Normal Mode
Responsive Mode

Cara Menghilangkan Halaman Nomor Header/Footer Disetiap Bagian Awal Bab Skripsi

Menghilangkan Nomor Tiap Awal Bab - Biasanya dibeberapa tempat perguruan tinggi mempunyai panduan yang harus diterapkan seperti model skripsi yang disetiap awal babnya tidak diberikan penomoran, misalkan ada bab I, II, III, IV dst maka tiap bagian awal bab penomorannya dihapus. Itulah setiap kebijakan kampus memang berbeda dan menurut saya ada beberapa model skripsi yang saya tahu pada kasus yang akan kita bahas ini, seperti:

Pertama, tiap awal bab harus ada nomornya dan posisinya dibagian atas, lalu penomoran selanjutnya diposisikan dibagian pojok kanan bawah atau bagian footer.


Kedua, tiap awal bab tidak diberi penomoran, lalu penomoran selanjutnya dimulai langsung nomor 2 yang diposisikan dibagian pojok kanan bawah atau bagian footer.


Diatas hanya masalah bagian Bab saja..

Nah, kamu tidak perlu membantah Dosen kamu, patuhilah aturan itu ya _^^_ karena disetiap perguruan tinggi mempunyai standar masing-masing dan semua itu syah-syah saja bagi Dikti.

Kali ini kamu akan saya pandu bagaimana menghapus penomoran dibagian-bagian tertentu pada halaman kerja Ms Word, misalkan seperti kasus diatas "menghapus nomor halaman tiap awal bab skripsi".

Caranya begini..

Pertama, kamu harus buka halaman awal bab kamu, pada halaman yang akan kamu eksekusi.

Sekedar informasi saja, untuk model skripsi kampus saya "UNITRI Malang" menggunakan model standar yakni: setiap awal bab tetap diberikan halaman dan posisinya dibagian bawah. Kadangkala ada model skripsi yang penomoran di Bab awalnya dibagian header.

Baca juga: 6 Cara Akurat Membuat Halaman Nomor Word Berbeda (Atas Bawah) pada File Skripsi 

Kalo ingin menghapus nomor hanya dibagian tertentu saja seperti di tiap awal bab maka yang harus kamu lakukan "Different Firs Page" di lembar kerja awal bab, mari ikuti panduan berikut.

Silahkan kamu langsung mengunjungi lembar kerja di bagian awal bab, lalu edit penomoran dengan klik dua kali, setelah itu klik "Design >> Link To Previous" lalu centang "Different Firs Page" maka otomatis halaman pertama akan tersembunyi. Lihat gambar berikut.

Differenst Firs Page
Pada prinsipnya fungsi Different Firs Page adalah menghilangkan atau menyembunyikan nomor yang kamu eksekusi, dalam hal ini adalah di awal bab, kamu bisa melakukan tindakan yang sama di tiap bagian awal bab.

Mungkin sampai sini dulu informasi ini, jika masih ada yang kurang jelas silahkan menanyakan via laman kontak atau komentar dibawah ini.


PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.


Related Post:

Post a Comment

Terimakasih sudah menyempatkan untuk berkomentar.