Normal Mode
Responsive Mode

Selain Bau Tak Sedap, Inilah 18 Manfaat Biji Pete dan Jengkol Bagi Kesehatan Anda

Buah/biji Pete dan jengkol sudah menjadi hal yang harus dihindari oleh kebanyakan orang karena efek bau mulut tak sedap yang menusuk. Dibalik bau tak sedap itu ternyata terdapat 18 manfaatnya bagi tubuh Anda jika mengkonsumsi sewajarnya dengan tidak berlebihan, memang buah pete dan jengkol yang berlebihan akan menimbulkan efek negatif pada tubuh Anda, seperti susah buang air seni disertai nyeri, mengganggu kerja ginjal, trigliserida, meningkatkan asam urat, menyebabkan pusing (darah tinggi) bahkan stroke.

Buah pete dan jengkol bukan hanya populer di negara Indonesia namun telah menjamur Internasional karena manfaat dari kedua buah ini, di negara Adi daya (Amerika) pun banyak yang mengkonsumsinya. Mereka umumnya menyebut buah pete dan jengkol dengan julukan makanan mengerikan di dunia. Mereka menyebut demikian karena bau tak sedapnya.Di Indonesia buah pete dan jengkol ini pada umumnya untuk lalapan, nah seperti apa manfaat keduan buah ini. Berikut 18 Manfaat Buah/Biji Pete dan Jengkol Bagi Kesehatan Anda.

img. ref. nilaqoljubie.wordpress.com

1. Manfaat buah pete dan jengkol meredakan penyakit defresi

Manfaat peta dan jengkol dapat meredakan defresi, karena kandungan dalam kedua buah ini terdapat tryptophan, sejenis protein jika dikonsumsi akan menghasilkan serotonin yang dapat menjadikan rileks, melakukan perbaikan mood dan menjadikan seseorang lebih bahagia.

2. PMS ( Pre Menstrual Syndrome ) bagi wanita

Pete dan jengkol bisa membantu saat wanita sedang menjalani menstruasi, sehingga dapat mengkonsumsi secukupnya saat Pms. Kandungan vitamin B6 dalam kedua jenis buah/biji inilah yang dapat mengurangi rasa tidak mood. Vitamin B6 dalam biji pete dan jengkol dapat membantu mengatur kandungan gula darah seorang wanita saat menstruasi yang bisa menolong mood.

3. Dapat terhindar dari penyakit anemia

Pete dan jengkol dapat menolong penyakit berbahaya seperti anemia karena kedua buah/biji ini mempunyai kandungan zat besi yang tinggi dan dapat merangsang produksi sel darah merah sehingga penderita penyakit anemia dapat diobati dengan mengkonsumsi pete dan jengkol sesering mungkin namun jangan berlebihan setiap mengkonsumsi sekali waktu 1 biji jengkol atau 1 lajur pete sehari.  -

4. Mengurangi tekanan darah tinggi

Pete dan jengkol merupakan buah yang rendah garam sehingga cocok bagi penderita tekanan darah tinggi dan stroke. DI negara Adi Daya (amerika) buah pete dan jengkol ini di budidayakan karena sangat efektif dalam menyembuhakan penyakit darah tinggi maupun stroke.

5. Mendorong mencerdaskan otak

Pete dan jengkol dapat meningkatkan daya pikir seseorang, selain daun begagan kedua jenis buah/biji inidapat memberikan manfaat pada otak Anda, konsumsilah kedua buah/biji ini secara rutin cukup 1 biji jengkol atau 1 lajur pete setiap harinya. Riset yang dilakukan oleh  serang pakar ilmuwan tepatnya di negara Inggris yang dilakukan pada 200 siswa, disetiap harinya dari 200 siswa mengkonsumsi kedua jenis buah/biji ini, hasil memberikan dampak positif terhadap siswa dalam studi mereka, dapat meningkatkan kecerdasan otak saat belajar, mereka lebih menjadi waspada saat belajar. Pete dan jengkol ini kaya akan kalium sehingga baik untuk kecerdasan otak.

6. Menjaga saluran pencernaan

Pete dan jengkol mempunyai kandungat seat ( dietary fibers ) yang tinggi sehingga pete dan jengkol amat baik untuk saluran pencernaan dalam tubuh Anda. Pete dan jengkol dipakai sebagai makanan lalapan untuk menjaga penceranaan lambung Anda dikarenakan strukturnya yang lembut serta halus. Pete dan jengkol dapat berfungsi menetralisir asam lambung serta dapat mengurang luka/iritasi pencernaan dengan melapisi permukaan didalam lambung.

7. Obat mabuk

Pete dan jengkol dapat digunakan untuk obat mabuk. Di antara cara sangat cepat untuk mengobati penyakit mabuk yaitu milkshake pete, yang dimaniskan dengan madu. Pete dapat menolong menenangkan perut serta dengan pertolongan madu dapat menambah kandungan gula darah Anda saat gula darah Anda dibawah normal.

8. Kurangi rasa kenyang

Pete dan jengkol dapat mengurangi rasa panas pada dada karena kekenyangan makan. Manfaat pete dan jengkol dapat memberikan dada terasa lega walaupun perut Anda penuh dengan Makanan. Peta dan jengkol mempunyai dampak antasid pada tubuh, hingga apabila dada merasa panas disebabkan umumnya makan, coba makan pete dan jengkol untuk kurangi dada panas.

9. Hindari rasa mual pagi

Makan pete dan jengkol di antara jam makan dapat membantu menjaga kandungan gula serta hindari muntah. Untuk mengurangi bau mulut tak sedap lakukanlah gosok gigi dengan bersih sehabis makan pete dan jengkol. Baca juga 7 Penyebab Mulut Menjadi Bau Tak Sedap.
10. Menyembuhkan bengkak dan gatal gigitan nyamuk atau serangga

Sebelum saat menggapai cream gigitan nyamuk, cobalah gosok tempat yang terkena gigitan dengan bagian didalam kulit pete dan jengkol. Banyak orang sukses mengatasi rasa gatal serta bengkak karena gigitan serangga lewat cara ini.

11. Manfaat untuk diet atau dapat mencegah kegemukan

Pete dan jengkol baik dikonsumsi saat Anda dalam masa diet. Penelitian di institut of psychology, Austria mendapatkan bahwa tekanan pada waktu kerja banyak orang yang menggapai makanan yang menenangkan layaknya coklat serta keripik. Dengan sample penelitian 5.000 pasien di tempat tinggal rumah sakit, peneliti mendapatkan bahwa umumnya orang menjadi gemuk dikarenakan tekanan kerja yang tinggi, sehingga mencari makanan atau jajanan untuk menemani saat kerja yakni ngemil. Laporan menyimpukan bahwa untuk hindari nafsu ngemil ini, kita perlu mengendalikan kandungan gula didalam darah dengan makan pete dan jengkol karena mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi. Untuk Anda yang suka ngemil dan dalam masa diet sebaiknya ngemil jenis makanan yang mempunyai karbohidrat tinggi seperti cemilan dari bahan pete dan jengkol, buatlah cemilan sendiri berkarbohidrat tinggi agar badan Anda berkurang saat diet.

12. Membantu menyembuhkan luka/iritasi pada lambung

Pete dan jengkol dapat menyembuhkan luka dalam pencernaan seperti luka lambung. Bagi yang sering mengkonsumsi makanan instan seperti mie instan sebaiknya sering untuk mengkonsumsi pete dan jengkol, karena lambung akan terjaga dari luka sebab makanan instan tersebut. Pete dan jengkol mempunyai tekstur yang halus sehingga dapat menjaga alat pencernaan dan dapat menyembuhkan luka/iritasi pencernaan Anda selain itu pete danjengkol dapat mengurangi rasa stress.

13. Mengatur suhu tubuh ibu saat akan melahirkan

Pete dan jengkol dapat meredakan suhu tubuh ibu saat akan mekahirkan anaknya. Ibu yang kesulitan melahirkan disebabkan karena tingkat emosial yang tinggi, dengan mengkonsumsi pete dan jengkol dapat menurunkan emosi ibu sehingga proses kelahiran lebih cepat. Namun, di Indonesi ada beberapa yang melarang untuk makan pete dan jengkol saat akan melahirkan anaknya untuk menghindari bau ketuban saat selesai melahirkan.

14. Menyembuhkan penyakit emosional yang berat

Pete dan jengkol dapat membantu menyembuhkan seseorang yang mengalami ganguan emosiaonal tinggi. Sesering mungkin untuk memberikan makanan pete dan jengkol kepada penderita penyakit emosional tinggi, karena dapat mengurangi tingkat emosi dan mendorong mood seseorang lebih relax.

15. Obat pecandu rokok atau nikotin dan sejenisnya

Pete dan jengkol juga dapat mengobati pecandu rokok. Kandungan vitain B6, B12, kaliun dan magnesium dalam pete dan jengkol dapat menghilangkan rasa untuk merokok. Mengkonsumsi pete dan jengkol dapat menolong tubuh cepat pulih dari dampak pecandu rokok, nikotin dan pecandu lainnya.

16. Meredakan stress karena kerjaan atau pikiran berat

Pete dan jengkol dapat melemahkan detak jantung Anda saat stress karena pikiran yang berat. Kandungan kalium didalamnya dapat menolong menormalkan detak jantung Anda, mengirim oksigen ke otak serta mengatur keseimbangan cairan tubuh saat Anda stress, menjadikan metabolisme Anda dapat meningkat, hingga dapat mengurangi kandungan kalium didalam tubuh.

17. Menyembuhkan penyakit stroke

Pete dan jengkol dapat menurunkan resiko kematian karena stroke. Sebaiknya konsumsi pete dan jengkol secara tepat dan teratur agar pengidap penyakit strok pada diri Anda dapat tersembuhkan. Untuk dosis atau banyaknya mengkonsumsi pete dan jengkol untuk penderita troke ini memang tidak ada dosis pasti, untuk itu konsultasikan pada ahlinya. Menurut riset didalam the new england journal of medicine makan pete dan jengkol sebagai bagian dari makanan 1 hari hari dapat turunkan seriko kematian dikarenakan stroke hingga 40%.

18. Meremajakan kulit dan awet muda

Pete dan jengkol bisa dijadikan bahan kosmetik, karena kandungan protein yang tinggi. Pete dan jengkol dapat meregenerasi kulit, sehingga dapat meremajakan kulit Anda dan tampak Awer muda.
Baca juaga : [CARA ALAMI] 13 Perawatan Kulit Wajah yang Wajib Diketahui
Dari beberapa manfaat buah/biji pete dan jengkol diatas mempunyai banyak manfaatnya ketimbang dampaknya. Saat memanfaatkan dengan baik dan tidak berlebihan, pete dan jengkol bermanfaat bagi kesehatan. Tidak dipungkiri banyak orang yang merutinkan makan makanan sehat tiap harinya dengan kadar dosis yang wajar karena ingin sehat, contohnya: pete dikonsumsi 1 helai dan jengkol 1 biji perhari. Kelebihan atau isrof dalam agama adalah perbuatan tamak bahkan rekan syaitan _^^_ jadi kelebihan dalam hal apapun berdampak buruk, termasuk makan pete dan jengkol berlebihan. Banyak kasus kelebihan pete akan menyebabkan penderita darah tinggi semakin parah dan kelebihan jengkol akan menyebabkan kencing batu, hingga pada beberapa kasus terjadi kematian. Untuk itu makanlah buah pete dan jengklol sewajarnya. Selamat mencoba!

Tag. manfaat pete dan jengkol · apa kasiat nya pete dan jengkol · buah yang tidak boleh dimakan penderita stroke · apa manfaat konsumsi pete/jengkol tiap hari? · apakah jengkol bisa menyembuhkan struk · buah yang dapat mencegah penyakit ginjal


PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.


Related Post:

Post a Comment

Terimakasih sudah menyempatkan untuk berkomentar.