Normal Mode
Responsive Mode

[CARA ALAMI] 13 Perawatan Kulit Wajah yang Wajib Diketahui

Cara Alami Perawatan Kulit Wajah - Masalah kulit wajah menjadi masalah besar bagi para wanita, banyak cara dalam mencari solusi bagaimana cara agar kulit wajah mereka tetap terjaga kehalusan dan kelembutan dihari-harinya sehingga kulit menjadi lebih awet muda. Banyak problema yang terjadi saat ini kenapa kulit wajah nampak kusam dan terlihat cepat tua dan masalah ini menjadi masalah amat serius bagi kalangan wanita terutama. Kulit wanita memang hal yang harus di perhatikan, bukan hanya diri seorang wanita yang menginginkan kulit mereka tetap terjaga dan halus namun kekasih miliknya juga berharap wanita idamannya tampak cantik.

Saat ini perawatan kulit wajah secara alami menjadi paling diminati banyak orang karena minim resiko dan dampaknya. Banyak produk perawatan kulit wajah di pasaran yang menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit namun sebelum membeli diharapkan berhati-hati dalam menentukan pilihan dan baca teliti terlebih dulu komposisi bahan yang digunakan, jika terdapat kandungan kimia maka pertimbangkan dengan matang, kandungan kimia pada hakikatnya terdapat dampak bagi kesehatan kulit, jadi pilih-pilihlah produk yang bermutu tinggi dan dari perusahaan yang terpercaya.



[CARA ALAMI] 13 Perawatan Kulit Wajah yang Wajib Diketahui
img ref. Tabloidbintang.com

Saat ini di lintasan informasi internet sudah mempopulerkan cara merawat kulit wajah secara alami, disana banyak informasi yang bisa didapat dan pilihlah sumber internet yang terpercaya.
Nah, kali ini saya akan membahas dari beberapa informasi tentang merawat kulit wajah secara alami, cara ini bisa menjadi rujukan untuk di jadikan tips dalam merawat wajah.


Pilih Pelembab Alami yang Mampu Mengembalikan Protein Keratin untuk menjaga Keseimbangan Kadar Sebum pada Kulit


Dari banyak masalah tentang melembutkan kulit wajah, kebanyakan wanita adalah bagaimana cara agar kulit wajah tampak berseri dihari-harinya, maka yang harus perhatikan tentang bagaimana cara mencari pelembab alami yang tepat untuk mengembalikan protein keratin pada kulit wajah dengan cepat agar tehindar dari wajah kusam, kering, keriput hingga berminyak.

Kulit akan selalu halus dan lembut karena asupan protein keratin yang cukup dan stabil, jika ini bisa diperhatikan setiap wanita niscaya kulit mereka akan selalu terlihat lebih muda.

Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Gunakan Resep Alami yang Tepat


Ada beberapa yang harus diketahui terlebih tipe kulit wajah sebelum merawatnya untuk mendapatkan hasil yang cepat. Tingkat sensitifitas kulit berbeda setiap kulit wajah kaum wanita, pada umumnya mereka kurang memperhatikan jenis kulitnya dan mencoba merawatnya dengan berbagai cara secara tiba-tiba dan tidak memeperhatikan manfaat maupun dampaknya dan hasilnya nihil.

Masalah ini yang sering dialami oleh kebanyakan orang sehingga kembali ke cara instan seperti menggunakan produk kulit yang ada dipasaran dan hasilnya ada yang maksimal dan ada yang tidak ngefek bahkan menjadikan kulitnya rusak pada tingkat serius.

Katagorikan jenis kulit Anda Pada 4 jenis Kulit Wajah


[1] Kulit Normal

Untuk kulit normal biasanay tidak ada karakteristik yang menyusahkan bagi pemiliknya cenderung mudah dirawat. Kulit normal biasanya bagi mereka yang lebih disiplin dan memperhatikan pola hidup sehat, sehingga minyak (sebum) yang dikeluarkan seimbang, tidak berlebihan dan tidak berkurang.

Bagi pemilik kulit normal tidak begitu menjadi masalah dengan perawatan kulitnya karena cenderung mudah dan cocok disegala cara kecantikan alami. Menekuni satu-dua cara resep alami untuk perawatan kulit wajah lebih baik dibandingkan ganti-ganti perawatan dengan resep kecantikan berbeda. Dengan cara melakukan rutin dan kontinue akan menghasilkan kulit wajah lebih sehat dan kulit lebih terlihat awet muda.

Ciri-ciri kulit Normal:
  • Kulit lembut
  • Lembab berembun
  • Segar dan bercahaya
  • Halus dan mulus
  • Tanpa jerawat
  • Elastis, serta tidak terlihat minyak yang berlebihan juga tidak terlihat kering


Perawatan pada kulit normal tetap perlu dijaga agar kulit tetap terjaga kelembutannya saat musim panas dan dingin.


[2] Tipe Kulit yang gampang Berminyak

Kulit berminyak yang berlebihan gampang terlihat kotor namun ada baiknya jika kulit Anda berminyak karena minyak alami yang di produksi kulit wajah dapat melembabkan dermis pada kulit sehingga dapat memperlambat terjadinya keriput. Ketika muncul minyak yang berlebihan yang perlu di waspadai, kulit yang mengeluarkan minyak yang berlebihan akan membuat tidak nyaman dan terlihat mengkilap dan lucu sehingga menjaganya agar kadar sebum tetap seimbang dan kulit tetap dalam keadaan bersih dari bakteri.

Tipe kulit berminyak bisa menggunakan jenis buah jenis citrus (lemon, jeruk nipis) untuk merawat kulitnya, kandungan buah citrus dapat membersihkan minyak berlebihan pada kulit wajah, minyak yang berlebihan akan mengikat kotoran dan bakteri sehingga kulit wajah tampak kotor dan jika ini dibiarkan terus maka kulit wajah akan rusak dan kusam, kulit terlihat lebih tua.

Penyebab Kulit cepat Berminyak:
  • Berlebihan makanan yang berminyak dan pedas, sehingga mudah mengeluarkan keringat berminyak
  • Kegemukan
  • Tinggal di tempat dengan cuaca Panas
  • Faktor keturunan
  • Faktor hormonal, ini sering dialamai pada wanita stress dan menstruasi, lebih mudah mengeluarkan keringat berminyak.

Ciri-ciri kulit berminyak :
  • Minyak di wajah tampak berlebihan
  • Tekstur kulit tebal dengan pori-pori besar hingga mudah menyerap kotoran,
  • Mudah berjerawat,
  • Tampilan wajah berkilat,
  • Riasan wajah seringkali tidak dapat melekat dengan baik dan cepat luntur serta tidak mudah timbul kerutan.

[3] Tipe Kulit yang gampang Kering

Setiap orang mempunyai jenis kulit yang berbeda, salah satunya tipe kulit gampang kering. Kulit kering sangat merepotkan bagi pemiliknya dan membuat kulit wajah terasa kaku dan cenderung memicu kulit cepat berkeriput. Garis atau kerutan sekitar pipi, mata dan sekitar bibir dapat muncul dengan mudah pada wajah yang berkulit kering.

Kulit kering mempunyai kadar sebum dan minyak yang rendah sehingga mudah memicu bercak-bercak hitam karena tidak mampu mempertahankan kelembapannya. Kondisi kulit dapat menjadi lebih buruk apabila terkena angin maupun terjadi saat-saat cuaca pancaroba yakni perubahan cuaca dari dingin ke panas atau sebaliknya.

Melakukan memperbanyak cuci muka dapat mengatasi kulit yang kaku dan dapat mengurangi pemicu bercak pada kulit wajah. Sebaiknya lakukan 3-5 kali cuci muka tanpa sabun muka untuk menjaga kulit tetap segar dan lembab.

Penyebab yang Sering Terjadi Kulit Menjadi Kering
  • Pola makan yang buruk, kekurangan nutrisi tertentu seperti vitamin A dan vitamin B
  • Cuaca yang sangat Panas dan Dingin
  • Paparan Sabun Cuci Muka yang berlebihan, gunakan sabun cuci muka 2 kali sehari
  • Mempunyai penyakit Diabetes


Ciri-ciri kulit Kering
  • Kulit halus tetapi mudah menjadi kasar
  • Mudah merekah dan terlihat kusam
  • Tidak terlihat minyak di daerah kulit wajah
  • Mudah timbul kerutan
  • Mudah timbul noda hitam
  • Mudah bersisik
  • Riasan yang dikenakan tidak mudah luntur
  • Klit akan tampak pucat, suram dan lelah

[4] Kulit Sensitif

Jenis kulit sensitif mempunyai lapisan lebih tipis dan sangat peka terhadap rangsangan yang menimbulkan energi. Pembuluh darah kapiler dan ujung saraf pada kulit sensitif terletak sangat dekat dengan permukaan kulit. Jika tidak emmeprhatikan perawatan dengan sanga hati-hati jenis kulit ini mudah mengalami alergi berupa bercak merah, gatal, iritasi hingga penyakit kulit yang kritis.

Faktor yang sering terjadi pemicu kulit sensitif

Makanan yang pedas dan berbumbu tajam, ka[fe]in, dan minuman beral[ko]hol, niasin atau vitamin B3, kandungan parfum dan pewarna dalam kosmetika, sinar ultraviolet dan gangguan stres

Kulit sensitif bermula dari kulit reaktif. Kulit reaktif biasanya menimbulkan bercak kemerahan pada kulit wajah namun sebatas wajar atau iritasi ringan dan bisa hilang dengan sendirinya, namun jika bercak kemerahan ini berlangsung lama makan akan menjadi alergi berat.

Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami

Kenali kulit wajah Anda sebelum ke tahap perawatan kulit lebih lanjut, Pilihan cara yang tepat pada perawatan wajah akan memberikan hasil yang memeuaskan sesuai tujuan Anda, apakah untuk melembutkan, memutihkan, dan meremajakan Kulit. Semua cara dibawah ini mempunyai kemungkinan hasil yang berbeda jika diterapkan bagi banyak kaum wanita, Pilihlah sesuai tujuan yang anda inginkan.

BAHAN MANFAAT CARA
1. Jeruk Nipis Membuat pori kulit disekitar wajah menjadi lebih rapat
Membuat kulit halus
Membuat kulit bercahaya
Peras airnya dan oleskan pada bagian wajah kemudian biarkan mengering, cuci muka hingga bersih dengan air hangat lalu dengan air dingin.
2. Apel Mengurangi kandungan minyak yang keluar di wajah
Membuat kulit menjadi segar dan lembab
Blender buah Apel kemudian oleskan blenderan tadi ke wajah, basuh dengan air bersih.
3. Tomat Menghilangkan komedo dan jerawat
Mnghilangkan flek hitam kandungan
Blender buah tomat kemudian oleskan blenderan tadi ke kulit wajah, tunggu neresap, lalu terakhir basuh dengan air bersih.
4. Pisang Membuat kelembapan kulit wajah Blender buah pisang tanpa air dan campurkan dengan 1 sendok makan madu murni, hasilnya oleskan ke kulit wajah, tunggu meresap, lalu basuh dengan air bersih.
5. Bengkoang Mencerahkan kulit
Mencegah penuaan dini pada wajah
Melembapkan kulit
Kupas Kulit bengkoang, kemudian parut, Peras parutan tersebut dan ambil airnya kedalam mangkok, biarkan mengendap, ambil endapannya, gunakan endapan tersebut sebagai masker wajah.
6. Pepaya Membersihkan Wajah
Memutihkan wajah untuk kulit sensitif
Pencerah Kulit Wajah
Mengurangi noda hitam
Ambil satu sendok makan pepaya hijau setengah matang dan satu sendok makan matang, lalu blender jadi satu. Oleskan kulit wajah, diamkan hingga meresap, lalu bilas kulit wajah dengan air bersih.
7. Kentang Memutihkan wajah
Mengatasi kulit kering
Menghilangkan keriput dan kerutan
Menghilangkan flek hitam ataupun bekas jerawat
Mengangkat dan membasmi racun kulit wajah
Haluskan 1 buah kentang, tambahkan 1 sendok teh masu, oleskan pada kulit wajah, diamkan sampai meresap, lalu bilas dengan air bersih.
8. Buah Alpukat Melembutkan Kulit
Melembabkan tipe kulit berminyak
Ambil dua buah alpukat ambil dagingnya dan haluskan, diamkan hingga meresap ke pori-pori, lalu bilas dengan air bersih.
9. Lada Manis (Paprika) Memebersihkan Kulit Wajah
Menghaluskan Kulit Wajah
Haluskan paprika (merah atau hijau) dengan menggunakan blender, buat masker, oleskan masker paprika pada area kulit wajah, tunggu hingga meresap, lalu bilas dengan air bersih.
10. Yogurt Mencegah Jerawat
Memutihkan Kulit wajah
Mencegah Penuaan Dini
Campur yogurt dengan 1 sendok teh madu, oleskan pada kulit wajah, tunggu hingga meresap kedalam pori kulit wajah, lalu bilas dengan air bersih.
11. Susu Mengangkat sel kulit mati
Mencerahkan kulit
Menghilangkan Bengkak dan Lingkaran Hitam pada Mata
Mencerahkan kulit
Memperkecil pori-pori
Aplikasikan secara langsung susu putih pada wajah, tunggu hingga meresap ke pori kulit wajah, lalu bilas dengan air bersih. Bila tidak merepotkan lakukan sesekali mandi susu, tuangkan susu pada bak mandi atau ember yang terisi air hangat, aduk hingga campur, lalu guyurkan air susu pada seluruh kulit tubuh, tunggu hingga meresap kedalam pori kulit, lalu bilas dengan air bersih.
12. Bunga Chamomile Mencerahkan kulit wajah
Menghilangkan Bengkak dan Lingkaran Hitam pada Mata
Mencegah Jerawat

Rendam Bunga Chamomile kedalam air hangat, oleskan ke seluruh kulit wajah hingga meresap, bilas dengan air bersih.
13. Almond Menghaluskan Kulit
Melembabkan Kulit
Memutihkan Kulit
Mengangkat Sel-sel kulit mati
Menghilangkan Mata Panda
Membuat Bibir Merona Alami
Membuat Bulu Mata Panjang
Haluskan 4-5 biji almomn dengan mencampurkan susu 1 sendok makan hingga terbentuk pasta. Oleskan campuran ini pada kulit wajah, tunggu hingga meresak ke pori kulit wajah, lalu bilas denga ari bersih. Ini bisa diterapkan selama tidur, lalu pagi harinya basuh dengan air bersih hingga kulit wajah benar-benar bersih.
[NB.]
Tambahkan resep perawatan alami diatas dengan beberapa bahan alami dibawah ini sesuai kebutuhan:
  1. Telur untuk memutihkan dan memelihara kulit dengan kandungan proteinnya yang tinggi
  2. Madu sebagai antiseptik alami
  3. Yogurt untuk membersihkan dan melunakkan kulit serta mengencangkan pori-pori kulit

Dari beberapa tips alami merawat kulit wajah mungkin masih ada cara lain untuk merawat kulit wajah Anda setiap harinya, konsultasikan lebih lanjut kepada pakar kulit wajah atau kecantikan terdekat di kota Anda. Semakin banyak referensi maka semakin baik untuk dijadikan pilihan yang tepat sesuai tipe kulit wajah dan tujuan Anda. Bila cara diatas masih kurang jelas bisa di jelaskan melalui komentar dibawah ini. Semoga membantu..


PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.


Related Post: