Strategi Jitu Mencari Uang di Internet yang Bisa Ditiru Keberhasilannya #Untuk Pemula

Apa ada yang berpikiran begini saat mendengar kabar..

"Ada Orang yang Menghasilkan Uang dari Internet yang Terbukti Berhasil.. Ada dari blog, youtube, tokopedia dll.."

..masa sih, gak percaya, kok bisa ya ! kalau mencari uang dari internet memang apa ada yang kaya raya?? lalu bagaimana caranya mendapatkan penghasilan uang dari internet itu yang konon menjadi kaya raya, punya mobil, punya rumah, segala macam punya..

Semua orang mungkin banyak cerita dan pola pikir seperti itu, itu wajar karena kamu belum tahu atau masih pemula total _^^_

Apalagi skill belum punya, mengoperasikan laptop saja masih canggung, apa mungkin bisa seperti kata-katanya diatas, ada orang kaya raya yang pekerjaannya hanya online.

ah.. itu hanya "wang sinawang", dalam bahasa Jawa-nya. Kalau dalam Bahasa Indonesia-nya hanya "saling lihat melihat", sebenarnya sama saja tidak jauh beda permasalahan manusia untuk menuju kaya raya, sulit digapai, butuh usaha keras meskipun bisnis internet.

Hanya saja bisnis internet banyak kelebihannya dari pada bisnis offline, "menurut saya".

Orang yang belum tahu tentang apa yang sudah pernah dikerjakan oleh orang sukses, dia pasti banyak bantahnya, "gak mungkin, gak percaya, itu mustahil" dan lain-lain.

Mencari uang lewat internet memang ada, ada yang sukses, ada yang biasa-biasa saja "Suksesnya Sedengan", ada yang gagal dan jika gagal seperti ini biasanya menjadi orang yang se ilfil-ilfil-nya dengan bisnis online dan kapok gak mau menjalani bisnis online lagi.

Yang gagal bagaimana kok bisa begitu ??

Karena malas meneruskan. Kegagalan merupakan modal dari keberhasilan, karena dia tidak mengulangi hal yang sama dan menelaah apa penyebabnya maka ya menjadi stop "by Gone" ya begitu-begitu saja, dan akhirnya bilang "bisnis online itu sulit banget".

Banyak mana yang gagal dan berhasil??

..tentu dan jelas banyak yang gagal, biasanya berhasilnya terakhiran, itupun waktunya bervariasi, ada yang berhasilnya sangat lama. Itulah makna keberhasilan berbisnis online, hikmah dari kegagalan ada dibelakangya. Jadi, orang berhasil bisnis online itu perlu waktu dan usaha yang sangat keras sekali, baru hasilnya akan menggerojok.

Bedanya berbisnis online dan offline itu ada tiga katagori orang yang menjalankannya, dan kesuksesan sudah menunggu mereka, "menurut saya"

Pertama, orang pemalu. Biasanya orang pemalu ini lebih nyaman berbisnis online ketimbang harus ceramah sana sini menawarkan produk jualannya, sehingga bisnis online diprioritaskan.

Kedua, orang penasaran. Tipe seperti ini biasanya hanya coba mencoba di kedua-duanya bisnis online dan offline. Jika yang menurutnya lebih baik maka salah saatunya ditekuni.

Ketiga, orang yang tidak banyak waktu. Nah, tipe ornag ini adalah mereka yang super sibuk. Orang yang selalau haus dan benar-banar ingin kaya raya, biasanya mereka beriringan dalam menjalankan bisnis, baik secara online dan offline.

Ketiga katagori orang tersebut sebenarnya mempunyai peluang berhasil yang sama asalkan SABAR dan TEKUN, hanya yang membedakan waktu, lama dan tidak. PERCAYALAH! itu rahasianya..

Artikel ini saya tulis untuk kamu yang hobinya berbisnis online saja. Artinya fokus ke online, meski punya toko nyata, itu bukan diprioritaskan.

Jika kamu hoby dengan bisnis online, maka sempatkan baca artikel ini sampai rampung, akan banyak petunjuknya yang bisa dipraktekkan dan sudah terbukti berhasil, saya adalah salah satu yang mempraktekkannya. Menjalani bisnis online yang kata orang tua, itu.. bisnis yang belum pasti menghasilkan tetapi sebaliknya bisa menghasilkan meski belum menjadi orang yang kaya raya seperti mas eka lasmana. Kita harus memang yakin, meskipun sekarang masih sedikit penghasilannya, suatu saat akan menjadi seperti mas eka lesmana.

Meniru yang terbukti berhasil saja, maka kita pun punya peluang berhasil yang sama, yang membedakan mungkin nominal suksesnya.

Ada beberapa bisnis online yang terbukti berhasil dilakukan oleh pakarnya, dan dulu mereka belum menjadi pakar bisnis online seperti saat ini, masih tahap belajar seperti kamu yang sedang mencari kabar bisnis oline lewat artikel saya ini.

Ada 4 bisnis yang saya petakan dan bisa kamu jalankan yang terbukti berhasil asalkan dengan SABAR dan TEKUN dalam menjalankannya.

Saya mulai yang pasti berhasil dulu..

#1 Google Adsense

Google adsense ini saya urutkan di urutan pertama karena menurut saya yang pasti mendapatkan hasilnya #pengalaman, hanya saja prosesnya bervariasi, cepat-lama.

Google AdSense adalah program yang dijalankan oleh Google berupa iklan teks, gambar, video, atau media interaktif. Ini sering kamu jumpai dikebanyakan blog atau website saat kamu sedang mencari informasi apa saja, kadang di sana ada iklan yang muncul dari google.

Biasanya iklan tampil di sidebar, awal konten, tengah maupun akhir konten. Iklan google adsense biasanya bertanda seperti berikut.

ciri-ciri-model-google-adsense-jendela-buwana
Ciri google adsense

Ada juga yang tanpa tanda tersebut, namun model iklan ini jarang muncul. Ada juga model video yang tidak mempunyai tanda khas google adsese.

Bagaimanakan google adsense bekerja ?

Saya akan jelaskan sesingkat saja dari cara kerjanya. Iklan google akan tampil bagi yang sudah berpartner dengan google adsense. Daftar dulu, di review oleh pihak google, disetujui atau tidak disetujui. Jika disetujui maka iklan bisa ditampilkan di blog atau website. Syarat mutlak jika berpenghasilan uang dari google adsense adalah membuat blog atau website lalu menulisnya disana, menulis sebanyak mungkin dan isinya yang bermanfaat bagi orang lain, jangan copy paste.

Baca juga: cara membuat blog gratis

Apakah peluangnya besar di google adsense ini ?

Sangat besar, sudah banyak yang membuktikannya seperti terlihat di laman youtube ini

Bahkan ada yang pernah mendapat gajian hingga 200 jutaan/ bulan seperti mas eka lesmana, dan banyak lagi yang membuktikannya, termasuk kamu juga mempunyai peluang besar menghasilkan goole adsense tanpa batas.

Periklanan google itu bisa kamu dapatkan dari youtube dan blog atau website, sistemnya sama saja.

Baca juga: cara membuat akun google adsense

#2 Ikut Sayembara Online

Ini yang paling sulit untuk mendapatkan uang, uang didapat dari pemenangnya. Ada banyak sayembara yang bisa kamu coba, siapa tahu kamu adalah salah satu yang beruntung. keburuntungan dalam mengikuti lomba bisa kamu dapat sesering mungkin.

Misalkan, kamu mengikuti lomba blog dari kompasiana maupun blog detik dan tulisan kamu paling kece abis, dipastikan kamu dilirik para juri. Disana akan banyak juri senior yang menilainya, jadi jangan khawatir akan ada ketidakadilan, juri sudah ratusan kali dalam menyeleksi dan memilih siap pemenangnya, sehingga tingkat ngawurnya saat menjuri minim sekali bahkan selalu adil.

Ohya, info lomba bisa kamu lihat di kompasiana.com atau blogdetik.com, lirik di kanan-kiri websitenya, biasanya akan ada iklan bergambar informasi lomba yang sedang berlangsung.

Atau yang lebih cepat mencari informasi dengan cara mengetikkan dipencarian google.

Bagaimana caranya ?

ketik "lomba blog kompasiana"

lalu enter atau klik pencarian, dan setting waktunya di "tools" >> "any time" maka akan ada pilihan seperti berikut ini.

mencari-uang-di-lomba-blog-kompasiana

Maka jika sedang ada sayembara akan ter-indeks di google, biasanya waktu lomba sekitar 1 bulan, jadi kamu bisa setting waktu ke seminggu yang lalu.

Peluang mendapatkan hadiah lomba dari kedua website diatas lumayan besar, minimal total hadiah 5 juta an hingga puluhan juta. Inilah alasan saya kenapa sayembara blog saya urutkan dinomor dua.

Sayembara lainnya yang bisa kamu coba ikuti seperti lomba desain, lomba foto, lomba seo dan jenis lomba lainnya. Cara mencari informasinya seperti petunjuk pencarian "lomba blog kompasiana" diatas.

#3 Dropshiper

Dropshiper adalah orang yang menjalankan program Dropship. Simple-nya menjual produk tapi stok barang tidak ada dirumah kamu, artinya meminjam foto produk orang yang kamu jualkan, tentu dengan seijinnya.

Atau jika kamu tak perlu minta ijin, ada caranya dengan mengupload ulang produk yang ada di marketplace online seperti tokopedia, shopee, bukalapak dll.

Apa boleh begitu ? boleh saja asalkan kamu harus bisa memilih dan memilah, lapak mana yang aktif dan trusted untuk menjaga lapak kamu dan pembeli produk Dropship kamu.

Misalkan kamu lihat lapak target, akah ada banyak produk disana, cari yang laku dan banyak komentarnya, fahami isi komentarnya apakah ada keluhan mengenai lama pengiriman, jika ada maka jangan menjual kembali produk lapak tersebut, cari yang lain saja.

Alasannya..

Pertama, Pelayanan dan Pengiriman yang Lambat.

Jika kamu memaksa menjual kembali lapak yang kurang cepat proses pelayanan dan pengirimannya maka kamu akan tidak tenang kepada pelanggan kamu bahkan kamu tidak menutup kemungkinan diomeli oleh pembeli.

Kejadian demikian akan menurunkan reputasi lapak online kamu, sudah pasti pembeli tidak mau memberi komentar bahkan akan memberikan komentar negatif, yang pada intinya pelayanan lapak kamu lambat, padahal bukan kamu yang mempunyai produk.

Ini hal yang jarang dihindari oleh para Dropshiper, sehingga mereka tidak lama eksis dan akhirnya tidak lagi jualan, alasannya bisnis online itu susah _^^_

Kedua, selesai.

Sebagian besar permasalahan di Dropshiper hanya pada dialasan #pertama yakni "pelayanan dan pengiriman yang lambat". meskipun katagori produk yang kamu jual kembali tersebut dicari banyak orang namun jika pelayanannya dan pengerimannya lambat, saya jamin.. kamu akan percaya pada tulisan saya diatas "tidak lagi jualan" karena tidak ada yang beli.

Ada beberapa keuntungan mengikuti program Dropship marketplace maupun non marketplace, antara lain.

Jangkauan pasarnya sangatlah luas, konsumen tidak terbatas.
  1. Tidak perlu modal awal yang banyak untuk jualan.
  2. Hanya bisa dijalankan dengan smartphone, plus paket internetan.
  3. Bisa buka 24 jam, fleksibel.
  4. Margin keuntungan bisa diatur sendiri.

Dimana-mana yang paling utama menjadi pertimbangan para Dropshiper marketplace adalah modal awal.

..500 ribu sudah cukup untuk para pemula.

Kenapa tetap butuh modal, karena jika ada pembeli produk dropship kamu mentransfer ke rekening tokopedia maka kamu akan mendapatkan perintah dari tokopedia untuk segera mengirimkan barangnya.

Kamu harus sesegera mungkin membeli produk lapak toko aslinya, lalu segera transfer ke rekening tokopedia, isi data-datanya ke pembeli kamu.

Maka pihak tokopedia akan melakukan hal yang sama kekamu, meminta segera barangnya untuk dikirimkan ke alamat tujuan pelanggan kamu.

Pihak tokopedia tidak mau ribet karena sudah ribet ngurusi jutaan transaksi setiap harinya, patokan tokopedia.. apakah ada pembeli yang sudah mentransfer ke rekening dari produk yang mereka pilih, jika sudah maka perintahnya suruh segera mengirimkan barangnya ke pembeli sesuai alamat yang masuk kedata.

Kenapa tetap butuh modal, karena jika ada pembeli produk dropship kamu mentransfer ke rekening kamu maka kamu harus sesegera mungkin mentransfernya kembali ke toko aslinya, jadi butuh modal dana stand by.

Begitupun pada sistem non marketplace..

Jika kamu menggunakan fasilitas non marketplace, misal produk dropship didapat dari FB atau IG, lalu media promosinya kamu juga menggunakan FB atai IG. Maka kamu hanya mampang foto produk dan nominal harganya. Jika ada pembeli, maka mereka akan mentransfer ke rek kamu, kamu segera mentransfer lagi ke rek toko aslinya, agar segera dikirim barangnya, dan perintahkan ke toko aslinya untuk mengirimkan ke alamat pembeli kamu.

Model dropship ini bisa kamu terapkan dari marketplace atau produk luar negeri.

#4 Jualan Informasi

Maksudnya adalah jualan ebook, ebook ini berisi ilmu yang bermanfaat bagi khalayak umum.

Tentang apa isi ebook itu ?

Tentang pengalaman dan keahlian kamu, seperti "cara membuat bakso dengan panduan lengkap dan pasti berhasil" dan ilmu lainnya yang bermanfaat bagi orang lain.

Ingat yang bermanfaat! agar ebook kamu mempunyai tanggapan positif, maka oran glain akan berbondong-bondong untuk membelinya.

Jualan ebook juga ada lisensinya, jadi tidak perlu khawatir jika ebook kamu dijual lagi, DIJAMIN AMAN !

Nah poin yang terakhir ini "jualan informasi" adalah bisnis online yang paling banyak dilakukan para bisnis online, jadi saingannya sudah banyak, dan sebanding dengan kesempatan mendapatkan keuntungan besar lebih sedikit.

Sehingga, yang kamu pikir keraskan adalah isinya, harus beda dan sangat bermanfaat, syukur-syukur isi ebook itu merupakan ebook perdana yang tersebar dan belum pernah dibuat oleh para bisnis online selain kamu.


#Kesimpulan

Menjalani bisnis online itu mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Jadi, kamu harus cermat apa penyebab gagal ? bagaimana strategy menjualnya ? Bagaimana cara merespon pembeli dengan cepat, tepat dan tidak kaku ? bagaimana cara calon pembeli agar closing ? hingga bagaimana cara calon pembeli deal ? dan lain-lain.

Semua ilmu itu bisa kamu dapatkan semua dengan berjalannya waktu, bisa sebulan hingga setahun, asalkan terus action dan resapi pahit manisnya, hikmah berbisnis online akan muncul setelahnya.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Aturannya berkomentar sbb:
1. Jika bertanya yang baik.
2. Tidak boleh spam/Link Hidup.
3. Bertanya yang jelas nggak memakai singkatan yang sekiranya sulit dipahami.
4 Bisa bertanya bisa menjawab.
5. Itu aja persyaratannya.
6. Akan disetujui