Selain Bau Kentut Tak Sedap, Inilah 20 Manfaat Biji Nangka Untuk Kesehatan


Manfaat Biji Nangka Untuk Kesehatan - Tahukah anda tentang biji nangka?? bentuknya yang lonjong dan gepeng ini tenyata mempunyai kelebihan ketimbang kelemahannya. Konon Biji nangka ketika di konsumsi akan menimbulkan bau kentut tak sedap ternyata di balik kelemahannya itu terdapat 20 manfaat yang tersimpan dan bermanfaat bagi kesehatan Anda. Bagi anda yang suka makan buah nangka sebaiknya tidak membuang bijinya, kumpulkan dan rebus untuk dikonsumsi sebagai asupan gizi tubuh anda. Biji nangka mempunyai kandungan serat, karbohidrat , protein, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Seng, Fosfor, Kalsium dan Antioksidan.

Img nangka

Dari beberapa kandungan dalam biji nangka tersebut yang bisa bermanfaat bagi kesehatan baik dalam pencegahan dan penyembuhan penyakit dan berikut ini berbagai macam manfaat yang akan didapatkan dari mengkonsumsi biji nangka atau merebus biji nangka:

1. Pencegahan Anemia


Penyakit anemia adalah penyakit kekurangan sel darah merah karena tubuh si penderita kekurangan zat besi dimana zat ini dapat memproduksi sel darah merah. Biji nangka adalah solusinya bagi penderita penyakit anemia, karena dengan banyak mengkonsumsi biji nangka dapat membantu memproduksi sel darah merah. Caranya, bersihkan biji nangka secukupnya lalu rebus biji nangka tersebut dan konsumsi sesuai kebutuhan sebagai pengobatan penyakit anemia. Mungki ada pertanyaan tentang seberapa banyak mengkonsumsinya? dalam mengkonsumsi biji nangka untuk penderita anemia tidak di batasi, karena selama ini tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan jika kelebihan mengkonsumsi biji nangka, hanya saja konon menimbulkan bau kentut tak sedap. Jadi, silahkan sebagai proses penyembuhan penyakit anemia untuk mengkonsumsi sebanyak-banyaknya atau sesuai kebutuhan anda dengan konsekuensi menimbulkan bau kentut tak sedap, hehe ...

Mengkonsumsi biji nangka juga bisa menghindarkan dari anemia serta meningkatkan kinerja dari jantung. Pencegahan penyakit kulit dan masih banyak lagi lainnya.

2. Melancarkan Aliran Darah

Mengkonsumsi biji nangka bisa digunakan untuk melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Jika aliran darah di dalam tubuh lancar, maka tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Misalnya saja hipertensi, penyakit jantung dan bahkan stroke.

3. Menjaga Kesehatan Rambut

Rambut yang sehat karena tercukupinya vitamin A dan rambut akan terbebas dari kerontokan. Biji nangka mempunyai kandungan viamin A yang dapat membantu menyehatkan rambut, mencukupi asupan vitami A untuk rambut sehingga biji nangka ini diyakini mampu benar-benar bisa mengatasi dan menyembuhkan rambut yang rusak dan rontok. Dengan sering mengkonsumsi biji nangka maka asupan vitamin A akan tercukupi dan rambut menjadi sehat dan tidak rontok.

4. Menyehatkan Mata


Disisi lain manfaat vitamin A untuk kesehatan rambut, juga dapat menjaga kesehatan mata anda. Manfaat biji nangka yang dikonsumsi secara teratur bisa menyebabkan mata menjadi sehat, sebab biji nangka kaya akan vitamin A.

5. Peningkat Gairah Seks




Kandungan manfaat protein yang ada di dalam biji nangka bisa digunakan sebagai peningkat gairah seks. Protein yang ada dalam biji nangka meningkatkan seksualitas bagi yang mengkonsumsinya.

6. Pengganti Sel-Sel yang Rusak

Kandungan protein yang ada di dalam biji nangka bisa digunakan sebagai pengganti sel-sel yang rusak. Saat terjadi cidera,akan ada sel yang rusak di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi biji nangka bisa digunakan sebagai pengganti sel yang rusak di dalam tubuh.

7. Melembutkan Kulit

Kandungan nutrisi yang ada di dalam biji nangka bisa digunakan sebagai pelembut kulit. Kulit akan menjadi halus ketika anda rutin mengkonsumsi biji nangka tersebut.

8. Menyehatkan Tubuh

Berbagai macam vitamin dan nutrisi yang dimiliki oleh biji nangka bisa membuat tubuh menjadi tetap sehat. Kandungan vitamin dan nutrisi yang ada di dalam biji nangka tersebut bisa menyehatkan tubuh.

9. Mencegah Sembelit

Kandungan manfaat serat yang tinggi dalam biji nangka bisa digunakan sebagai pencegah sembelit. Sembelit adalah kondisi dimana usus besar sulit untuk melakukan BAB. BAB tidak boleh diremehkan karena BAB bisa membuat seseorang merasakan mulas dan sakit perut berkepanjangan namun BAB tidak mau keluar.

10. Mengeluarkan Racun Tubuh

Racun tubuh banyak disimpan dan berada di dalam usus. Racun itu akan berbahaya jika tidak segera dikeluarkan. Racun yang tidak dikeluarkan bisa membuat tubuh terserang berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang bisa disebabkan oleh racun di dalam tubuh adalah kanker usus besar.

Kanker usus besar bisa menyerang seseorang yang memiliki banyak toksin di dalam tubuhnya. Toksin yang tidak dikeluarkan itu bisa mengendap di dalam usus terutama usus besar dan menyebabkan kanker.

11. Mengatasi Penyakit Kulit

Manfaat biji nangka bisa mengatasi penyakit kulit, karena kandungan biji nangka kaya akan protein dan mikronutrien bisa digunakan sebagai terapi kulit. Terapi yang menggunakan biji nangka bisa membuat kulit menjadi lembab dan terawat. Sehingga jika kulit menjadi sehat dan terawat bisa membuat kulit menjadi terhindar dari berbagai macam penyakit.

12. Penghilang Stress

Makan biji nangka bisa digunakan sebagai penangkal stress. Penyebabnya adalah kandungan nutrien dan mikronutrien di dalam biji nangka tersebut bisa membuat orang yang stress merasakan nyaman dan tenang. Sehingga jika stress cobalah untuk mengkonsumsi biji nangka tersebut.

13. Melawan Keriput

Kandungan manfaat antioksidan yang tinggi bisa digunakan untuk melawan keriput. Manfaat biji nangka yang bisa dikonsumsi setiap hari bisa berguna untuk melawan keriput.

14. Penangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi bisa digunakan sebagai penangkal radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan berbagai macam penyakit yang bisa merugikan tubuh. Radikal bebas itu ada di sekitar kita sehingga perlu ditangkal agar radikal bebas tidak masuk ke dalam tubuh kita.

15. Penghambat Sel Kanker

Tanpa disadari, kandungan antioksidan yang tinggi bisa menyebabkan seseorang terhindar dari sel kanker, terutama kanker dengan jenis kolon. Selain antioksidan yang tinggi, biji nangka juga memiliki kandungan oligosakarida dan polisakarida dimana kandungan itu tidak bisa dicerna dengan enzim pencernaan. Sehingga kandungan yang tidak bisa dicerna itu bisa bersifat sebagai prebiotik yang baik untuk kesehatan usus dan pencegahan kanker usus besar atau kanker kolon.

Manfaat biji nangka juga bisa menstimulasi pertumbuhan bakteri Lactobacillus, penelitian tersebut dilakukan oleh ahli gizi di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian IPB.

16. Menghilangkan Flek Hitam

Untuk kecantikan, biji nangka bisa digunakan sebagai penghilang flek hitam pada kulit sehingga kulit bisa menjadi lebih mulus tanpa noda dan bekas jerawat. Berikut ini cara membuat biji nangka sebagai penghilang flek dan noda hitam di kulit wajah :

  • Keringkan biji nangka
  • Hancurkan biji nangka yang telah kering
  • Campurkan dengan manfaat madu dan manfaat susu
  • Buat menjadi adonan pasta
  • Ratakan pada kulit wajah yang terdapat flek atau noda hitamnya
  • Tunggu sampai kering
  • Setelah kering, bulas menggunakan air hangat

17. Menebalkan Rambut

Bagi yang memiliki rambut tipis, jangan khawatir. Karena saat ini anda bisa menebalkan rambut anda menggunakan biji nangka. Caranya adalah dengan menghancurkan biji nangka yang kering dan dicampurkan dengan madu. Buat menjadi adonan pasta. Setelah itu pijat-pijatlah kulit rambut menggunakan adonan pasta tersebut sehingga aliran darah di dalam kulit rambut bisa lancar.

Aliran darah di kulit rambut yang lancar bisa membuat rambut sehat dan rambut bisa tumbuh lebat. Mengkonsumsi biji nangka secara teratur pun bisa digunakan sebagai penambah ketebalan rambut sehingga rambut yang tadinya tipis bisa menjadi lebat karena biji nangka.

18. Menguatkan Tulang

Kandungan fosfor yang ada di dalam biji nangka bisa berguna untuk menguatkan tulang. Tidak hanya itu saja manfaat kalsium yang tinggi juga bermanfaat dalam menguatkan tulang sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit tulang misalnya saja osteoporosis dan juga kerusakan tulang.

19. Menguatkan Gigi

Kandungan kalsium dan juga fosfor yang ada di dalam biji nangka bisa digunakan sebagai penguat gigi. Sehingga anak-anak yang mengkonsumsi biji nangka bisa membuat tulang dan giginya menjadi kuat dan terhindar dari pengeroposan.

20. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan manfaat vitamin C yang ada di dalam biji nangka bisa digunakan sebagai peningkat sistem imun tubuh. Jika sistem imun meningkat maka tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Sistem imun yang meningkat akan membentuk zat antibodi yang bisa melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.


Selain 20 manfaat diatas, biji nangka juga cocok untuk diet karena kandungan serat yang ada di dalam biji nangka bisa bermanfaat untuk diet. Hal itu dikarenakan didalam biji nangka terdapat kandungan serat yang tinggi sehingga cocok dan aman jika digunakan untuk melakukan diet.



0 Response to "Selain Bau Kentut Tak Sedap, Inilah 20 Manfaat Biji Nangka Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Aturannya berkomentar sbb:
1. Jika bertanya yang baik.
2. Tidak boleh spam/Link Hidup.
3. Bertanya yang jelas nggak memakai singkatan yang sekiranya sulit dipahami.
4 Bisa bertanya bisa menjawab.
5. Itu aja persyaratannya.
6. Akan disetujui