Normal Mode
Responsive Mode

2 Toko Pertanian Ter-Komplit Di Balaikarangan Kal-Bar #Harga Bersaing

Jika bukan warga asli balaikarangan mungki tidak tahu pasti posisi toko pertanian di kota Balaikarangan Kal-bar. Toko ini juga menyediakan perlengkapan mancing mania, mulai yang termurah hingga yang termahal, sesuai kebutuhan kualitas yang kamu inginkan. Selain itu yang paling komplit ditoko ini adalah bibit pertanian mulai dari sayur-mayur hingga peralatan pertanian, komplit!

Ada dua toko pertanian yang saya kenal di daerah balaikarangan kecamatan sekayam kab. sanggau kal-bar. Semua toko pertanian ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saya pernah menjumpai harga antara bibit sawi tosakan dan kangkung, saya bandingkan saat beli diantara dua toko tersebut.

Untuk toko A harga sawi tosakan dibanderol dengan harga pas 20rb sedangkan toko lainnya hanya 15rb, dikedua toko itu jika beli 5 gratis satu bungkus. Sedangkan untuk bibit kangkung di toko A dibanderol harga 28rb sedangkan di toko lainnya 30-40 ribu, padahal bibitnya dari brand yang sama. Itulah salah satu ciri khas setiap toko pertanian didaerah saya, kok bisa begitu, bingung kan! saya saja bingung!

Semua keputusan pembeli ada ditangan kamu, karena kamu pembelinya, jadi pilah dan pilihlah harga yang termurah meskipun harus kesana kemari dilain toko.

Meskipun jika sudah ditanam menghasilkan hasil yang tak sebanding, contoh: saya pernah riset pribadi pada 1 bungkus bibit sawi tosakan bisa menghasilkan panen sekitar 100,5 kilogram, ditempat saya harga sawi tosakan 10 ribu/kilo-nya, jadi 1 bungkus dengan harga 15 ribu dapat berubah menjadi 1 jt 5 ribu rupiah. Hebat bukan! meski harga bibit sawi ada yang jual 20rb/bungkus tetap beranilah jika dibandingkan dengan hasil panennya.

Meski hitungan normalnya begitu, tetap saja kita sebagai konsumen memilih yang lebih murah, saya saja begitu apalagi kamu, mungkin sama sajalah diantara kita, hehe..

Sedikit saya review kedua toko pertanian itu, sebagai berikut ini.

#1 Toko Karya Tani Balaikarangan III, Cp. +6282157616491

Toko ini lengkap, selain menyediakan bibit pertanian, juga menyediakan berbagai macam obat pesisida, alat-alat peternakan, perikanan, dan bahkan menyediakan bibit ayam potong.

Alamat lengkap toko ini ada di jalan pemuda Balaikarangan 3, kalau tidak tahu nama jalannya, saya beri ancer-ancer terdekatnya, yakni sebelah kiri terminal bus dan tepat persis didepan masjid yang posisi masjid ada dipojok perempatan jalan.

Kalo diukur dari tugu balaikarangan hanya sekitar 250 meter saja. Jika dari tempat saya tinggal, arahnya dari kecamatan kembayan, sesampai ditugu Balaikarangan yang tepatnya dipertigaan, kamu jalan lurus saja sampai menjumpai perempatan, jika sudah diperempaatan lurus saja ke bawah, jalan pelan dan lihat kiri jalan ada masjid besar, nah depannya ada toko pertanian besar sekali dan komplit.

Toko ini punya kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya tersedia perlengkapan pertanian dan bibit secara lengkap, sedangkan kekurangannya ada beberapa harga yang cenderung lebih mahal seperti yang saya ulas diawal paragraf tulisan artikel ini.

Contoh, bibit sawi tosakan disini dibanderol dengan harga 20rb/bungkus sedangkan lainnya hanya 15rb, namun harga kangkung lebih murah hanya 28rb/bungkus sedangkan di toko lainnya mencapai 30-35rb/bungkus.

2 Toko Pertanian Ter-Komplit Di Balaikarangan Kal-Bar

Itu nota pertama kali beli, lihat harga bibit sawi masih normal, begitu kedua kalinya beli label harga sudah berubah lebih mahal.

#2 Toko Pertanian Pasar Sayur Balaikarangan

Toko pertanian ini persis dipinggir jalan besar sebelah kanan jika dari arah tugu balaikarangan. Tempatnya tidak jauh dari pasar sayur, pasar sayur di balaikarangan hanya ada satu setahu saya. Ancer-ancer toko pertanian ini mudah saja, setelah simpang pasar sayur sekitar 50-80 meter saja. Posisi gang pasar sayur kiri jalan, dan toko pertanian ada dikanan jalan. Setelah menjumpai gang pasar sayur lurus saja, dan jalan pelan-pelan dan lihat kanan jalan ada toko pertanian, yang didepannya tampak karung-karung pupuk.

Disini juga lengkap, selain menjual berbagai peralatan pertanian, juga menyediakan berbagai jenis pestisida, peralatan perikanan, peternakan dan banyaklah. kamu bisa membuktikan sendiri disana, komplit!

Disini bibit sawi tosakan lebih murah ketimbang toko Karya Tani, namun disini bibit kangkung sedikit mahal, selish 2rb-an dari harga toko Karya Tani.

Nah itulah dua toko pertanian terbesar di balaikarangan. Jika kamu masih warga baru, tentu kebingungan posisi toko pertanian yang ada di kota balaikarangan. Artikel ini saya khususkan bagi kamu yang ingin membeli kebutuhan dibidang pertanian, peternakan, dan perikanan.

Semoga artikel ini membantu..


PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.


Related Post:

Post a Comment

Terimakasih sudah menyempatkan untuk berkomentar.