Normal Mode
Responsive Mode

Cara Menghilangkan Nomor Setelah Halaman Cover Skripsi #MS WORD

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara menambahkan beberapa halaman tanpa nomor setelah cover skripsi menggunakan MS WORD 2013. Bahasan ini juga bisa diterapkan untuk memperbaiki halaman Ms Word setelah cover yang ingin dihilangkan nomornya agar nomornya hilang. Tutorial ini juga nantinya bisa diterapkan pada Ms word versi sebelumnya hingga vesi terendah Ms Word 2006.

Sudah tentu diberbagai metode pembuatan skripsi setiap universitas atau kampus musti mempunyai pola yang berbeda-beda, ini wajar, yang terpenting masih dibenarkan oleh pusat dalam hal ini adalah pihak Dikti.

Pola penulisan yang berbeda-beda tersebut seperti pada cover, lembar persetujuan, lembar pengesahan, dan persembahan. Ada yang diberi penomoran dan ada pula yang tidak diberi penomoran.

Cara Menghilangkan Nomor Setelah Halaman Cover Skripsi

Nah, kali ini saya akan membantu masalah kamu yang sedang kesulitan menghapus atau menghilangkan penomoran pada lembaran-lembaran halaman Ms Word tersebut sampai berhasil.

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan. Namun, kali ini saya beri cara yang paling praktis menurut saya dan mudah diterapkan pada semua kalangan manapun dan menggunakan versi MS Word apapun.

Mari kita simak berikut ini..

Lembar halaman skripsi umumnya terdiri dari beberapa katagori, diantaranya, sbb:
  1. Cover
  2. lembar persetujuan
  3. Lembar pengesahan
  4. Persembahan
  5. Dll..
Jika 3 halaman setelah cover itu terdapat penomoran maka cara menghilangkannya mudah sekali, yakni dengan menerapkan fungsi fitur MS Word berikut:
Fungsi fitur pertama: Page Layout >> Breaks >> Page
dan..
Fungsi fitur kedua: Page Layout >> Breaks >> Next Page
Teknisnya begini..

Sebelum menjalankan kedua fungsi fitur itu, tempatkan kursos berada dibagian paling bawah di halaman cover skripsi kamu. Setelah itu tampakkan terlebih dahulu penomoran pada cover dengan menghilangkan centang pada "differenct first page" seperti pada gambar berikut.

Cara Menghilangkan Nomor Setelah Halaman Cover Skripsi

Nb, Jika bagian different first page tidak muncul, tempatkan kursor terlebih dahulu pada bagian footer penomoran, caranya dengan klik kanan bagian footer/nomor, lalu klik "edit footer"

Setelah itu jalankan fungsi fitur pertama, yakni:
Page Layout >> Breaks >> Page
Coba lihat perbedaannya, kursor akan otomatis berpindah ke halaman kerja kedua, dalam hal ini adalah kursor ke halaman MS Word ke-2 setelah cover skripsi.

Setelah itu kembalikan lagi kursor tepat dibawah lembar kerja cover, lalu jalankan fungsi fitur kedua, yakni:
Page Layout >> Breaks >> Next Page
Lihat hasilnya, halaman kerja akan bertambah otomatis, dan lihatlah untuk nomor pada halaman Ms Word setelah cover, sudah tidak ada nomornya bukan!

Nah, kalau tutorial ini bisa kamu ikuti, berarti kamu sudah berhasil dan sukses mengkosongkan halaman tanpa nomor.

Dan karena ada 3 lembar halaman Ms Word untuk "lembar persetujuan skripsi, lembar pengesahan, dan lembar persembahan", maka kamu harus menjalankan lagi fungsi fitur kedua sebanyak 3 kali lagi.

Masih bingung!

Jika bingung saya beri petunjuknya secara berurutan, sbb:
  1. Page Layout >> Breaks >> Page, kursor di cover
  2. Page Layout >> Breaks >> Next Page, kursor di cover
  3. Page Layout >> Breaks >> Next Page, kursor di cover
  4. Page Layout >> Breaks >> Next Page, kursor di cover
  5. Page Layout >> Breaks >> Next Page, kursor di cover
..maka hasilnya akan ada 6 hamalan kerja MS Word.

Setiap melakukan fungsi fitur diatas, tempatkan kursos kembali dihalaman cover paling bawah, jika kursos posisinya tidak tepat dibagian paling bawah cover maka pencet enter beberapa kali sampai kursor benar-benar dibagian paling bawah.

Coba lihat hasilnya punya kamu, apakah hasilnya sudah sama dengan panduan saya ini. Jika mengikuti tutorial ini dengan seksama, musti bisa sama seperti yang saya tuliskan disini.

Pada kasus ini, setelah melakukan fungsi fitur kedua (Page Layout >> Breaks >> Next Page) maka penomoran setiap halaman akan seperti berikut ini.
  1. Lembar kerja pertama/ Cover, ada nomor 1
  2. Lembar kerja kedua, ada nomor 2
  3. Lembar kerja ketiga, ada nomor 3
  4. Lembar kerja keempat, ada nomor 4
  5. Lembar kerja kelima, ada nomor 5
  6. Lembar kerja keenam, ada nomor 6
Nomor harus urut terlebih dahulu seperti diatas, penomoran urut itu sudah otomatis dari MS Word-nya, jika tidak urut berarti ada yang keliru panduan yang kamu terapkan.

Nah, dari sinilah saya akan menghilangkan semua penomoran pada footer dari cover sampai halaman kerja ke 4, sehingga hasilnya:
  1. Lembar kerja pertama/ Cover, nomor hilang
  2. Lembar kerja kedua, nomor hilang
  3. Lembar kerja ketiga, nomor hilang
  4. Lembar kerja keempat, nomor hilang
  5. Lembar kerja kelima, masih ada nomor
  6. Lembar kerja keenam, masih ada nomor
Teknisnya begini..

#1 Menghilangkan Nomor pada Halaman Cover Skripsi

Caranya mudah banget, letakkan kursos pada footer atau pada penomoran, lalu beri centang pada "different first page", maka angka nomor 1 akan hilang.

#2 Menghilangkan Nomor pada Halaman ke-2 untuk Lembar persetujuan

Nah kali ini ada dua cara, sebelum mencentang "different first page", terlebih dahulu setting angka nomor 2 pada footer menjadi angka 1, caranya tempatkan kursor pada footer halaman kedua ini, pilih "page number format" dan ubah menjadi angka 1, klik ok.


lalu akan muncul jendela "page number format", setting sesuai gambar dibawah ini.


Maka hasilnya angka nomor pada halaman kerja Ms Word ke dua berubah menjadi angka 1.

Setelah itu, padtikan kursor masih di bagian footer, lalu centang pada bagian "different first page". Nomor akan hilang secara otomatis.

#3 Menghilangkan Nomor pada Halaman ke-3 sampai pada halaman ke-4

Caranya sama seperti pada bagian #2 diatas.

Setelah semu sudah kamu lakukan, maka akan tersisa dua halaman lagi yakni pada lembar kerja ke-5 dan 6, yang masing-masing terdapat angka nomor 2 dan 3 di footer.

Nomor angka 2 ini bisa kamu ubah dengan cara seperti pada poin ke #2 diatas.

Nah, semua sudah beres. pada hakikatnya sudah faham kan!

Yang harus kamu lakukan terkahir adalah meng-copy paste lembar persetujuan, pengesahan, dan persembahan ke 3 halaman Ms Word setelah cover skripsi yang sudah dihilangkan penomorannya itu.

#Penutup

Pada hakekatnya memberikan penomoran maupun menghapus penomoran halaman Ms Word hanya menggunakan kedua fungsi fitur "page" dan "Next page". Tetapi jika penerapannya tidak tepat atau terbolak-balik/ tidak urut, maka ya akan berantakan dan hasilnya gagal total.

Panduan diatas saya tulis dari pengalaman pribadi saat mengerjakan skripsi, dengan begitu banyak referensi yang saya baca, baik dari internet maupun dari teman-teman sehingga artikel ini saya tulis dengan detil dan menggunakan bahasa yang mudah difahami.

Namun demikian, bisa saja bahasa yang saya tulis ini belum bisa difahami dengan sempurna oleh orang lain. Untuk itu saya sertakan tutorial video singkat.

Video Cara Menghilangkan Nomor Setelah Halaman Cover Skripsi #MS WORD


Nah, kalau kamu sudah mempelajari video itu dengan seksama, tentu mudah saja menerapkannya pada skripsi kamu. Semoga saja tulisan ini bisa membantu kamu saat menggarap skripsi.

Salam sukses dan semoga lekas berwisuda..


PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.


Related Post:

Post a Comment

Terimakasih sudah menyempatkan untuk berkomentar.