Tips Cerdas Berbisnis yang Paling Cepat Berkembang


Banyak orang yang menginginkan bisnis pertamanya cepat melesit berkembang agar meraih untung yang besar dan didapat dengan waktu yang singkat namun sedikit dari mereka yang berhasil bahkan mungkin ada orang yang punya banyak ide usaha ingin memulai usaha pertamanya dan terkadang idenya terlalu buanyak, saking banyaknya ide sehingga tidak ada satu pun ide usaha yang dijalankan.

Jika semua ide itu bisa berjalan, pastinya dia punya modal besar (masalah umum).

Lalu bagaimana yang modalnya kecil ?

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas khusus untuk kamu yang minim modal untuk memulai usaha yang cepat berkembang dan menguntungkan..

Apa ada cara usaha yang cepat berkembang dengan modal kecil ?

Iya betul Ada.

Sebelumnya saya mau tanya.

Kenapa sih kamu Ngotot Banget Mau Jadi Pengusaha ?

Sedikit catatan dibawah ini harus kamu pahami, bila perlu di ketik ulang, huruf kapital, dikasih tanda seru, diberi bintang dan biar kamu tidak lupa dibawahnya dikasih Love besar yang ditusuk dengan panah merah.. _^^_

Begini..

Kalo kamu tidak sabaran, judes, tidak punya empati, pemarah dan lain-lain sebaiknya jangan dipaksakan jadi pengusaha sukses. kalau pun kamu nantinya jadi pengusaha sukses, untuk sukses dan dikenal banyak orang belum tentu bisa terwujud.

Sama seperti berbisnis yang cepat berkembang apalagi untuk pemula.

Kamu harus siap untung, siap rugi, siap bangkrut. Jika berbisnis yang enak-enak saja tidak perlu saya tunjukkan. Info ini khusus untuk yang merintis usahanya ingin cepat berkembang.

Pada umumnya peluang bisnis yang menjanjikan adalah yang banyak susahnya dari pada enaknya, ini yang membuat banyak orang tidak tahan. Kamu harus bisa stay dan terus mempertahankannya, jangan putus asa yang akhirnya ya akan bangkrut total alias gulung tikar.

Lalu jangan malu berbisnis yang tidak sejalan dengan background studi, mau lulusan apapun kamu urusan berbisnis tidak mengenal titelnya. Berbisnis yang cepat berkembang adalah dia yang telaten dalam melakukan pekerjaan bisnisnya dengan senang, ada hoby disitu dan punya bakat, tidak gampang mengeluh dan siap untung, rugi dan bangkrut. Karena jika kamu telaten dan tidak gampang ngeluh maka untung akan mendominasi kamu. Percayalah.


Orang yang ingin cepat kaya bisa ditebak mereka sudah mencoba berbagai cara supaya duitnya cepat banyak.

Nah,bagi pemula usaha, memperbanyak duit hal yang mustahil.

Bagaimana tidak mustahil, pasalnya duit gampang nguap alias sulit ngumpul.

Lalu bagaimana untuk modal usaha ! kalo kamu tidak bisa merencanakan kapan mulai usaha.

Tuliskan hari, tanggal dan tahun memulainya. Itu akan memicu duit cepat berkumpul sesuai rencana.

Misalkan, kamu adalah karyawan.

Tapi kamu kepingin banget nih untuk resaign karena iming-iming bisnis ini itu yang sepertinya lebih menguntungkan.

Apalagi dipicu omongan keluarga yang tidak jelas, “masa sudah sarjana, gak mau jualan di pasar-pasar, gak mau panas-panasan, kapan suksesnya !” dan lain sebagainya, cuekin saja dulu.

Nah disini peran kamu untuk gentle, artinya sabar dan tidak menghiraukan omongan sekitarmu apalagi terpengaruh gaya hidup, FOKUS PADA RENCANAMU, sesuatu yang harus dihindari bagi kamu yang ingin sukses adalah menunda kesenangan sementara.

Sampai sini apakah setuju ? jika tidak, tinggalkan tulisan ini, sekarang ! _^^_

Jika setuju luangkan waktu untuk membaca bacaan ini sampai rampung ya..

Saya akan membantu membuka ide bisnis yang menjanjikan yang bisa kamu coba untuk merintis karir yang lebih baik.

Begini..

Menurut saya, berkembang atau bangkrutnya dalam berbisnis tergantung pada yang menjalankannya. Terkadang banyak yang pesimis untuk berbisnis apalagi bisnis tersebut adalah bisnis yang sesuai dengan hobi kamu namun karena sudah banyak yang melakukannya bahkan dimana-mana ada model bisnis itu maka takut untuk memulainya.

Padahal bisnis yang dominan dilakukan disekitarmu itulah yang menguntungkan, tinggal bagaimana membuat bisnis itu lebih cepat berkembang dan menguntungkan.

Caranya :

#Paksakan untuk Memulai Bisnis Kesukaan Kamu


Paksakan dirimu untuk segera action, jika kamu karyawan maka sisihkan gajimu dan gunakan untuk memulainya. Berikan kepada istri atau siapapun itu untuk memulainya, yakinkan lah dia dan berikan kewajiban serta haknya yang jelas dan kamu harus konsisten dengan ucapanmu, jangan PHP in dia, istilahnya “win win solution” walaupun itu istrimu.

#Kamu Harus Larut dalam Bisnis Kamu


Bagaimana mungkin seseorang mengharapkan usahanya maju, kalo dia sendiri jarang terlibat dalam aktivitas usahanya, lama-lama akan gulung tikar apalagi bagi pembisnis pemula, wajib hukumnya kamu selalu aktif dalam bisnismu meskipun yang mengelola adalah istrimu, beri dia semangat dan harapan yang menjanjikan.

Begini gambarannya agar lebih gamblang..

Bisa bayangkan kalo kamu sebagai pelatih petinju hanya menyuruh muridmu berlatih saat akan ada pertandingan ?

Atau seorang master chef yang menyuruh partner sibuk memikirkan menu-menu ketika terima order ?

Mau ada pertandingan atau tidak, seorang pelatih petinju harus mau mempersiapkan muridnya untuk berlatih memukul sansak tiap hari.

Seorang master chef harus tetap ada di dapur bersama partnernya untuk meracik bumbu secara konsisten.

Kamu pun demikian, toko kamu mau ramai atau mau sepi, kamu harus komit memberikan hati dan pikiranmu untuk usaha yang sedang kamu jalankan.

Bagaimana mungkin seseorang mengharapkan usahanya maju, kalo dia sendiri jarang larut dlm aktivitas usahanya.

Pisau yang tidak diasah akan hilang tajamnya kalo sudah lama tidak dipakai. Begitu juga dengan kemampuan kamu, jika jarang dipakai ya bakalan tidak bisa berkembang.

Ada lagi yang modern, yakni bisnis online, mungkin sudah tidak asing lagi buat kamu.

Cara diatas dimulai dengan usaha nyata sudah tentu lebih banyak modal yang harus disishkan dari gajimu. Namun kalo cara bisnis online minimal 20% dari gaji bisa dijalankan dengan mudah seperti reseler toko online, beli barang kemudian diperbaiki atau diberi nilai tambah dan dijual kembali.

Jangan cari untung besarnya dulu..

Anggap saja proses itu adalah proses dimana kamu akan menemukan passion bisnis kamu yang tepat, istilahnya latihan jualan online dulu, baru akan merasakan hasil besarnya. Ini akan memaksa otak untuk berfikir, bagaimana caranya bisa menambah income.

Ada kepuasan tersendiri jika kamu merasakan lelah dan penat karena kerja keras untuk hal produktif yang kamu niatkan. Bukan hanya saat mencapainya, tapi proses perjalanannya itu yang akan membedakan mental kamu.

Dari semua ide bisnis yang kamu jalankan agar cepat berkembang dan maju ada tipsnya. Tips ini saya dapat dari “facebook Peluang Usaha” dan bisa anda pelajari untuk dijadikan pedoman kamu yang ingin sukses cepat.

#Menjadi pengusaha itu life calling, panggilan hidup yang mulia, jangan jadikan sebagai keterpaksaan


Memang semua tindakan termasuk berbisnis apabila melakukannya tanpa didasari hobi maka akan semacam ada keterpaksaan. nah, masalahnya disini adalah dorongan kebutuhan hidup, artinya kamu harus berbisnis untuk mencari keuntungan untuk pemenuh kebutuhan hidup. Jika belum siap berbisnis maka jangan dipaksa, masa ini biasanya pada usia pra remaja hingga remaja yang masih disibukkan dengan studi, kuliah dan lain-lain.

Namun, akan berbeda jika menginjak usia-usia tertentu yang harus terpaksa memenuhi kebutuhannya sendiri, lepas dari ketergantngan orang tua, akhirnya mau tidak mau harus berbisnis sesuai hobi. Berbisnis yang sesuai hobi memang akan lebih cepat berkembang. Sedangkan hobi juga bisa didapat dari luar jati diri kamu.

Misalkan, kamu melihat orang pintar mencari duit lewat internet, sedangkan kamu tidak, karena teriming-imingi dengan jumlah penghasilan dari online, kamu pergi privat dan melakukan bisnis yang sama. Akhirnya jadi hobi karena merasakan untungnya.

#Kesuksesan Usaha Kamu Datangnya dari Tuhan dan diwujudkan Dalam Tindakan


Berbisnis yang baik wajib didasari dengan memohon kepada Tuhan. Ini sepertinya semua orang sudah tentu yakin bahwa semuanya tergantung padaNya jadi selalu andalkan Dia dalam setiap usaha kamu.

Ada tagline yang bagus, “Perbandingan doa dan usaha itu 1:10 artinya doa tanpa usaha tidak akan sempurna sedangkan usaha tanpa doa tidak akan berkah”, intinya semua tindakanmu dalam berbisnis harus dipagari dengan do’a. Dan jangan lupa untuk disedekahkan sebagiannya untuk anak yatim atau siapapun selain keluargamu, karena keluarga sudah pasti harus kamu beri.

Kalo kita mau menolong orang lain maka kita akan ditolong oleh-Nya termasuk meng ACC do’a mu.

#Usaha memang memerlukan perencanaan, namun yang jauh lebih penting adalah komitmen kamu untuk segera memulai usahanya


Banyak keluhan setiap orang selalu gagal dalam bisnisnya karena tidak disertai rencana atau sudah dengan rencana namun kurang tajam sehingga masih saja gagal alias gulung tikar.

Namun, yang demikian itu wajar karena disini sebagai pemula bisnis. Hal ini bukan menjadi kendala buat kamu untuk selalu bertahan disertai analisa saat kamu gagal. List semua penyebabnya untuk memulai bisnis baru atau memperbaiki bisnis lama dengan strategi baru.

Bagaimana strateginya. Anda bisa mencari referensi buku yang tepat seperti yang dibuat oleh Bapak Solo a.n Tung Desem, atau jika melalui internet bisa mengunjungi situs yang terpercaya.

Nah, kalo ribet untuk membeli buku dan mencari diinternet, disini akan saya beri kesimpulannya.

Begini Strateginya..

Mulai dari tujuan usaha kamu, apa produk yang kamu tawarkan, target pelanggan kamu, bagaimana pelanggan mudah menemukan produk kamu, manajemen usaha kamu, strategi operasional dan strategi pemasaran produk.

Semua itu harus kamu list dengan baik dan jelas.

#Bermimpi dan buat target untuk sukses. Target ini penting untuk memberi semangat dalam berbisnis


Membuat target memang mampu memicu kamu lebih semangat untuk bekerja keras namun harus dimulai dari yang masuk akal. Misalkan, kamu menjalankan bisnis UKM keripik singkong dengan target beli rumah sederhana kisaran harga 150 juta.

Begini rinciannya:

Jual keripik singkong pedas setiap bungkus dihargai 1000 rupiah, dengan estimasi untung bersih per bungkus adalah 300 rupiah. Maka perbulan harus produksi sebanyak 5000 bungkus untuk mendapatkan untung bersih 2.5 juta perbulan.

Saya anggap kamu sudah punya dana untuk usaha ini, asumsi yang baik, besar untung yang kamu rencanakan sama dengan besaran modal yang untuk memulai usaha. Berarti kamu butuh modal 2.5 juta.

Sisihkan untung bersih kamu 25% nya, jadi sisanya yang 1.5 juta untuk kebutuhan lain.

Disini.. saya anggap saja marketing kamu sudah bagus.

Maka selama setahun akan terkumpul uang 12 juta, 5 tahun terkumpul 50 juta rupiah.

Berarti masih kurang 100 juta. Masih jauh dari total dana untuk rencana beli rumah. Jangan tergiur dulu untuk beli selain target kamu, ingat itu ya!

Nah, sekarang kamu harus mampu membuat bisnis yang lebih kreatif, menguntungkan dan mudah untuk kamu lakukan. Gunakan 50% nya dari hasil itu, yang 25 juta tetap kamu tabung. Misalkan saja keuntungan perbualan naik menjadi 5 juta maka estimasinya berikut ini:

– Hasil bersih 5.000.000
– Kebutuhan anggap saja naik 10 persen jadi hasil bersih 3.300.000
– Selama 3 tahun terkumpul 118 juta rupiah

Jumlah total kekayaanmu saat ini adalah 143 juta (118 juta plus 25 juta).

Target punya rumah seharga negoisasi 150 juta terwujud selama 8 tahun menunda kesenangan sementara, tinggal nego saja rumah yang kamu idamkan seminimal mungkin dibawah 143 juta.

#Tentukan jenis bisnis yang akan dimulai, disarankan agar sesuai dengan minat bisnis/hobby dan kemampuan


Bisnis yang cepat melonjak adalah yang sehobi kamu, diatas adalah hanya gambaran bisnis keripik singkong. Kamu bisa melakukan hal yang sama dalam menentukan target dan lamanya target digapai. Bisnis yang kamu kerjakan akan bertambah semangat. target pun akan mudah digapai.

#Ingin memulai usaha harus berani ambil risiko, kalau tidak berani ambil risiko, jangan buka usaha


Semua orang pasti takut resiko, coba tanya orang disekitarmu yang sukses, apa dia mau selalu menghadapi resiko dalam bisnisnya, tentu tidak!

Perencanaan yang baik, resiko masuk pada perencanaan, sehingga terdapat beberapa solusi tentang resiko itu jika benar-benar terjadi. Intinya rencana yang matang akan meminimalisir kerugian.

#Harus miliki konsep dari awal bahwa kepuasan konsumen merupakan prioritas, bukan cuma ladang profit semata


Tujuan bisnis kamu apakah untuk jangka pendek atau jangka waktu tertentu ?

Namun bisnis yang baik adalah bisnis jangka panjang, bisa dijalankan dimaapun dan kapanpun. Sehingga jenis bisnis ini biasanya mengutamakan kualitas produk dan kamu tentunya harus menjadi orang paling ramah dan sabar menghadapi banyak konsumen yang menanyakan tentang produk kamu. Jelaskan apa adanya namun memicu orang untuk beli produk kamu.

Mahal tidak menjadi masalah, yang penting kualitasnya sesuai dengan harga yang kamu tawarkan, pembeli akan tidak kecewa. Percayalah! saya juga pernah menjadi pembeli.

Tips lainnya yang juga penting untuk kamu yang memulai bisnis, diantaranya:

  1. Dalam usaha harus mau terima komplain konsumen, kalau tidak mau terima komplain konsumen, jangan buka usaha.
  2. Lakukan kolaborasi dengan partner usaha, ini penting untuk meningkatkan efisiensi dan membuat inovasi.
  3. Usaha yang kita buat harus terus belajar. Belajar semakin baik melayani konsumen dan membuat produk berkualitas.
  4. Menjalankan usaha itu perlu komitmen 100 persen. Jangan setengah-setengah nanti hasilnya juga setengah-setengah.
  5. Jangan jadikan konsumen hanya sebagai ladang profit, jadikan konsumen sebagai partner. Minta feedback untuk bisnis kedepannya.
  6. Jangan menyerah ketika bisnis kita mengalami kendala. Jadikan kendala sebagai batu loncatan untuk sukses.
  7. Kesuksesan berhenti bukan ketika kita gagal, kesuksesan berhenti ketika kita menyerah.
  8. Hal penting dalam usaha: buatlah produk yang lebih baik dari pesaing atau yg lebih murah tapi tetap berkualitas.
  9. Jangan pernah menganggap enteng pesaing. Ingat pesaing bukan musuh melainkan motivasi untuk berkembang.
  10. Tentukanlah visi dalam bisnis, gambarkanlah akan seperti apa bisnis kita 3 tahun ke depan.
  11. Pertahankan kualitas terbaik, banyak konsumen lari ke pesaing karena kualitas layanan & produk kita menurun.
  12. Carilah differensiasi dari produk kita dan jadikan bisnis kita berbeda dan lebih baik dari produk pesaing.
  13. Usaha yang sukses adalah usaha yang diwujudkan bukan direncanakan saja.
Dari sekian banyak tips diatas harapannya bisa membantu bisnis kamu cepat berkembang dan terkenal dengan feedback yang positif. Bisnis itu jangka panjang bukan sekedar dijalankan 1-5 tahun saja namun hakikinya bisnis adalah untuk masa depan kamu dan keluarga-keluarga kamu. Akan lebih baik bisnis itu bisa diturunkan untuk Anak dan cucu-cucu kamu kelak.

No comments:

Post a Comment

Aturannya berkomentar sbb:
1. Jika bertanya yang baik.
2. Tidak boleh spam/Link Hidup.
3. Bertanya yang jelas nggak memakai singkatan yang sekiranya sulit dipahami.
4 Bisa bertanya bisa menjawab.
5. Itu aja persyaratannya.
6. Akan disetujui