Menemukan Potensi Diri Sendiri yang Terpendam Dengan Mudah

Kalo kamu mau sukses maka harus melihat kemampuan kamu dulu, list semuanya, baru kamu memulainya dari yang paling kamu suka, apapun itu. Kesuksesan dimulai dari mengerjakan sesuatu yang bermanfaat dan ada hasilnya, baik bagi orang lain dan kamu.

Saya menduga kenapa kamu ingin sukses ?

Tidak lepas karena kamu melirik teman sebelah yang sukses atau termotivasi oleh media internet karena banyak orang yang menuliskan pengalamannya tentang kesuksesan dalam hidupnya disana sehingga kamu punya niat ingin menirunya, nah ini yang keliru menurut saya, karena kamu berbeda, kalaupun sama kamu akan menjadi sukses atau paling tidak sudah lama berpartner dengan dia.

Siapapun bisa menjadi sukses termasuk kamu. Hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu adalah potensi, setiap diri seseorang termasuk kamu pasti mempunyai potensi masing-masing, kamu akan kesusahan atau bahkan tidak akan pernah bisa meniru cara sukses orang lain jika kamu tidak mempunyai potensi disana, ketahui lebih detail potensimu untuk dijadikan perjalanan sukses kamu nanti, tidak harus meniru jalan kesuksesan yang kamu lihat, fokuslah pada potensi diri kamu dulu.

Bingung ! potensi dalam diri kamu ?

Begini cara mencari potensi yang cepat untuk kamu ketahui.

Saya mulai dari contoh konkritnya dulu..

Saat saya masih studi perguruan tinggi ingin punya penghasilan tambahan, kerja jadi karyawan tidak mungkin karena saya tahu akan memperlambat waktu lulus saya, lalu ingin sekali mempunyai penghasilan online. Potensi saya tentang mencari penghasilan secara online sudah ada namun potensi itu belum jelas dan masih tersembunyi diwaktu itu. Beberapa teman kuliah banyak berguguran dan gagal namun sebaliknya sekarang saya masih melakukannya, saat ini menjadi digital marketing sebuah perusahaan rekayasa mesin agroindustri.

Nah, sekarang coba lihat diri kamu, apa kebutuhan kamu lalu cari cara yang menurut kamu lebih mudah yang kamu suka untuk meraih kebutuhan itu.

Jika yang kamu lakukan untuk meraih tujuan kebutuhan kamu itu merupakan pekerjaan yang kamu suka maka itu tandanya potensi kamu ada disitu, gali lebih dalam jangan putus asa dan terus bersabar walaupun jatuh bangun, ini hal yang wajar.

Jika kamu ingin sukses menjadi pengusaha sukses maka kamu harus siap untung, rugi dan bangkrut, kalau tidak mau jangan jadi pengusaha sukses, banyak orang yang tidak tahan dengan masalah ini akhirnya tidak bisa fokus, pindah model berbisnis ini dan itu, akhirnya tetap tidak sukses.

Ingat fokus adalah penting.

Dan ingat sekali lagi, jadi pengusaha sukses harus siap untuk, rugi dan bangkrut. Dengan kejadian ini akan membuat kamu memaksa untuk berfikir.

Kembali ke masalah..

Bakat tersembunyi kamu dapat diperguakan untuk mendukung kreatifitas sehari-hari lebih maksimal, mulai dari hal terkecil hingga urusan pekerjaan, bahkan wiraswasta. Bayangkan jika ternyata kamu berbakat untuk bidang tertentu, tetapi selama ini kamu lebih banyak berputar-putar dibidang lain. Itulah salah satu penyebab mengapa ada orang yang pada masa tertentu tiba-tiba saja menjalankan bisnis yang tidak pernah dilakukan sebelumnya, tetapi boom! Sukses. Karena mereka baru saja menemukan dan menggunakan bakat tersembunyinya. Bakat tersembunyi bisa kamu manfaatkan untuk banyak hal, entah itu untuk membuat produk atau jasa yang ingin kamu kembangkan, bahkan untuk menambah jaringan hubungan.

Ada beberapa tips agar potensi kamu bisa jelas untuk diketahui.

#Dengarkan Ucapan Teman Kamu


Ini bukan nasehat dari orang lain namun lebih ke hal positif tentang diri kamu yang mereka rasakan. Kadang orang lain saking akrabnya dengan kamu, mereka berbisik tentang potensi kamu namun kamu belum sadar bahwa kamu punya potensi itu atau kamu sudah berkali-kali mendengarkannya namun mengabaikannya atau tidak menganggap begitu serius.

Sekarang saatnya kamu mulai mendengarkan ucapan teman kamu.

Ini harus kamu perhatikan, orang lain bisa jadi lebih mengenal kelebihan dan kekurangan kamu, kelebihan inilah sebuah potensi yang ada dalam diri kamu, harus kamu gali dan perdalam potensi itu.

Mungkin pernyataan ini masih general, saya beri penjelasan yang lebih mengena.

Perhatikan contohnya..

Kamu punya banyak teman, mereka sudah faham betul tentang sifat dan sikapmu sehari-hari, lalu ada bisikan dari mereka kalau kamu seorang pendiam namun banyak tindakan.

"si Budi itu sedikit ngomongnya namun dia banyak tindakannya tidak asal ngomong"

Itu salah satu kelebihan kamu dan berpotensi sekali untuk berbisnis, karena bisnis itu butuh tindakan tidak hanya omongan.

Lalu bisnis apa yang tepat ?

Jangan menjadi dagang, karena disana bukan tempat potensi kamu, kamu bisa mencari model bisnis yang tidak membutuhkan banyak oral seperti praktisi, banyak praktek ketimbang berbicaranya, jika kamu tetap ngeyel menjadi dagang akan sulit untuk sukses, bisapun membutuhkan waktu yang sangat lama untuk sukses.

#Awali Sesuatu Yang Paling Mudah Dahulu Untuk Kamu Lakukan


Melakukan pekerjaan sudah pasti dimulai dari yang kamu tahu dan yang mudah dikerjakan dari hobi-hobi kamu. Belum tentu hal yang mudah dikerjakan menurut kamu juga mudah menurut orang lain. Mungkin kamu pernah melihat orang sangat kesulitan sekali melakukan hal yang sama sepertimu bahkan kamu pernah menjumpai mereka hingga kursus hanya ingin seperti kamu, begitu sulitnya pekerjaan seperti yang kamu lakukan. Namun bagimu, hal itu biasa saja bahkan mudah kamu lakukan, berarti kamu punya potensi besar dibidang itu.

#Carilah Sesuatu Dalam Pekerjaan Yang Menurut Kamu Bisa Sambil Dinikmati


Ini biasanya terjadi pada jenis orang yang cerdik, banyak ide bisnis yang ada dipikirannya dan sering muncul ke permukaan namun tak satu pun yang bisa dilakukan, banyak hal yang menghambatnya seperti waktu, biaya maupun alat. Besar kemungkinan aktifitas yang berawal dari sumber ide itu adalah potensi. Jika kamu pernah mengalami demikian, besar kemungkinan itu adalah potensi kamu namun tidak ada jaminan pasti bahwa yang kamu sukai merupakan bakat tersembunyi kamu, tetapi sering dijumpai bakat itu diantara aktifitas kamu yang belum jelas itu.

#Temukan Sesuatu Yang Sering Kamu Bicarakan


Pernah kamu seketika menjumpai sesuatu atau melihat sesuatu yang menurutmu asik dan bermanfaat lalu kamu menelusurinya, hingga kamu sering membicarakannya. Kamu mencari tahu tentang sesuatu itu dengan teman-teman mu yang sejalan dengan masalah itu, sehingga permasalahan itu menjadi topik trend bagimu, itu pertanda kamu mempunyai potensi disana atau setidaknya ada kaitannya dengan potensimu.

#Tanyakan Pada Sekitarmu "Menurut Kamu Apa Bakatku?"


Pertanyaan ini bisa jadi aneh menurut sebagian teman disekitarmu, namun jelaskan jika kamu ingin memperdalam potensi yang ada untuk dijadikan sesuatu yang bermanfaat, tentu yang ada hasilnya.

Kenapa harus bertanya pada orang lain ?

Karena bisa jadi mereka yang memberikan penialaian obyektif, kasarannya tidak main-main, bisa teman yang sering kali bersama kamu atau tetangga kamu namun selain pacar atau pasangan, karena justru ia berpendapat tidak obyektif, lebay.

Beri pertanyaan kemereka dan cata dengan rapi, lalu fahami semuanya untuk dijadikan referensi menemukan potensi kamu sebenarnya, paling tidak pertanyaan itu bisa menjadi motivasi kamu dalam menemukan bakat tersembunyi.

Banyak potensi tersembunyi jika kamu tidak sadar akan potensi yang ada maka itu tidak mungkin menjadikan hasil positif, dalam hal ini adalah keuntungan, baik kamu dan orang lain. Percayalah, semua orang termasuk kamu bisa sukses, bisa menjadi pengusaha muda, bisa menjadi entrepreneur muda. Kunci utamanya adalah menggali lebih dahulu bakat dirimu kemudian menerapkannya dengan sabar, telaten dan kontinu, yakin bahwa memaksimalkan potensi itu adalah jalan menuju kesuksesan.

No comments:

Post a Comment

Aturannya berkomentar sbb:
1. Jika bertanya yang baik.
2. Tidak boleh spam/Link Hidup.
3. Bertanya yang jelas nggak memakai singkatan yang sekiranya sulit dipahami.
4 Bisa bertanya bisa menjawab.
5. Itu aja persyaratannya.
6. Akan disetujui