8 Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Bandel dan Tahan Lama


Setiap smartphone apapun itu jenis dan modelnya ketika banyak aplikasi yang terinstal didalamnya maka akan menarik daya listrik baterai Hp kamu dengan cepat, sehingga baterai cepat habis, bisa 2-3 kali cas Hp. merepotkan bukan!

Nah dari kasus diatas banyak perusahaan Hp android sekarang meluncurkan fitur baterai besar mulai 3000 higga 4000mah, tujuannya adalah untuk memenuhi komplain konsumen, dari komplain para pemakai gadgeter yang kurang puas dengan hp android saat ini "kurang kuat baterai hp nya". Kamu jangan terlalu memburu kapasitas baterai yang besar pasalnya harganya cukup lumayan tinggi.

Ada tips cerdas agar Hp android kamu lebih bandel dan tahan lama, bisa juga untuk memperbaiki baterai yang sering drop. Baca dengan seksama tips cerdas menghemat baterai berikut.

#1 Matikan App Yang Tidak Perlu

Secara default, Aplikasi bawaan didalam sistem Android selalu berjalan di mode display, untuk itu ubahlah dimodel display menjadi "mati", hanya hidup saat kamu membuka alikasi itu. Ubahlah semua kedalam mode "mati" saat mode display kecuali WA atau aplikasi lainnya yang benar-benar penting. Jika di Hp saya semua saya matikan saat mode display hanya 1 yakni aplikasi WA, kadang justru saya matikan semua, namun kelemahannya harus sering buka aplikasi WA untuk melihat teman chat kamu.

#2 Mengatur Kontras

Mode kontras yang paling hemat adalah mode kontras minimum, jangan lupa matikan mode kontras otomatis agar disaat kamu diluar ruangan mode kontras Hp tidak berubah, Hp tetap redup, sesekali saja di tingkatkan mode kontras nya jika dibutuhkan.

#3 Mengalihkan Koneksi

Saat didaerah kamu berada minim jaringan maka ubahlah kejaringan yang ada, contoh:

Jika Hp kamu support 4G namun di daerahmu tidak ada jaringan 4G maka sinyal Hp kamu akan minim, bisa 1-2 garis sinyal saja, ini akan menguras isi baterai, Hp akan cepat lowbatt. Namun, jika kamu mengubahnya ke mode 3G maka sinyal akan naik. Jadi usahakan jangan alihkan mode otomatis, kamu setting manual saja. Biasanya disettingan ada 4 pilihan sebagai berikut.

- Mode otomatis: Lte/Wcdma/Gsm-Otomatis
- Wcdma/Gsm-Otomatis
- Wcdma saja
- Gsm saja

Jangan pilih mode otomatis Lte/Wcdma/Gsm-Otomatis jika didaerah kamu sinyalnya tidak stabil, karena Hp kamu kan bekerja keras dan menguras isi baterai.

Jika kamu disekitar kantor atau tempat yang tersedia wifi gratis maka langsung alihkan koneksi ke wifi, siyal wifi sudah tentu lebih stabil dan ini akan meringankan kinerja Hp kamu, baterai akan lebih awet.

#4 Matikan WiFi & Bluetooth

Sering diantara kita lupa saat mematikan wifi dan bluetooth. Saat kita menggunakan wifi biasakan segera putuskan koneksi itu, biasanya yang terjadi lupa memutuskan koneksi wifi, saat diluar area itu Hp kamu akan bekerja keras mencari koneksi wifi terdekat, ini membutuhkan kinerja Hp yang besar, baterai akan mudah cepat habis.

Begitupun saat kamu sedang mentransfer file atau foto ke rekan kamu, lupa mematikan bluetooth usai transfer, ini juga akan menguras isi baterai. Jadi pastikan kamu mematikan bluetooth uasi transfer. Biasakan itu ya..

#5 Mematikan Fitur Sync

Fitur ini tidak terlalu penting menurut saya, gunanya adalah untuk memudahkan Anda mengetahui notifikasi email, facebook dan aplikasi lain secara langsung, namun jangan khawatir pasalnya kamu bisa mendapatkan notifikasi itu semua saat kamu membutuhkannya, hanya mensincronkan kembali. Biasanya ini diterapkan saat liburan karena hemat baterai itu hukumnya harus bagi wisatawan _^^_


#6 Kurangi Volume & Matikan Getar

Volume memang penting ketimbang getar, getar lebih banyak menguras baterai. Jadi sebaiknya kamu matikan mode getar dan kurangi volume agar notifikasi saat ada teman kamu yang telephone langsung bisa kamu ketahui. Jangan sering di silent karena kesannya kamu jutek dimata teman-teman karena saat nelphone enggak pernah diangkat, padahal inginnya baterai kamu lebih awet namun justru mendapat ocehan teman kamu _^^_, silent boleh saja saat kamu tidur malam.

#7 Dapatkat Aplikasi Task Killer atau Baterai Dr. Saver

Jika kamu tidak banyak tahu soal otak-atik cara diatas dan merasa ribet maka lebih baik kamu menggunakan bantuan aplikasi penghemat daya baterai. Prinsip kerjannya mematikan aplikasi dibalik layar yang belut kamu matikan, saat mode display aplikasi penghemat daya baterai ini bekerja dan mematikan aplikasi lainnya yang sedang bekerja. Kmau bisa memilih diantara keduanya karena pada prinsipnya sama, sama-sama menghemat baterai.

#8 Cas Hp dengan Mode Mati, Minimal Mode Pesawat

Saat kamu ngecas Hp, posisi yang paling bagus adalah mode mati, sebelum ngescas matikan Hp kamu terlebih dahulu, baterai Hp kamu akan tetap bandel dan tahan lama, tidak mudah rusak.

Cara yang paling tepat agar tidak mengganggu diaktivitas kamu sehari-hari, caranya begini..

Usahakan saat kamu cas pada saat pagi hari sekitar jam 4 pagi, untuk ukuran baterai 2000mah akan penuh pada jam 6 pagi, ukuran baterai 2000mah sudah cukup untuk seharian.

Tips saya saat ngecas Hp. Saya membiasakan diri cas Hp pada jam 4 pagi dan saya lepas pada jam 8 pagi. Agar baterai Hp awet kurangi nonton streaming video, sesekali boleh, minimal 1 hari sekali selama maksimal 30 menit saja.

Maka, hp akan lowbatt pada sore hari sekitar jam 5 sore, cas lagi hingga 50 persen saja untuk aktivitas malam hari, saat kamu tidur jangan kamu cas, biarkan mati sendiri. Perlakuan ini akan menguras total energi listrik dalam baterai, itu akan membuat baterai sehat. Pagi hari sekitar jam 4 pagi kamu cas hingga benar-benar penuh. Perlakuan mengkosongkan total lalu mengisinya hingga penuh 100% akan membuat baterai kamu tetap bandel dan awet. Buktikan sendiri kamu akan merasakan manfaatnya.

Nah, itu yang bisa kamu coba dan buktikan sendiri, jika baterai Hp kamu masih cepat habis sedangkan tips diatas sudah kamu terapkan maka sebaiknya baterai kamu ganti, dan lakukan tips diatas agar baterai Hp kamu menjadi tahan lama dan bandel.

No comments:

Post a Comment

Aturannya berkomentar sbb:
1. Jika bertanya yang baik.
2. Tidak boleh spam/Link Hidup.
3. Bertanya yang jelas nggak memakai singkatan yang sekiranya sulit dipahami.
4 Bisa bertanya bisa menjawab.
5. Itu aja persyaratannya.
6. Akan disetujui