Normal Mode
Responsive Mode

4 Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Android Lemot Tanpa App Pembersih

Cara Mengatasi Hp Andoid Kamu Lemot  - Hal yang paling sebel banget saat android kita lemot, betul tidak! kadang saking sebelnya jadi pegel semua badan kita. Android bisa lemot karena banyak hal, dan yang paling umum disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang terinstal dan sampah yang tersembunyi dan belum terhapus dengan maksimal.


Ada banyak cara selain h[ac]k sistem Android kamu untuk meningkatkan kecepatan adroid kamu, yakni dengan cara otak-atik sistem android tanpa berpengaruh pada sistemnya, dijamin aman jika kamu tepat menerapkannya.

Setiap usaha pasti ada hasil. Sudah banyak sekali cara paling ampuh yang kamu bisa dapat dari internet tentang mengatasi Hp android yang lemot.

Hp yang lemot ini pada umumnya mempunyai ram yang kecil antara 500 mb hingga 1 giga, makanya sekarang para vendor perusahaan smartphone selalu mengupgrade produknya menjadi ram yang lebih besar, ada yang 2 giga hingga bahkan 3 giga. Percayalah suatu saat ram smartphone hingga 10 giga, luar biasa cepatnya bukan!

Nah, bagi kamu yang mempunyai Hp android yang ram nya dibawah 1 giga seperti keluaran versi android jelly bean dan kitkat, kebanyakan masih dibawah ram 1 giga, maka yang kamu harus lakukan agar Hp android itu tidak lemot adalah dengan memaksimalkan sistemnya tanpa bantuan app pihak ketiga, namun jika kamu menggunakan bantuan aplikasi tidak masalah asalkan harus hati-hati pasalnya dapat membuat sistem Hp android kamu jadi rusak, jadi pastikan app itu bagus dan terpercaya.

#1 Nonaktifkan Semua Sistem Aplikasi Bawaan yang Kurang Perlu

Sistem Aplikasi yang tidak perlu bisa kamu matikan, yang penting jangan yang sistem androidnya, kalau kamu mematikan sistem android maka Hp kamu tidak bekerja dengan maksimal.

Nah, untuk itu pilihlah sesuai kebutuhan kamu, jika kamu hanya ingin menggunakan Hp itu untuk internetan maka browser jangan kamu matikan. Jika punya saya semua saya maikan, hanya tinggal aplikasi WA, browser (untuk FB, Twitter, Email dll), intagram saja, lainnya tidak saya aktifkan, diaktifkan pun hanya seperlunya saja.

Caranya masuk ke pengaturan >> aplikasi. Perhatikan gambar berikut.

aplikasi-agar-android-tidak-lemot

Diatas, beberapa aplikasi yang dinonaktifkan.

#2 Hemat Aplikasi, Jangan banyak Instal App

hal yang kamu perhatikan saaat menambah aplikasi adalah kapasitas ram, jangan dipaksakan jika ram Hp kamu kecil, ini untuk menghindari kinerja lemot atau bahkan blank.

Jadi pertimbangkan aplikasi yang harus kamu instal, seperlunya saja, seperti WA, Browser (opera, firefox atau google chrome), Waze atau google maps.

#3 Jangan Lupa Hapus History Browser Kamu Setelah Berselancar Internet

Browser yang menyimpan history memang dapat meningkatkan kecepatan loading blog yang kamu kunjungi, namun jika banyak blog yang kamu kunjungi maka akan tersimpan dalam ram kamu, Hp jadi lemot.

Ada baiknya jika kamu mempunyai peketan yang banyak menggunakan mode "tap penyamaran baru" yang dikenal dengan mode "incognito", cara ini juga dapat mencegah masuknya virus android pasalnya browser tidak menyimpan visited pages, cookies, searches, dan temporary files. Jadi aman dari virus yang nempel atau yang otomatis menginstal dengan sendirinya. Ini yang paling banyak dilakukan oleh para master penjelajah internet, kelemahannya dengan menerapkan browser incognito harus tersedia banyak kuota pasalnya setiap halaman web yang dikunjungi tidak tersimpan di browser alias dowload laman setiap kunjungannya.
Baca juga: Tips Cerdas Mencegah dan Menghilangkan Virus Paling Bandel dari Internet

#4 Hapus Sampah Dengan Manual Jika Ram Hp Kamu Sangat Kecil

Ini berlaku untuk ram yang dibawah 1 giga, karena jika menggunakan cleaner master butuh ran besar karena file nya cukup memakan ram.

Namun, jika Hp kamu ram kecil maka jangan khawatir karena ada cara manual dan jitu menghapus semua sampah yang tersembunyi di ram Hp kamu.

Caranya begini..

Saya menggunakan smartphone huawei P8 lite. Pada prinsipnya semua sistem Hp android mempunyai sistem "Pembersih Penyimpanan" bawaan sistem Hp Android.

Untuk versi smarphone saya, lihat gambar dibawah.

Ada dua cara.

1. Setting >> Aplikasi

Jika kamu menggunakan cara ini, kamu harus buka satu persatu info aplikasi.

Contoh:

Jika kamu ingin menghapus cache browser chrome maka: pergi ke "setting >> Aplikasi >> Chrome >> penyimpanan >> hapus chache", lihat contoh gambar berikut ini.

aplikasi-agar-android-tidak-lemot


2. Setting >> pengaturan lanjutan >> Memori dan Penyimpanan >> Pembersih penyimpanan

Lihat gambar berikut.


Beres.

Seringlah menjalankan tips cerdas diatas agar Hp kamu tetap mempunyai kinerja yang cepat. Tips diatas dipercaya mampu mengatasi Hp Android yang lemot. Jika masih kurang jelas silahkan berkomentar dibawah ini, komentar kamu akan segera saya balas.

Selamat mencoba..


PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.


Related Post:

Post a Comment

Terimakasih sudah menyempatkan untuk berkomentar.