Panduan Mengurus Santunan Jasa Raharja Kecelakaan Patah Tulang | Jendela Buwana

Panduan Mengurus Santunan Jasa Raharja Kecelakaan Patah Tulang


Ini terjadi saat adik laki sepupu saya jatuh dari motor dan mengalami patah tulang paha sebelah kiri. Biaya operasi patah tulang memang benar-benar menguras dompet dan rekening, sekitar 20 juta rupiah selama 7 hari dirumah sakit Antonius kota Pontianak, belum lagi biaya tak terduga, pokoknya benar-benar menghabiskan biaya banyaklah.

Untung saja ada kabar santunan jasa raharja dari pemerintah. Saat itu juga mengurus persyaratannya.

Adapun pesyaratan yang harus dipenuhi tanpa terkecuali adalah sebagai berikut ini.

#1 Meminta Berita Acara Polisi (BAP) Untuk Jasa Raharja


Ini persyaratan yang pertama kalinya. Prosesnya tidak begitu rumit, yang membuat rumit adalah oknumnya. Semua pengurusan jasa raharja mulai dari BAP hingga formlir lainnya "gratis". Jika kamu dimintai biaya administrasi tolak saja dengan tutur kata yang halus, agar ciri khas aparat negara Indonesia bisa diminimalisir-lah, hitung-hitung kita membantu memberantas KKN.

yang dibutuhka saat mengurus BAP adalah identitas KTP dari pihak keluarga dan pihak yang kecelakaan. Semua di foto-kopi 3 rangkap.

Jika tidak mempunyai identitas KTP karena masih sekolah, bisa menggunakan foto-kopi akte kelahiran dan KTP orang tua, semua di foto-kopi rangkap 3.

Nah, dalam mengurus atau meminta BAP, pihak polisi terkadang memberi pertanyaan dan membuat kita bingung. Contoh yang pernah dialami oleh keluarga saya adalah tentang yang menabrak dan yang ditabrak.

Nanti akan ada dua pilihan pertanyaan yang dilontarkan oleh plisi.

Pertama, ditanya apakah dari pihak keluarga ingin diselesaikan dengan kekeluargaan ?? jika iya maka tidak perlu sidang dan kendaraan bisa diambil.

Kedua, apakah tetap ingin sidang ? Jika begini maka kendaraan harus dikarantina sampai sidang telah dilaksanakan.

Maksudnya begini..

Saya ambil masalah pada kecelakaan adik saya, agar kamu bisa memahaminya dengan mudah.

Jika pihak keluarga saya ingin damai saja secara kekeluargaan (antara pihak tertabrak dan ditabrak) maka polisi cuci tangan, artinya masalah ini oleh polisi dianggap sudah close. Keuntungannya kendaraan yang dikarantina oleh polisi bisa diambil seketika itu juga.

Jika sudah close maka tidak perlu sidang, jika tidak sidang artinya kamu tidak bisa minta berita acara polisi dan akhirnya tidak bisa mendapatkan santunan dari jasa raharja. Eman bukan!
Berita acara polisi (BAP) = persidangan
Jadi kamu harus punya prinsip untuk tetap sidang, karena sebenarnya sidang bukanlah momok yang menakutkan, ikuti saja alur hukumnya, yang penting dapat BAP karena ini syarat utama mengajukan santunan jasa raharja.

BAP tidak bisa diambil oleh keluarga kita, karena itu rahasia mereka, jadi BAP untuk pengajuan jasa raharja dikirim oleh pihak polisi ke pihak bagian jasa raharja di rumah sakit terkait.

Sehingga yang perlu kamu ketahui adalah sampainya BAP kapan?? mintalah no Hp yang bisa dihubungi dibagian rumah sakit yang mengurusi bagian jasa raharja, jika di RS Antonius namanya bapak Piter.

Dengan begitu, kamu bisa mengurus persyaratan lainnya. Karena BAP persyaratan utama dan pertama. Dan syarat pengurusan santunan jasa raharja lainnya masih banyak.

#2 KTP dari Yang mengajukan, Orang Tua Si Kecelakaan, dan Yang Kecelakaan

Setelah Bap sudah diterima oleh pihak rumah sakit, maka syarat selanjutnya adalah identitas diri, baik dari yang mengajukan (kalau masalah kecelakaan adik sepupu saya yang menjadi pengaju-nya adalah saya sendiri), Ktp orang tua anak yang kecelakaan, dan Ktp anak yang kecelakaan itu. Semua di foto-kopi rangkap tiga.

Jika tidak ada ktp, sebagai penggantinya adalah FC (foto-kopi) akte kelahiran dan FC Ktp orang tua, seperti pada masalah kecelakaan adik sepupu saya, dia belum punya Ktp, sebagai gantinya akte dan Ktp ortu.

Sebenarnya pengajuan santunan jasa raharja mudah saja, yang membuat berbelit-belit hanyalah oknum saja.

#3 Rincian Biaya Operasi Dll, Jangan Sampai Hilang

0

Ini adalah salah satu persyaratan paling penting juga saat mengajukan santunan dari jasa raharja. Kok harus rincian dahulu, padahal kita kan butuh dana secepatnya, kalau punya biaya kenapa harus minta santunan!

Nah, itu mungkin pertanyaan yang menyebalkan dibenak kita. Umumnya manusia begitu dan itu menurut saya pribadi hal yang wajar, namun tetap ada saja alternatifnya, seperti pinjam uang dulu ke tetangga kita dengan disertai kesepakatan bermaterai hitam diatas putih yang isisnya bahwa kamu akan segera melunasi utang itu dalam jangka waktu maksimal 2 bulan. Ini sambil mengurus dan menunggu santunan dari jasa raharja.

Besaran santunan jasa raharja bervariasi, tergantung tingkat parahnya, jika untuk kecelakaan mendapat santunan maksimal 20 juta rupiah secara tunai tidak melalui rekening.

Berikut persyaratan lengkapnya pengajuan santunan dari jasa raharja.

Panduan Mengurus Santunan Jasa Raharja Kecelakaan Patah Tulang

Ada dua pilihan saat mencairkan biaya santunan dari jasa raharja, yakni kes dan lewat rekening bank.

Jika biaya santunan kes. Pengurusan hingga dana cair oleh pihak rumah sakit, sedangkan jika melalui rekening diurus sendiri ke kantor jasa raharja.

Untuk pengurusan pada kasus adik sepupu saya, biaya santunan dikirim melalui rekening bank, harus bank bri, jadi jika belum puya rekening bank beri maka wajib membuat terlebih dahulu. Alasannya kenapa harus bank bri, jawaban yang dijelaskan oleh pegawai jasa raharja adalah "tujuannya karena kami sudah bekerja sama dengan bank bri dalam hal transaksinya, sehingga jika terjadi human error atau sistem error masih bisa dijajaki lewat sistem kami".

Ada yang terakhir yang akan saya sampaikan, setelah persyaratan semua terpenuhi seperti pada foto diatas, akan diberikan 2 lembaran lagi.

Pertama. Surat keterangan kesehatan korban akibat kecelakaan yang dikeluarkan oleh pihak jasa raharja, ini diisi oleh pihak rumah sakit dan tertanda tangan oleh dokter yang mengoperasi pasien tersebut. Nan untuk mendapatkan tanda tangan dari dokter ini mudah saja, pergi saja ke ruang "rekam medis" lalu mintakan tanda tangan dokter yang dimaksud, biayanya jika dirumah sakit Antonius sebesar 65 ribu rupiah. Lamanya mendapatkan tanda tangan itu bervariasi, waktu itu saya hanya butuh sehari saja, pasalnya pak dokternya stanby dirumah sakit, nama pak dokternya Pak Dokter Gede, beliau sebenarnya sudah pensiun tetapi masih ingin mengabdi kerumah sakit demi menyembuhkan pasien mereka. Semoga Bapak selalu sehat ya -^^-

Untuk kenampakan surat keterangan kesehatan korban akibat kecelakaan, seperti foto dibawah ini.

contoh surat keterangan kesehatan korban akibat kecelakaan jasa raharja

Kedua. Formulir pengajuan santunan, ini akan diisi oleh pihak jasa raharja. Kosongkan saja biar mereka yang mengisi.

Untuk formulinya seperti dibawah ini.


Semoga saja informasi pengalaman pribadi saya ini dapat membantu masalah kamu. Semoga keluarga kamu yang sedang mengalami kecelakaan bisa segera sembuh total, kita saling mendoakanlah. Begitupun adik sepupu laki-laki saya, minta do'anya segera lekas sembuh total.

Sekian informasi panduan mengurus santunan Jasa Raharja Kecelakaan patah tulang. Semoga tulisan ini bermanfaat..

PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.

No comments:

Post a Comment

Aturannya berkomentar sbb:
1. Jika bertanya yang baik.
2. Tidak boleh spam/Link Hidup.
3. Bertanya yang jelas nggak memakai singkatan yang sekiranya sulit dipahami.
4. Bisa bertanya bisa menjawab.
5. Itu saja persyaratannya.
6. Nanti akan disetujui.