Petunjuk Memperbaiki Wifi dan Bluetooth Android Error Tidak Bisa On #Work 100%

Pertama kalinya saya mengalami masalah ini, tiba-tiba smartphone tidak bisa konek ke wifi, alangkah borosnya data jika setiap hari menggunakan kuota sendiri, sedangkan pekerjaan harus online tiap jam. Lalu ternyata merambah ke app bluetooth, juga tidak bisa on selalu off.

Masalah ini baru saja saya alami, dan dalam pikiran saya melakukan tips reset kepengaturan pabrik sudah bisa namun ternyata belum bisa. Lalu ternyata dengan tips dari teman saya, hanya menunggu beberapa menit saja bisa kembali normal tanpa kehilangan data, app, kontak dan lain sebagainya.


Yang hilang hanya inbox sms, itu tidak masalah menurut saya. Jika kamu sedang mengalami masalah ini tentu membingungkan jika belum tahu caranya. Malah Masalah ini salah satu kelemahan dari android, teman saya mengklaim karena virus, padahal hampir setiap hari menggunakan app pembersih sampah dari bawaan android dan master cleaner.

Ada beberapa petunjuk yang bisa kamu coba, berikut ini:
  • Melakukan Root Android. Ini tidak mungkin saya lakukan karena sulit dan belum berpengalaman, akhirnya cara root tidak saya lakukan.
  • Kembali Kesetelan Pabrik. Ini sudah saya lakukan namun tetap saja belum mumpuni, menurut sumber lain, cara ini sudah bisa memperbaiki wifi dan bluetooth yang eror, namun kali ini diterapkan ke smartphone saya masih gagal.
  • Factory Reset. Ini yang berhasil saya coba.

Cara ketiga inilah yang saya coba dan dipandu oleh teman saya. Nah, kali ini saya akan memberikan petunjuknya kepada kamu yang mempunyai masalah android yang sama yakni wifi dan bluetooth selalu off tidak bisa on.

Masalah lain dari adanya wifi dan bluetooth tidak berfungsi karena virus akan berdampak ke fitur lainnya seperti yang saya alami:
  1. Tidak bisa membuka google playstore
  2. Tidak bisa menambahkan akun google pada Android
Baca juga : Tips Cerdas Mencegah dan Menghilangkan Virus Paling Bandel dari Internet
Panduan Factory reset sebagai berikut:

#1 Patikan HP dalam kondisi isi baterai minimal 90%

Saat akan melakukan Factory Reset Android yang wajib kamu perhatikan adalah isi baterai Hp kamu, agar saat proses Factory Reset tidak berhenti yang menyebabkan Hp jadi eror total.

Kamu bisa mengisi baterai Hp kamu terlebih dahulu hingga penuh, atau isi saja hingga 60% lalu melakukan Factory Reset dengan Hp tetap tercolok dengan adaptor Hp (cas Hp).

#2 Pencet Tombol "Power On Off" + "Volume -" + "Volume +"

Cara kedua ini adalah cara masuk melakukan Factory Reset android. Tekan ketiga tombol itu secara bersamaan setelah hp dalam keadaan mati, tunggu beberapa detik hingga muncul mode tatap muka sistem adroid.

Nah disana akan banyak menu, kamu bisa mencarinya menu "Factory Reset", lalu buka kunci dengan menggeser kunci dari kiri kekanan. Nah, lihat! Hp akan melakukan Factory Reset secara total.

langkah pertama
Langkah I
Setelah itu pilih dan klik "Wipe", maka akan tertuju ke halaman berikut.

langkah kedua

Setelah itu geser "Swipe to Factory Reset" dari kiri ke kanan.

Agar data kamu tidak hilang, seperti kontak, file, foto dan lain-lain, sebaiknya sebelum melakukan Factory Reset, kamu dapat melakukan backup Hp terlebih dahulu.

#3 Tunggu Proses Factory Reset Selama 20-30 menit

Proses Factory Reset memang lama, dimulai setelah kamu menggeser Swipe to Factory Reset dari kiri ke kanan, butuh waktu yang senggang saat kamu melakukan tips ini, jadi tidak boleh terburu-buru. Saran saya lakukan cara ini saat kamu sedang istirahat dan tidak ada yang mengganggu karena butuh waktu lama. Agar semua app smartphone kamu kembali seperti semula, maka cara yang terbaik adalah diarea wifi, nanti jika selesai proses Factory Reset maka akan ada pilihan mengaktifkan wifi untuk mengembalikan semua app yang pernah kamu instal sebelumnya.

Beres. Wifi normal, pasti bluetooth juga normal, coba buktikan sendiri, lihat hasilnya.

Cara ini adalah pengalaman pribadi saya saat memperbaiki wifi dan bluetooth pada Hp android saya yang tidak bisa digunakan yang ditandai dengan "off", tidak bisa "on", bisa di on kan pun akan kembali lagi off.

Jika ketiga cara diatas sudah kamu coba namun masih saja belum berhasil, bisa dipastikan ada kerusakan pada hardware nya. Jika masih ragu-ragu pergi ke toko service Hp, untuk membuktikan jika hp kamu sedang mengalami masalah hardware.

Namun, sebelum kamu pergi ke toko service sebaiknya cari informasi terlebih dahulu sebelum mengeluarkan uang untuk service, barangkali ada tips lainnya yang bisa membantu masalah itu. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Aturannya berkomentar sbb:
1. Jika bertanya yang baik.
2. Tidak boleh spam/Link Hidup.
3. Bertanya yang jelas nggak memakai singkatan yang sekiranya sulit dipahami.
4 Bisa bertanya bisa menjawab.
5. Itu aja persyaratannya.
6. Akan disetujui