Ciee .. Tanggal Muda Gajian Terlihat Bahagia, Terus Cemberut Harus Bayar Hutang Apalagi Tanggal Tua


Setelah itu ...
# Harus hemat Kebutuhan Dapur
# Harus Hemat kebutuhan Kamar Mandi
# Harus Hemat Kebutuhan Listrik
# Harus hemat Bahan Bakar Minyak (BBM)
# Kurangi Travelling
# Harus Hemat Pulsa
# Kurangi Shopping
Demi tercukupinya kebutuhan sehari-hari dan mimpi.

Hari-hari terasa indah saat menjelang akan terima gaji bulanan, mimpi untuk membeli kebutuhan yang aneh-aneh bermunculan seperti membeli gadget keren bertahap kelas atas "berlogo apel gigitan = aipon enam" sebutanku, dan mimpiku ini gak tahu kapan akan tergapai dan terkadang harus sadar dan sabar memang belum saatnya Tuhan memberi, terkadang pengen beli gadget keluaran baru belum kesampaian karena banyak kebutuhan hingga muncul gadget terbarunya lagi, begitu seterusnya :(

Setiap orang pasti pengen sesuatu yang keren bukan!!! apalagi sesuatu itu lagi ngetren disekeliling kita seperti gadget, pasti pengen banget mempunyai gadget itu :)

Indonesia is a mobile-first nation, as well as the fourth largest nation in the world with 255M people. Half of Indonesia’s population is under 30 years old. More than 2 out of 5 Indonesians (or 43%) own a smartphone, with smartphone usage rising to 61% in urban areas .. "oleh - Google Developers"

Indonesia ternyata merupakan salah satu negara yang paling banyak menggunakan gadget smartphone maka latarbelakang inilah yang mungkin menjadi mimpi kuatku untuk memiliki gadget itu.

Memang kodrat manusia diciptakan oleh Tuhan mempunyai hawa nafsu bukan hanya akal, menurutku manusia adalah makhluk yang sempurna dari makhluk lainnya, namun menurutku juga Hawa nafsu lah pemicu kita Bahagia dan Cemberut, bahagia saat hati senang, cemberut saat banyak beban, maka sangat menarik untuk belajar seperti Budi anak kos-kosan yang selalu memilih cara hemat dalam memenuhi kebutuhannya. Menjadikan hidup terasa lebih ringan dari beban, menambah keyakinan akan memiliki sesuatu yang kita inginkan.


"Hemat adalah jalan kebahagiaan pemenuh kebutuhan


Dulu Jomblo sekarang tidak lagi, bukan berarti tidak bisa bahagia dan selalu cemberut karena harus bayar hutang dan beli kebutuhan tiap bulannya. Iya sih .. memang jika banyak beban yang harus dilunasi maka mengurangi kebahagiaan bahkan harus cemberut dan hemat adalah solusinya, menurut saya. Kata orang bijak "lebih baik menunda kesenangan sementara daripada harus hidup serba merepotkan dihari esoknya" & "bersedih-sedih dahulu, bersenang-senang kemudian".

Sepertinya motivasi ini cukup bagi kami berdua untuk menjalani hidup bahagia tanpa harus cemberut sebab beban. Apalagi diri ini suka tantangan, konsekuensinya ya harus bisa menyelesaikan masalah tanpa ada masalah -^^-. Yakin pada suatu saat nanti akan tergapai memiliki Iphone 6 dan harus menjalani hemat terlebih dahulu dan menurut saya hemat itu memang mengurangi kebahagiaan sementara, kenapa tidak! serba dibatasi untuk tidak memiliki sesuatu yang berlebih terlebih dahulu, tapi setelah itu akan merasakan kebahagiaan saat kesampaian memiliki sesuatu yang harus dibeli, ini adalah keyakinan saya.

Kalau kita ingin sehat maka makan teratur setiap hari, orang kaya makan setiap hari dengan makanan bergizi lengkap, kita makan setiap hari yang kenyang tanpa bermewah-mewah terlebih dahulu namun tetap sama-sama kenyang, tanpa masalah bukan!!!

Makan KFC ada promo maka harus nunggu promo, beli gadget ada promo maka harus nunggu promo dan lain-lain yang diinginkan adalah solusi yang tepat menurut saya, dapet barangnya sama seperti mereka yang punya, kita pun juga sama mempunyainya dengan harga yang lebih hemat dari harga normalnya. Lagi-lagi harus hemat dan nunggu waktu yang tepat.


.: Hari-Hari Yang Kami Lalui menjemput Awal Bulan Depan .:

Mengingat banyaknya kebutuhan setiap bulannya maka harus berani action untuk belajar pola hidup hemat demi tercukupinya kebutuhan sehari-hari dan mimpi kami. Selain hemat merupakan perintah Rasulullah sebagai mana yang disebutkan "Jangan Isrof" atau berlebihan yang saat ini di sebut-sebut sebagai "Hemat, jangan lebih besar pasak daripada tiang"

# Harus Hemat Kebutuhan Dapur
Masak sendiri adalah solusi yang tepat dan lebih hemat ketimbang harus beli di warteg, kalo di warteg minimal harus menyediakan biaya makan 24 ribu untuk kami berdua untuk 2 kali makan per harinya, namun dengan masak sendiri 24 ribu bisa untuk 2 hari, ini lebih hemat. Namun perlu memperhatikan kebutuhan dapur lainnya agar tetap terjaga hemat, memasak yang sekiranya butuh waktu yang singkat dan sekali proses seperti masakan sayur bayam dan lauk tahu dan tempe goreng, lebih irit pada gas ketimbang masakan yang butuh 2 kali proses memasak seperti sayur sop ayam dan lain-lain. Setelah masak cabut selang kompor dari tabung gas untuk menanggulangi gas yang bocor dan gas akan lebih cepat habis.

# Harus Hemat Kebutuhan Kamar Mandi
Sabun mandi, pasta gigi, sabun muka, sampo, deterjen adalah kebutuhan kamar mandi yang harus ada dan agar hemat dalam menggunakannya harus dengan wajar sesuai aturan seperti menggunakan pasta gigi saat gosok gigi seperlunya sesuai aturan untuk anak-anak sebesar jagung dan dewasa 3 kalinya, begitupun menggunaka kebutuhan kamar mandi lainnya dan tidak berlebihan.

# Harus Hemat Kebutuhan Listrik
Menggunakan listrik untuk fasilitas dalam rumah seperti TV, pompa air dan Penanak nasi dan lain-lain yang membutuhkan tegangan listrik, semua kebutuhan ini harus diatur dengan baik. Gunakan TV seperlunya, jika ada Ac gunakan pada suhu normal tidak terlalu dingin, dan memasak nasi dengan listrik cukup untuk kebutuhan sehari dan mencabutnya setelah nasi masak. Jika ini bisa diatur maka pengeluaran biaya listrik pengalaman 2 bulan ini tanpa AC lebih hemat, hanya kisaran 51 ribu per bulan.

# Harus hemat Bahan Bakar Minyak (BBM)
Aktifitas sehari-hari tak lepas dari kendaraan. Kemana-mana kami berdua menggunakan kendaraan motor dan kami pilih pertamax sebagai bahan bakarnya, memang harga lebih mahal selisih seribu dengan harga premium namun ternyata motor lebih irit bahan bakar ini, selain lebih awet di mesin motor juga isi dompet lebih awet.

# Kurangi Travelling
Nah ini menurut kami yang sak pol kemampuan dan penuh perjuangan untuk menguranginya apalagi saya dan istri hoby rekreasi ke alam seperti pantai dan tempat pendaki yang jauh jarak tempuhnya dari rumah tempat tinggal kami. Namun harus berani action untuk belajar pola hidup hemat terlebih dahulu demi terckupinya kebutuhan dan mimpi masa depan, biasanya acara travelling kami ganti dengan jogging dipagi hari sampai lelah dan akhirnya hanya bisa terlentang istirahat didalam rumah.

# Harus Hemat Pulsa
Tips untuk lebih hemat pulsa yang sudah saya terapkan, ganti handphone dengan Hp biasa minim fitur dan tidak ada untuk koneksi internet, mengganti Hp ini lebih efektif tidak memerlukan paketan internet, memang butuh keputusan yang berat apalagi sudah lengket dengan media sosial FB, twitter, line, instagram, path dan lain-lain. Secara logika dan pengalaman saya saat menggunakan HP berfitur canggih maka kebutuhan pulsanya lebih besar, kisaran 100 ribu/bulan.

# Kurangi Shopping
Siapa sih yang tidak suka shopping?? Semua orang pasti suka shopping apalagi cewe, jika tidak bisa mengatur kebutuhan shopping maka akan menguras isi dompet. Bila akan shopping, sebaiknya rencanakan minimal sebulan sekali dan rencanakan dengan rinci kebutuhan yang akan dibeli dan tidak berlebihan, sehingga saat dipasar tidak membeli barang yang melenceng dari rencana. Pilih toko yang ada promo lebih besar daripada yang lainnya sehingga biaya shopping lebih hemat. Apalagi sekarang ada promo besar-besaran yang di kenal dengan TTS (tanggal tua suprize) dari Matahari Mall setiap minggu ke-3 tiap bulannya yang bisa diakses dimana saja secara online, ini lebih hemat menurut saya, apalagi diskonnya besar-besaran hingga 80%, bebas ongkir, ada voucer belanja dan kejutan hadiah. Yuk .. buat segera akun Matahari Mall sekarang juga dan dapatkan diskon dan kejutan hadiahnya.



#JadilahSepertiBudi

Kapan pun, dimana pun, dan disaat apapun Budi sedang mengalami kesulitan, Budi selalu punya akal. Berbekal smartphone-nya, Budi kini bisa belanja kebutuhannya dengan mudah lewat aplikasi MatahariMall.

Mau merasakan hidup mudah dan menyenangkan seperti Budi? #DownloadAja aplikasi MatahariMall di iOS dan Android kamu!



2 Responses to "Ciee .. Tanggal Muda Gajian Terlihat Bahagia, Terus Cemberut Harus Bayar Hutang Apalagi Tanggal Tua"

Aturannya berkomentar sbb:
1. Jika bertanya yang baik.
2. Tidak boleh spam/Link Hidup.
3. Bertanya yang jelas nggak memakai singkatan yang sekiranya sulit dipahami.
4 Bisa bertanya bisa menjawab.
5. Itu aja persyaratannya.
6. Akan disetujui