Normal Mode
Responsive Mode

Cara Yang Benar Membuat Footnote/Catatan Kaki disemua Tipe MS Word

Cara Membuat Footnote di MS Word yang Benar - Dalam bahasa sederhananya footnote dapat dijabarkan "catatan paling bawah halaman kerja MS Word" seperti: membuat tulisan-tulisan tertentu, sumber kutipan berita, sumber pustaka, dan lain sebagainya.

Footnote ini sering diterapkan pada makalah-makalah anak sekolah. Tak heran jaman ini banyak sekali sumber berita yang bisa dimasukkan kedalam tugas makalah anak-anak sekolah, sebagai guru juga penting untuk memberi tahu tugas murid-muridnya bahwa dalam menyadur sebuah berita itu haruslah mencatat sumber beritanya didalam makalah yang mereka buat.

Perlakuan ini juga dapat menambah nilai plus bagi siswa-siswi yang membuat makalahnya.

Pasalnya sumber berita itu penting sekali untuk dimuat didalam makalah, agar terhindar dari hoax, salah satunya ditempatkan dibagian catatan kaki/footnote.

Meski daftar pustaka juga dibuat dibagian akhir makalah, ada baiknya menampilkan kembali sumber literatur itu secara ringkas disetiap bawah lembar kerja MS Word, tujuannya untuk mempermudah pembaca makalah.

Cara menulis dan penempatannya ada prosedurnya tersendiri, jadi tidak asalan. Saat membuat kutipan kalimat berita harus diberi kode dan biasaya berupa angka yang ditempatkan dibagian akhir sebuah kalimat berita, lalu dibagian catatan kaki ditulis ulang angka itu dan disertai sumbernya.

Contoh:

..footnote adalah penting sekali perannya didalam pembuatan tugas makalah anak sekolah, kenapa? karena pembaca makalah akan lebih yakin bahwa yang ditulis buakanlah hoax

Misalkan kaliamat diatas sebuah berita yang kamu dapat dari internet, maka cara membuat footnote-nya mudah saja, perlu 2 kali klik saja.

Caranya begini..

Tempatkan kursos dibelakang kalimat "hoax", lalu klik dibagian "references" >> "AB Insert Footnote"

Maka yang akan terjadi adalah muncul angka 1 dibagian atas tulisan "hoax" seperti tulisan kuadrat (ukuran angka kecil diatas).

Dan kamu juga bisa melihat dibagian akhir lembar kerja MS Word, maka akan tampak disana berupa angka kecil juga, ini muncul otomatis.

Agar kamu tidak penasaran, saya sertakan contoh gambarnya.

Cara Yang Benar Membuat Footnote/Catatan Kaki disemua Tipe MS Word

Sekarang yang harus kamu lakukan adalah menulis sumber beritanya setelah angka kecil itu. Beres.. Jadilah footnote

Begitupun jika dibagian paragraf makalah lain ada juga kutipan berita, maka lakukan cara yang sama "references" >> "AB Insert Footnote"

Maka akan muncul angka 2 otomatis, dan hasilnya bisa kalu lihat seperti dibawah ini.



Dan seterusnya..

Bisa saya simpulkan manfaat footnote ini diantaranya:

  1. Mempermudah pembaca saat mencari sumber berita
  2. Meyakinkan pembaca
  3. Menambah nilai plus bagi pembuat makalah
  4. Agar terhindar dari gugatan hoax

Pemberian footnote di makalah dan karya ilmiah lainnya memang sangat penting sekali. Berbagai sumber kutipan baik dari internet, buku, koran, televisi dan lain sebagainya bisa menjadi sumber makalah yang ditampilkan di bagian footnote. Jika diambil dari televisi maka tampilkan hari, tanggal dan jam tayangnya sehingga jika ada orang yang cross check akan lebih mudah.

Demikainlah cara membuat footnote di MS Word yang benar, cara ini bisa kamu terapkan di MS Word 2006 sampai 2013 atau MS Word yang terbarukan.

Jika ada kalimat yang sulit difahami pada pembuatan tutorial artikel ini.. mohon maaf! bisa juga komentar agar bisa saya jawab segera jika sedang online.



PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.


Related Post:

Post a Comment

Terimakasih sudah menyempatkan untuk berkomentar.