Normal Mode
Responsive Mode

6 Cara Akurat Membuat Halaman Nomor Word Berbeda (Atas Bawah) pada File Skripsi

6 Cara Praktis dan Mudah dalam Membuat penomoran word berbeda dalam 1 file skripsi. Pada pengaturan file skripsi atau makalah yang biasanya pada Bab I lembar pertama di berikan penomoran pada footer sedangkan lembar kedua dan seterusnya pada header. Ada beberapa mahasiswa yang kebingungan untuk mengaturnya, ini saya tulis sebagai reques teman-teman yang menanyakan tentang bagaimana cara membuat penomoran yang berbeda misalkan di halaman pertama posisi penomoran di footer tengah sedangkan penomoran selanjutnya pada header kanan atas.

Khusus untuk pembuatan file skripsi masalah ini sangat dicari oleh banyak mahasiswa karena setiap aturan universitas mempunyai pola penulisan skripsi yang sama hingga posisi penomorannya pun akan dipermasalahkan oleh Dosen-dosen mereka.


Nah, tidak panjang lebar.. Sekarang ikuti panduan cara membuat penomoran berbeda dalam 1 file MS Word ,  pada prinsipnya sama baik memakai aplikasi Ms Word 2006 atau 2010 atau tipe keatas.
Baca juga : 3 langkah Menggabungkan File Skripsi Menjadi Satu

Langkah pertama. Buka aplikasi Ms Word Anda, buat lebar kerja baru sebanyak dua lembar kerja saja dulu. Nanti akan kita terapkan pada file skripsi.

Langkah kedua. Beri penomoran pada kedua lembar kerja itu, penomoran ada di footer tengah, hasilnya kedua lembar kerja mempunyai penomoran footer tengah semua karena belum kita otak-atik.

Kita akan mengubahnya dengan posisi penomoran yang berbeda, lembar pertama tetap di footer tengah sedangkan penomoran kedua ada diposisi header kanan.

Langkah ketiga. Letakkan kursor pada lebar kerja pertama, tempatkan kursor tepat dibawah lembar kerja pertama. Klik Page layout - Break - Next Page maka kursor akan pindah otomatis ke halaman kedua, jika kursor tidak pindah otomatis berarti perlu diulangi lagi hingga kursor otomatis pindah kehalaman selanjutnya. Lihat gambar 1.

Gambar 1 (klik perbesar)

Langkah keempat. Letakkan kursor ke footer lembar kerja kedua, caranya klik dua kali pada footer atau klik kanan pada footer dan klik edit maka kursor akan masuk ke bagian footer.  Klik "Link To Previous", link ini akan bisa diklik kalo Anda sudah benar melakukan cara diatas. Lihat gambar 2

Gambar 2
Langkah kelima. Hasilnya adalah kedua lembar kerja akan mempunyai halaman double, footer dan header. Sekarang kita akan menghilangkan nomor satu pada header lembar kerja pertama, caranya centang  "DIFFERENT FIRST PAGE" maka penomoran di lembar kerja pertama akan kosong baik di header dan footer nya. Lihat gambar 3
Gambar 3

Langkah keenam. Buat lagi penomoran pada lembar kerja pertama pada footer tengah yang kosong ini. Maka hasilnya penomoran pada lembar kerja pertama akan muncul lagi dan header lembar kerja pertama tetap kosong. Ohnya, fungsi Different First Page adalah menghapus nomor khusus untuk penomoran pertama.

Baca juga : Cara Menghilangkan Halaman Nomor Header/Footer Disetiap Bagian Awal Bab Skripsi

Setelah itu coba pergi ke halaman kerja kedua dan tambahkan satu lembar kerja lagi menjadi 3 lembar kerja, lihat di lembar kerja ke 3 apakah otomatis mempunyai nomor 3, jika otomatis ada nomor 3 di lembar kerja ke tiga maka Cara Akurat Membuat Footer Word Berbeda (Atas Bawah) pada File Skripsi berhasil.

Kesimpulan:
  1. Buat lembar kerja
  2. Buat nomor footer
  3. Break - Next Page
  4. Klik Link to Previous
  5. Different First Page
  6. Buat nomor footer Lembar pertama
  7. Jadi deh. Ada yang masih bingung !! Hmm.. klik laman ini untuk mengunduh contohnya.

Nah itulah 6 Cara Praktis dan Mudah dalam Membuat penomoran word berbeda dalam 1 file skripsi maupun makalah. Untuk panduan lainnya tentang pembuatan skripsi atau makalah jika berkenan silahkan komen di bawah ini agar nantinya akan mendapatkan informasinya melaui blog ini, salam berbagi.. semoga skripsi anda lekas selesai. Amiin


PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.


Related Post:

Post a Comment

Terimakasih sudah menyempatkan untuk berkomentar.