Ciri-ciri 4 Bisnis Online/Net dengan Modal Kecil Potensi Menguntungkan Banget


Semua orang termasuk kamu pasti menginginkan mempunyai bisnis yang bisa diandalkan agar kebutuhannya tercukupi, bisa punya rumah, kendaraan idaman dan lain sebagainya.

Kenyataannya tidak semudah itu untuk memenuhi gaya hidup, sulit menggapainya bahkan selalu gagal menggapainya, hanya sebuah impian belaka _^^_

Sementara.. tinggalkan dulu gaya hidup kelas atas itu

Patut untuk kamu ketahui lebih dahulu, semua kebutuhan gaya hidup kamu akan tercapai dengan mulus jika kamu sudah mempunyai bisnis yang menjanjikan, paling tidak minimal 8 juta bersih perbulan kamu bisa memenuhi keinginan gaya hidup. Pernyataan ini saya cuplik dari tokopedia, dengan penghasilan 8 juta perbulan minimal akan bisa mencukupi kebutuhan plus-plus kamu seperti hoby berbelanja, nonton bioskop, makan di restoran, traveling dan lain-lain.

..Menuruti gaya hidup tidak ada habisnya bukan !

Kira-kira bisa tidak mempunyai penghasilan bersih 8 juta rupiah dari bisnis modal kecil ?

Bisa.

Ingat semua pengusaha sukses saat ini yang kamu lihat berasal dari bawah, dimulai dari tekad dengan modal terbatas, ditekuni, dikerjakan dengan telaten, konsisten dan akhirnya kesuksesan akan tercapai, percayalah.

Waktu lamanya sukses tergantung yang menjalankannya, semakin semangat dan teliti akan lebih cepat sukses.

Nah, jadi semua berawal dari hal yang kecil, modal kecil.

Dari banyak kasus yang saya ketahui kegagalan memulai bisnis karena banyak mempertimbangkannya seperti :

Pertama, peluang usaha bisnis itu tidak menjanjikan


Akhirnya dia berusaha untuk menjadi pegawai, kerja tidak terlalu berat, gaji pasti, ada tunjangan pensiunnya di hari tua dan lain-lain. Baik pemikiran itu adalah wajar, namun bagi kamu yang ingin sukses maka kamu harus hoby menghadapi masalah karena bisnis itu banyak masalahnya, kamu harus selalu larut dalam menjalankan bisnis kamu, jika kamu ingin benar-benar menjadi orang sukses.

Bisnis justru lebih menjanjikan berkembang lebih besar daripada pegawai.

Kedua, bisnis itu harus modal besar baru bisa jalan


Ingat pernyataan saya diatas, tidak semuanya bisnis harus bermodal besar yang akan bisa jalan mulus, bahkan banyak penerus bisnis orang tua mereka yang telah meninggal namun perusahannya jadi bangkrut total alias gulung tikar.

Itu berarti..

Tidak semua bisnis bermodalkan besar akan bisa semakin berkembang dan semakin sukses, itu tidak.

Terus..

Yang menjadikan sukses adalah mengerjakan pekerjaan dengan hoby, telaten, konsisten dan teliti, lalu jangan lupa tertib ibadan dan do'a.

2 Cara berfikir diatas itulah yang selalu menunda-nunda berbisnis padahal bisnis bisa dikerjakan tanpa modal besar.

Apalagi bisnis online bisa dikerjakan dengan modal terbatas !

Nah, bagi kamu yang ingin sukses, ada 4 ciri bisnis online yang patut untuk kamu mulai sekarang, tanpa butuh modal besar kamu bisa memulainya.

Kenapa saya sarankan untuk memulai bisnis online ?

Disana peluangnya sangat besar bahkan tanpa batas, bisa dimulai dengan modal terbatas namun pasarnya sangat luas.

Intinya bisnis online mempunyai potensi sangat besar.

Ide bisnis mana yang harus kamu lakukan ?

Kamu bisa memilih sesuai dengan hoby dan kemampuanmu, silahkan scrool kebawah untuk melihat peluang bisnis online apa saja yang sesuai dengan hoby dan kemampuan kamu yang akan kamu jalankan setalah membaca artikel ini.

Namun, jika kamu sudah menyimpan rencanya model bisnis online, kamu tidak perlu untuk scrool kebawah yang harus memakan banyak waktu.

Ada 4 poin penting yang patut kamu ketahui untuk memulai bisnis itu.
  1. Membuat lapak online terpercaya pihak ketiga
  2. Ada foto produk, foto sendiri lebih natural, bebas watermark.
  3. Membuat website berbayar, bisa nanti saja, karena modal sangat terbatas.
  4. Promosi sosial media

Dari 4 poin diatas yang menjadi stressing point adalah poin ke 4 "promosi sosial media".

Saya anggap kamu punya smartphone, karena bisa jadi melihat blog ini dengan smartphone kamu _^^_

Poin 1 dan 2 tidak butuh modal, gratiss ! membuat lapak online pihak ketiga bisa di (Tokopedia, Bukalapak, Kaskus FJB, Shopee dan eBay (internasional).

Kenapa harus disana ?

Orang yang akan membeli produk kamu akan lebih aman, karena ada sistem rekber (rekening bersama), lapak pihak ketiga akan mengirimkan uang ke rekening kamu setelah pembeli menerima barang yang kamu jual.

Singkat sistemnya begini..
  1. Kamu upload produk
  2. Ada orang membei produk kamu, lalu transfer uang ke rekening perusahaan lapak online tersebut
  3. Kamu akan dihubungi perusahaan lapak online itu kalau ada pembeli sudah transfer uang
  4. Kamu kirim barang ke alamat pembeli
  5. Pihak perusahaan lapak online akan mengirimkan uang ke rekening kamu jika barang sudah sampai ke pembeli kamu

Singkatnya begitu, kamu tidak perlu memikirkan bagaimana pembeli tidak jujur "barang tidak sampai" jika barang yang kamu kirim itu sebenarnya sudah sampai tujuan.

Perusahaan lapak online atau dikenal dengan perusahaan marketplace sudah sangat berpengalaman tentang sistemnya, jadi tidak akan terjadi pada kamu jika ditipu oleh pembeli, percayalah.

Silahkan kamu mulai bisnis online sekarang, jangan ditunda-tunda hingga besok yang akhirnya tidak akan pernah memulai _^^_

Namun jika masih bingung memilih peluang bisnis online yang akan kamu mulai, bisa membaca artikel ini hingga selesai, kamu bisa menentukan pilihan yang tepat sesuai hoby dan kemampuan kamu. Saya akan review ciri-ciri 4 peluang bisnis online yang mempunyai potensi menguntungkan banget.

Baca juga : Tips Cerdas Berbisnis yang Paling Cepat Berkembang

#1. Berjualan Di Lapak Online Pihak Ketiga "Marketplace"


Tokopedia, Bukalapak, Kaskus FJB, Shopee dan eBay adalah perusahaan pasar online atau marketplace. Berjualan disana bebas namun kamu tetap mematuhi peraturannya, sebelum terjun ke dunia pasar online harus faham betul tentang cara mainnya, pahami semua aturannya hingga kamu benar-benar faham seluk beluknya.

Pasti kamu akan puyeng membaca peraturan perusahaan marketplace, apalagi masih baru akan memulainya seperti pemula, bisa dipastikan lebih dulu minder lalu menunda-nunda karena saking banyaknya aturan yang ada di marketplace tersebut.

Jangan khawatir, kamu tidak perlu membaca secara detail, kamu akan pusing. Saya beri rahasianya jika mau bermain disana.
  1. Selalu aktif di marketplace, sehari minimal login sekali, semakin sering aktif semakin baik reputasi lapak kamu, calon penjual bisa melihat kapan kamu sedang aktif
  2. Buat produk tanpa watermark, tidak ada embel-embel website lain
  3. Usahakann kamu tidak memberikan alamat sosial media bisnis kamu, kemungkinan besar akun kamu diblokir
  4. Jangan taruh nomor Hp disana, karena marketplace menyediakan fitur hubungi penjual, semakin sering kamu login maka semakin banyak peluang kamu mendapatkan pesan calon pembeli, semakin besar pula peluang order

Itu saja kesimpulan umumnya pemilik perusahaan online marketplace.


#2. Jadilah Dropshipper, Modal Kecil dan Minim Resiko


Dropshipping artinya berjualan tanpa ada stok dirumah kamu.

Kadang sempat berfikir begini..

..Sedikit memang untungnya menjadi dropshipper, pekerjaan yang sia-sia, karena sudah puluhan yang order namun untungnya tidak sebanding dengan jerih payahnya dan biaya paket internet yang dikeluarkan setiap bulannya. Ratusan yang order untungnya cuman 500-2000 rupiah per barang, miris..

..Ini pemikiran yang harus dibuang jauh-jauh sebagai internet marketter, kenapa ?

Memang menjadi dropshipper sedikit untungnya, namun dibalik minim untung itu ada hal yang besar dan penting yang tidak dipunyai penjual dipasar nyata dan menjadi senjata kamu untuk menaikkan omset yang ingin kamu target, karena berjualan secara online mempunyai potensi besar dan target pembeli yang lebih luas ketimbang yang berjualan nyata seperti di pasaran.

Hal besar dan penting yang tidak dipunyai penjual dipasar nyata adalah DATA PEMBELI.

Penjelasannya begini..

Saya awali contoh konkritnya dan kasus pertanyaan bagus menurut saya, begini : perusahaan online marketplace dapat untung dari mana ? padahal harga sudah dari penjual dan ongkos kirim sesuai ekspedisi, lalu untungnya dari mana ?

ah, bingung..

Jangan bingung, saya beri tahu rahasia keuntungan mereka, nantinya untuk kamu tiru..

Saya ambil contohnya marketplace tokopedia. Tokopedia merupakan salah satu merketplace terbesar sekelasnya seperti bukalapak, shopee dan lain-lain yang entah nanti akan muncul nama apa lagi, semua mempunyai sistem mencari keuntungan yang hampir sama, meleset pun tidak jauh.

Begini..

Saat kamu daftar di tokopedia, kamu bisa menggunakan sosmed dan email saat mendaftarnya, maka semua data kamu akan terekap dengan rapi di situs mereka, mereka akan mudah memberikan informasi menarik ke kamu, seperti melalui email.

Bagi kamu yang hanya sebagai pembeli juga akan diberi informasi yang sama, adil dan rata ditujukan ke email kamu, baik iklan, promo, program dan lain-lain, dan kadang kala isi konten itu menggugah hati dan akhirnya kamu action.

Action kamu menambah nilai plus bagi tokopedia, seperti ada promo barang murah lalu kamu beli. Bayangkan berapa banyak yang sepertimu, dan berapa banyak transakti ke tokopedia ?

Dilansir majalah tempo 2016, jumlah transaksi tokopedia mencapai triliunan rupiah per bulan, woow _^^_

Lalu apa hubungannya jumlah transaksi itu dengan keuntungan tokopedia ?

Tidak ada.

Begini mereka mengambil untung..

Keuntungan tokopedia dari para penjual produk. Penjual akan lebih semangat jualannya apalagi sering ada order, mereka pasti menjaga reputasi lapaknya, namun pasti ada kendala seperti komentar yang tidak jelas dari pembeli, contoh isinya: pelayananya jelek, barang tidak seperti foto, bahan kain tipis, dan lain-lain ungkapan kekecewaan pembeli.

Tokopedia memanfaatkan kejadian itu menjadi keuntungan.

Komentar atau feedback menjengkelkan itu adalah wajar bagi para bisnis online termasuk dropshipper, disini kesabaran mempunyai peranan sangat penting, itulah kalo jadi penjual.

Si penjual juga tak kehabisan akal, mereka akan membeli nilai reputasi, ditokopedia disediakan fitur gold merchant, fitur ini tidak gratis dan fitur inilah menjadi keuntungan tokopedia, para penjual tokopedia harus membeli sebesar 100 ribu rupiah perbulannya.

Data tahun 2015 yang berlangganan gold merchant sekitar 20.000 penjual. Jadi pendapatan tokopedia = 20.000 x Rp 100.000,- = Rp 2.000.000.000,-/bulan.

Pendapatan yang fantastis bukan! 2M/bulan

Belum lagi fitus TopAds 50 rupiah/klik, anggap saja jumlah anggota tokopedia mencapai 1 juta, dan yang klik per hari anggap saja 30 persennya, maka total biaya perklik nya 15 juta rupiah.

Itu semua dilakukan karena ada DATA.

Yakinlah. Data bisa mengubah omset kamu menjadi lebih besar.

Jadilah dropsipper dulu jika minim modal, tidak butuh stok, bisa dilakukan dimana saja tanpa batasan waktu dan jarak promosi, kumpulkan data para pembeli produk dropsip kamu.

Manfaatkan strategi diatas untuk mencari data pembeli, kamu akan tahu produk mana yang sering terbeli, pikiran kamu akan dipaksa untuk berfikir strategi yang tepat, jadikan rencana kedepan setelah kamu cukup modal untuk melakukan cara seperti perusahaan marketplace itu.

Yuk, mulialah menjadi dropshipper dulu, ubah pemikiran kamu menjadi seorang pembisnis sukses dan dermawan.

Produk dropship-nya bisa kamu temukan melalui:

Pencarian di Google: gunakan kata kunci “site:.com dropship [nama produk]”.

Domain .com bisa coba diganti .net .co.id

Kata dropship bisa coba diganti menjadi distributor, reseller, atau supplier hingga kamu menemukan produk yang akan kamu jual kembali.

Hati-hati

Meskipun kamu mengorder produk di pihak ketiga tapi dengan menjadi dropshipper tanggung jawab kustomer tetap ada di tangan kamu.

Tips Dropsipper :

Beli dulu beberapa produknya sebelum mulai menjual, supaya kamu sendiri tahu kualitasnya

Atau paling aman dan nyaman adalah dengan mencari produk di marketplace, lalu dijual kembali melalui media sosial.

#3. Buatlah Fanspage Facebook Sebagai Toko Online


Karena kamu harus berpromosi online, media sosial facebook bisa kamu jadikan toko produk online kamu, GRATIS..

Saya rekomendasikan ke fanspage bukan akun facebook kamu, alasannya fanspage bisa ke search engine dengan baik, jadi semakin sering kamu aktif dan banyak yang like maupun komen menanyakan seputar produk kamu, maka reputasi fanspage kamu semakin bagus di mesin pencari, seperti google.

Jika kamu ingin membuat banyak sosmed untuk menunjang promosi produk kamu sebaiknya pertimbangkan matang-matang terlebih dahulu, semakin banyak sosmed yang kamu gunakan maka semakin repot bahkan tidak bisa fokus dan akhirnya tidak ada order satu pun, jadi sebaiknya fokus pada satu sosmed saja namun dimaksimalkan cara promosinya dan harus tepat sasaran.

Bagaimana cara mempromosikan maksimal dan tepat sasaran ?

Ikuti jejak lawan bisnis kamu, misalkan kamu jualan jilbab maka carilah website besar dan lihat fanspage facebooknya, disana banyak yang like dan filter lebih lanjut siapa saja yang lebih aktif komen, catat datanya lalu kamu bisa add pertemanan dengan akun facebook kamu, berarti kamu sudah berhasil menyimpan data mereka, lalu promosikan produk kamu dan saya yakin mereka akan order.

Begitu juga jika kamu menggunakan instagram dan media sosial lainnya, kamu bisa menggunakan strategi diatas.

#4. Buatlah Konten Saat Promosi yang Menggugah Hati Orang Untuk MengKLIK


Kalimat pertama dalam promosi fansebook harus padat, mengena dan penasaran untuk mengklik informasi selengkapnya.

Seperti yang saya alami sendiri, dengan melihat iklan yang menarik akan saya klik dan membacanya hingga mata melotot dan hingga selesai tulisan iklan itu.

Akhirnya saya tertarik dengan produk itu dan akhirnya beli.

Kejadian ini juga pernah kamu alami bukan !

Nan intinya, buat isi konten promosi yang semenarik mungkin yang mengundang orang untuk membacanya.

Contohnya begini..

Sesuaikan katagori promosi kamu, seperti :

1. Menakjubkan
Ex: “Inilah Penginapan Terbaik di Bali yang Mengarah Langsung ke Pemandangan Menakjubkan”
2. Promo
Ex: “Dapatkan Promo Terbatas Ini, Hanya Ada Ditoko Kami”
3. Bonus
Ex: “Hanya Dengan Membeli Disini Anda Akan Mendapatkan Bonus Keren Tersebut”
4. Complete
Ex: “Paket ter complete yang pernah ada untuk produk ini”
5. Mudah
Ex: “Berikut Cara Mudah Menurunkan Berat Badan 5 Kg dalam 14 Hari”
6. Nikmati
Ex: “Nikmati Keindahan Berliburan di Pulau Komodo”
7. Lucu
Ex: “Film Lucu yang Membuat Hari-Hari Anda Penuh Ceria”
8. Menggugah
Ex: “Aroma Rasa Kaldu Ayam yang Menggugah”
9. Eksklusif
Ex: “Produk Eksklusif yang Hanya ada 6 Item di Indonesia”
10. Asli
Ex: “Madu Asli Langsung Dari Sarangnya”
11. Garansi
Ex: “Garansi Posisi Situs Anda Akan Berada di Halaman Pertama Google Dengan Jasa SEO Kami”
12. Segera
Ex: “Segera Dapatkan Materi E-Course Ini, Karena Penjualan Akan Ditutup”
13. Instan
Ex: “Dapatkan Kulit Putih Secara Instan Tanpa Efek Samping”
14. Sangat Menarik
Ex: “Gabung di Premium Grup Belajar SEO dan Dapatkan Materi yang Sangat Menarik”
15. Perfect
E
x: “Bunga ini, dapat menjadi kado sempurna untuk istri Anda”
16. Aman
Ex: “Pastikan uang Anda aman bersama bank kami”
17. Hemat
Ex: “Dapatkan harga khusus ini, Anda hemat Rp 300.000”
18. Solusi
Ex: “Cat rumah Anda harus ganti setiap tahun? Kami solusinya yang dapat bertahan sampai 5 tahun”
19. Special
Ex: “Berikut penawaran special kami, jika Anda bergabung hari ini”
20. Lezat
Ex: “Inilah menu lezat yang ada di restoran kami”

Ref. www.muhammadhafizh.com

Dan masih banyak lagi, kamu bisa otak-atik kalimat itu menjadi lebih sempurna.

Intinya adalah menarik..

Itulah beberapa Bisnis Online/Net dengan Modal Kecil Potensi Menguntungkan Banget yang bisa kamu coba setelah ini.

Memang masalah rejeki sudah diatur oleh sang Pencipta, karena kita hidup ini sudah ada skenarionya, kalo kamu ditulis menjadi pembisnis sukses maka akan terwujud namun jangan pesimis karena takdir bisa diubah dengan do'a kamu, jadi pesan saya "andalkan Dia dalam setiap usaha kamu".

No comments:

Post a Comment

Aturannya berkomentar sbb:
1. Jika bertanya yang baik.
2. Tidak boleh spam/Link Hidup.
3. Bertanya yang jelas nggak memakai singkatan yang sekiranya sulit dipahami.
4 Bisa bertanya bisa menjawab.
5. Itu aja persyaratannya.
6. Akan disetujui