama ya? karena e-ktp fisik dan online berbeda. Yang benar yang e-ktp fisik. Terima kasih mohoh pencerahannya.

    ReplyDelete
  43. Bang kalo memperbaiki nama orng tua yg slah di kk harus pake sidang kh?

    ReplyDelete
  44. Mau tanya kak, kalo di kk yg salah itu nama ayah gimana ya cara perbaikannya?
    Kondisi saya sudah pisah kk dgn ayah saya(sudah menikah)...

    ReplyDelete
  45. Tidak harus sidang kak, kakak yg urus nama ayah, jika da tanda tangan mintalah ke ayah, tidak perlu harus baa surat kuasa atau sidang2 segala, sekarang mudah kok mengurusnya asalkan penuhi syarat diatas.


    jika sudah kk sendiri dan kaka dipisahkan oleh samudra dan udara :) maka sebaiknya menyuruh rang disekitar ayah kakak, jadi mudahnya begini..

    buat surat kuasa dilimpahkan ke orang lain untuk mengurus perubahan nama ayah kaka.

    moga bermanfaat

    ReplyDelete
  46. Kak mau nanyaa, kasus nyaa samaa, kalo sayaa dateng lansung ke disduk tanpaa harus kelurahan bisa gak kak?

    ReplyDelete
  47. @nursadi, harus melalui kelurahan terlebih dahulu gan, ada surat ket dr sana

    ReplyDelete
  48. Permisi mass
    Saya mau nanya
    Jadi gini masalahnya
    ijazah smk saya namanya ada yg beda, dengan yang di akte,kk sama ktp, sarannya lebih baik gmna ya, ngikut nama yang di ijazah otomatis kan kita ganti semua tuh mulai dari akte, terus kk dan ktp , apa ijazahnya di perbaiki tapi katanya agak susah dan lama proses nya
    Mohon sarannya mass

    ReplyDelete
  49. Gan waktu yg diperlukan utk mengurus ganti nama di kk dan ktp itu brp hari ya? Soalnya di akte sudah benar dan di ijasah sudah benar

    ReplyDelete
  50. Maaf ka numpang tanya,
    Masalah saya,
    Waktu bulan 9 2018 kemren buat kk akte ktp sesuai di ijasah,
    Tpi setelah semua selesai baru keteliti,kalau nama di ijasah itu namanya ABDUL AJIJ,
    Dan saya pengen ganti nama di akte kk ktp jadi ABDUL AZIZ ga ngikutin ijaasah skolah bisa gak ia ??

    ReplyDelete
  51. Bos mau tanya nama ayah saya di ijazah sama kk berbeda gimana caranya saya merubah kk dan apa aja syaratnya.soalnya saya mau buat pasor.tq

    ReplyDelete
  52. @ceedtye T : Sebaiknya jgn diubah kak, itu identitas yg asli

    @Siti D : Langsung saja tahap pertama ke kelurahan Agan ya, nanti prosesnya mudah disana, siapkan ktp, kk, dan akte/ijazah

    ReplyDelete
  53. gan ..di saya ingin menganti nama orang tua yang salah ketik di Kk syarat dan prosedurnya bagaimna...Tq

    ReplyDelete
  54. Ktp asli dan ktp fotocopy gan, bawa juga kk aslinya

    ReplyDelete
  55. Kk aku mau nanya dong aku kan punya kk asli nik batam tapi ditahan sama kecamatan semarang jika aku ke batam membawa foto copy kk + akte kelahiran + surat kematian ijasah apa itu bisa merubah kk lama jadi yg baru, nama orang tua saya di apus bisa ga sedangkan usia aku baru 17 tahun aku butuh kk baru sekalian buat ktp tolong di jawab ya ka����sebesebelu terima kasih

    ReplyDelete
  56. Maaf mau tanya, sy baru menikah dan sy baru membuat kk dan e ktp baru, tpi di kk baru nama ibu saya salah,kalau mau di perbaiki persyaratannya apa aja ya?
    Dan gak harus bikin e ktp baru lagi kan?
    Terima kasih��

    ReplyDelete
  57. @Mita Della: Secara peraturan yang sebenarnya, perubahan nama di KK harus ditempat dimana kk lama dibuat, karena ada tanda tangan wali kota atau bupati daerah setempat kak. Untuk sementara pakai data kk yang lama saja
    @Unknown: sebaiknya kalau merubah kk sekalian merubah ektp gan ya, sekalian jalan, ktp dan kk itu penting, seperti saat membuka rekening bca dan sekelasnya, jika beda tidak bakalan diterima

    ReplyDelete

Aturannya berkomentar sbb:
1. Jika bertanya yang baik.
2. Tidak boleh spam/Link Hidup.
3. Bertanya yang jelas nggak memakai singkatan yang sekiranya sulit dipahami.
4. Bisa bertanya bisa menjawab.
5. Itu saja persyaratannya.
6. Nanti akan disetujui.