Mobil Sedan Corolla: DX "Harga Bagus, Berkelas dan Berkualitas"

Posted by Jendela Buwana

Mobil sedan corolla DX
Mobil Sedan Corolla - Saya sempat melongo ketika membaca berbagai referensi kesana kemari melalui mbah google, mlongo tapi sambil berpikir untuk menyimpulkan sesuatu yang ingin saya tahu tentang keunggulan mobil sedan corolla yang membingungkan itu, hingga kini saya memahaminya walau belum sempat memilikinya.

Andaikan waktu bisa berputar dan saya bisa bertemu bapak Tatsuo Hasegawa, partner kiichiro Toyoda pendiri Toyota Motor Corp (TMC), saya akan interview langsung beliau tentang sejarah corolla tanpa bingung browsing kesana kemari mencari tahu yang autentik tentangnya hingga bisa menyimpulkan sendiri penyebab mobil sedan corolla saat ini menjadi sejarah yang luar biasa sepanjang masa.

PROFILE PENDIRI

Tatsuo Hasegawa
Tatsuo Hasegawa lahir Februari 1916 di Tottori City. Setelah lulus dari Jurusan Aeronautika Tokyo University pada tahun 1939, Hasegawa bergabung dengan perusahaan Tachikawa Aircraft.
Setelah Perang Dunia II, pada tahun 1946, Hasegawa bergabung dengan Toyota Motor Co, Ltd Sebagai Chief Engineer, ia mengawasi perkembangan Publica, Toyota Sports 800, Corolla dan Celica.

Tatsuo Hasegawa

Kiichiro Toyoda
Kiichiro Toyoda adalah seorang pengusaha Jepang dan juga merupakan anak Sakichi Toyoda, pendiri dari Toyota Industries.
Lahir: 11 Juni 1894, Prefektur Shizuoka, Jepang
Meninggal: 27 Maret 1952, Jepang
Pendidikan: Universitas Tokyo
Orang tua: Sakichi Toyoda
Anak: Shoichiro Toyoda


Kiichiro Toyoda

Toyota Corolla
Sayangnya itu tak akan terjadi, masa lalu tidak akan terambah lagi, hanya sejarah dan kata-kata yang bisa dilihat dan dibaca. Untuk itu, sebelum Jendela Buwana lebih lanjut mereview Mobil Sedan Corolla DX "Harga Bagus, Berkelas dan Berkualitas", terlebih dahulu ijinkan saya menceloteh lewat tulisan ini bahasan singkat sejarah mobil sedan corolla hasil browsing kesana kemari.

Empat dekade lebih, tepatnya pada tahun 1966 Corolla pertama ini lahir, dari produsen mobil ternama di dunia yakni Toyota, dimana Toyota didirikan oleh Kiichiro Toyoda di tahun 1937 , dengan organisasi besarnya bernama Toyota Motor Corporation (TMC), Aichi, Jepang. Jenis mobil sedan Toyota Corolla generasi pertama tahun 1966 ini desain oleh "Leader of the first-generation Corolla" bernama Tatsuo Hasegawa sekaligus kala itu ia sebagai manager utama Corolla. Lahirnya mobil sedan Corolla generasi pertama ini diawali dengan perayaan ulang tahun TMC yang ke 30 tepatnya di tanggal 23 Agustus 1966. Pasaran Corolla ini bukan hanya mempopuler di negara asalnya yakni Jepang, melainkan diseluruh dunia hingga angka ekspor mencapai lebih dari 300 ribu unit per tahun dan itu melebihi angka ekspor mobil "Volkswagen Beetle", nama mobil terlaris di dunia produk dari Jerman waktu itu.

Masih soal Corolla, hadirnya Corolla di Indonesia sekitar tahun 1972, yakni mulai dari generasi kedua dengan kode sasis E20 yang di produksi tahun 1966-1970 yang merupakan pengembangan generasi Corolla pertama dengan kode sasis E10 yang didesain oleh Shirou Sasaki yang waktu itu dia sebagai asistennya Hasegawa dan ia terkenal sebagai "Development Leader of the first-generation Corolla". Kemudian Corolla ini terus berevolusi dari produk para Development Leader Corolla hingga menetaskan 11 generasi corolla lainnya hingga saat ini. Berikut daftar generasi pertama Corolla hingga generasi terakhir.
  • Corolla generasi 1 [E10] - Tahun 1966-1970 (Sprinter Trueno/Levin)
  • Corolla generasi 2 [E20] - Tahun 1971-1974 (Model Corolla KE20)
  • Corolla generasi 3 [E30, E40, E50, E60] - Tahun 1975-1979 (Corvette)
  • Corolla generasi 4 [E70] - Tahun 1980-1984 (Generasi DX)
  • Corolla generasi 5 [E80] - Tahun 1983-1987 (Corolla GL)
  • Corolla generasi 6 [E90] - Tahun 1988-1992 (Corolla SE)
  • Corolla generasi 7 [E100] - Tahun 1992-1997 (Great Corolla)
  • Corolla generasi 8 [E110] - Tahun 1995-2002 (All New Corolla)
  • Corolla generasi 9 [E120, E130] - Tahun 2000-2006 (Corolla Altis)
  • Corolla generasi 10 [E140, E150] - Tahun 2006-2013 (Grand New Corolla Altis)
  • Corolla generasi 11 [E160] - Tahun Sekarang (All New Corolla Altis 2014).

Lebih lanjut tentang perkembangan Corolla mulai tahun 1966 hingga sekarang, lihat selengkapnya di Wikipedia atau lihat dengan seksama video berikut versi Youtube-nya.

Logo toyota
Untuk di Indonesia, berdasarkan data wholesale Gaikindo, Januari-Oktober 2013, dari jumlah total konsumen mobil sedan 3.626 di Indonesia, terdapat 1.242 Konsumen mobil sedan Toyota Corolla, ini artinya penjualan Corolla di Indonesia sangat mendominasi. Dengan demikian, sangatlah nampak banyaknya penggemar sekaligus pemakai mobil sedan Toyota Corolla di Indonesia, begitu juga DX yang kali ini akan kita bahas, banyak kalangan yang mengincar untuk memilikinya walau harganya cenderung melambung tinggi, sekali lagi ini adalah sesuatu yang indah dalam diri DX. Buktinya, Corolla generasi DX ini yang lahir tepatnya mulai 1980 hingga 1984 (Corolla generasi ke-4) hingga kini dan saat ini masih banyak di buru oleh masyarakat Indonesia. Memang, kalau ngomong soal mobil sedan Toyota Corolla dari tahun ketahunnya ia tak lekang oleh jaman, artinya mobil sedan Corolla dalam berevolusi dari tahun ke tahun, hasilnya tetap saja menjadi pasaran nomer satu, sekarang Toyota Corolla sudah terjual sebanyak 40.010.000 unit, sehingga tepat ia disebut Corolla sedan terbaik. Contoh, di tahun 1980 dimana DX sudah lahir, produksi harian Corolla sempat menembus rekor tertinggi, DX itu sendiri produksi hariannya menyentuh angka hingga 2.346 unit, dan ini tercatat dalam sejarah merupakan produksi harian rekor tertinggi di seluruh dunia, dan sekarang DX menjadi sejarah mendunia karena rekor tertingginya dikala itu. Sehingga dari legendaris Corolla tersebut yang terdengar sampai ke negara kita, dampaknya mobil tua DX ini menjadi Jenis mobil sedan berkelas tinggi, harga bagus (harga beli tinggi, harga jual tinggi) dan pastinya berkualitas. Tapi masalahnya, kenapa sedan berkelas tinggi ini kena pajak sangat tinggi juga, alangkah baiknya demi kesejahtaraan masyarakat, pemerintah memikirkan hal ini, pajak corolla tidak dilambung tinggi, kalau memang pemerintah support rakyatnya sejahtera dapat menikmati hidupnya.
emosional "Tapi mau tidak mau ya begini"
Ngomong masalah pajak mobil sesuai harga, "Negara tetangga, rakyat memiliki mobil punya dukungan dari pemerintah, biaya kredit tidak mahal-mahal amat, kalau dibandingkan di Negara kita kredit motor sama kelasnya kredit mobil di Malaysia". Artinya pajak mobil di negara tetangga sangat rendah di banding dengan negara kita, tutur tetangga sebelah rumah saya ketika itu saya masih dibangku SMA. Loh kok ngomongin soal pajak segala, kembali ke topik permasalahan ya... Untuk saat ini, mobil sedan DX yang sudah dipercaya bandel dikalangan Indonesia, cenderung berbanderol harga yang lumayan tinggi, jika mesin dan bodi masih original dan baik, harganya hingga ratusan juta, untuk yang tidak original dan banyak karatan atau dempulan, harganya paling rendah kisaran 25 juta. Bahkan, ditemui harga DX menyamai Corolla Altis, padahal Corolla Altis paling murah kisaran Rp. 120 juta.

"Mengapa harus mobil tua Corolla DX yang berbanderol tinggi di Indonesia"

Secara umum dari bahasan legendaris Corolla di atas sudah tampak bahwa ia adalah hasil produksi perusahaan mobil ternama di dunia apalagi sekarang menjadi perusahaan terbesar pertama di dunia yakni Toyota, sehingga ia jelas merupakan mobil berkelas tinggi dan berkualitas, begitu juga Corolla generasi DX-nya, jumlah produksi hariannya mendapatkan rekor tertinggi di seluruh dunia, ia adalah mobil sedan istimewa dari yang lainnya baik dikalangan corolla maupun sedan lainnya. Untuk di Indosesia, DX ini sudah terbukti kualitasnya dari para pemakai sebelum-sebelumnya, seperti mesin yang bandel yang didesain mampu untuk daerah panas seperti di Indonesia bahkan yang lebih menakjubkan seperti dalam film "The men who stare at goats" dikemudi oleh pria gagah "george clonney", dengan ganas menjelajahi padang pasir mesir yang super panas. Hal inilah diantaranya membuat DX sebagai tolok ukur utama bagi orang lain dalam membeli mobil tua berkualitas apalagi didukung DX punya nilai historis dan sudah melegenda.
DX dalam film The men who stare at goats
Dx dalam The men who stare at goats
Faktor lain, harga DX menjadi kian melambung karena saat ini DX sedang menjadi mobil fenomenal yang digemari semua kalangan orang Indonesia, baik kalangan tua maupun muda, dan ini sudah mengakar dari generasi ke generasi, apalagi di Indonesia bermunculan komunitas-komunitasnya dibawah arahan Bpk Atieq Muttaqien, seperti ICDXC "Indonesia COROLLA DX Community" Chapter Depok, Ja-teng, DIY, Palembang, Jambi, dll (selengkapnya tentang daftar DX Community di http://icdxc.blogspot.com/p/blog-page.html) yang sudah beranggotakan banyak orang. Soal komponen, untuk suku cadang DX masih mudah dicari dan banyak toko suku cadang yang menyediakannya, apalagi masih banyak pengguna kijang di Indonesia terutama mesin tipe 4K dan 5K yang sebagian besar support untuk DX. Selain itu, untuk bengkel yang talenta dan profesional dalam masalah modifikasi dan restorasi Corolla DX di Indonesia juga banyak. Dengan demikian, wajar jika DX di Indonesia penjualannya cukup fantastis dan berbanderol tinggi, bahkan kedepannya dipandang segera menjadi market leader di percaturan pasar sedan nasional dengan harga yang cukup tinggi.
ICDXC
Presiden ICDXC Indonesia, Atieq Muttaqin
ICDXC
Indonesia COROLLA DX Community
Fitur dan Perlengkapan Toyota Corolla Generasi DX
Mobil sedan corolla DX
Di Indonesia hanya tersedia dalam variant Mobil Sedan Corolla DX 4 pintu bermesin 1300 cc 4K. Platform generasi keempat (tahun 1980-1984) ini juga dipakai untuk Daihatsu Charmant. Mobil Sedan Corolla DX di Indonesia tahun 1980 memiliki 4 lampu depan yang berbentuk bulat, bumper juga masih menggunakan besi dengan karet di kedua ujungnya, pada tahun 1981 mengalami perubahan pada lampu depan jadi bentuk petak. Model tahun 1982 mempunyai perbedaan pada lampu sen depan yg melebar ke samping dan lampu belakang baru, sedangkan tahun 1983 pabrikan mobil asal jepang toyota menghadirkan Mobil Sedan Corolla DX dengan tachometer dan bumper urethane yang panjang. Berikut perkembangan Fitur dan Perlengkapan Toyota Corolla Generasi DX.
DX produksi tahun 1980
1. Corolla E70 produksi tahun 1980
  • Menggunakan 4 buah headlamp dengan model bulat, dengan bumper stainless.
  • Dari sisi teknis, E70 adalah model Corolla terakhir yang menggunakan penggerak roda belakang, dan model pertama yang menggunakan power steering.
DX produksi tahun 1981
2. Corolla E70 produksi tahun 1981
  • Menggunakan dua headlamp dengan bentuk persegi, dan bumper stainless.
DX produksi tahun 1982
3. Corolla E70 produksi tahun 1982
  • Tambahan panel RPM, menggunakan wraparound headlights.
  • Perubahan lampu sein melebar kesamping.
  • Perubahan bumper, pada beberapa model, menggunakan bumper menggunakan karet.
DX produksi tahun 1983
4. Corolla E70 produksi tahun 1983
  • Tambahan perlengkapan berupa tachometer dan bumper urethane berukuran panjang.
Jangan pesimis, jika diantara Sobat ada yang merasa style body kalem natural-nya yang terlihat tak tampak kereng membuat jatuh mental, karena memang setelan body jaman 80-an jauh belum gaul jika dibanding dengan body sedan tahun muda. Akan tetapi justru mobil unik dan antik ini menurut banyak kalangan mudah untuk di modifikasi. Masalah menyegarkan penampilan DX, model aliran modifikasi apapun ia akan nurut dan manut, apapun modifikasi yang kita suka akan terkabulkan, seperti modif mobil balap, rally, vintage, retro maupun gaya modifikasi lainnya.
"Tips Membeli Mobil Baru Dengan Mencicil Tanpa Bunga"
Jika dipusingkan dengan keinginan kredit mobil baru karena gengsi dengan tetangga sebelah maka jalan utamanya ya "beli mobil juga" akan tetapi pilih dengan cara mencicil dengan tanpa bunga, Apakah ada cara demikian? jawabannya adalah ada, dimanasih dunia ini yang tidak mungkin ada, betul nggak! Emosional Pilihlah dan beli secara kes DX mobil tua sedan terbaik yang mulai kisaran 25 jutaan rupiah dan itu sudah sebagai mobil baru saudara, karena menurut Jendela Buwana dan banyak kalangan membeli dan memelihara mobil tua sama saja membeli barang baru tetapi dicicil, artinya nyicil sedikit demi sedikit untuk membiayai perbaikan atau restorasi menuju full modifikasi sehingga menjadi mobil baru yang bisa jauh lebih berharga dibanding mobil baru keluaran tahun baru, seperti milik Kang "Musa Idi Shah" penggawa Bar Speed di Senayan Jakarta, biaya restorasi kisaran 650 juta, akan lebih mahal lagi jika anda membelinya. Untuk itu, jangan takut rugi jika ingin memodifikasi, sebab jika menjualnya kembali harganya tetap bagus.
Profil perusahaan Toyota di Indonesia
Profile perusahaan Toyota
Berkontribusi kepada bangsa dan masyarakat melalui praktik profesional di bidang pemasaran produk-produk dan jasa pelayanan kepada pelanggan yang berkualitas tinggi dalam lingkungan. Tumbuh berkembang bersama dengan karyawan, pemasok, dealer-dealer utama dan dealer-dealer dengan saling percaya dan menghormati.
  • Nama perusahan: PT. Toyota-Astra Motor
  • Kantor Pusat: Jl. Yos Sudarso, Sunter II, Jakarta 14330, Telp (021) 6515551 (hunting), Fax (021) 6515360
  • Didirikan: 2 April 1971
  • Modal Disetor: Rp. 400.000.000.000
  • Pemegang Saham: PT. Astra International Tbk (51%)dan Toyota Motor Corporation (49%)
  • Jaringan 5 Dealer Utama Toyota: PT Astra Internasional, PT New Ratna Motor, PT Agung Automall, PT Hasjrat Abadi, NV Hadji Kalla Trd.Co.
  • Website: http://www.toyota.co.id/
  • Twitter: https://twitter.com/toyotaid
  • Facebook: https://www.facebook.com/ToyotaID
REFERENSI:
  • http://www.toyota.astra.co.id/
  • http://blog.toyota.co.uk/
  • http://www.toyota-global.com/
  • http://icdxc.blogspot.com/
  • Indonesia Corolla DX Community: https://www.facebook.com/groups/151538434864260/
  • http://www.mobilretro.com/
  • http://www.tokobagus.com/
  • http://kianunafisha.blogspot.com/
Baca juga untuk Unit Link Terbaik Di Indonesia Commonwealth Life Investra Link http://muhamadbahrululum.blogspot.com/ http://muhamadbahrululum.blogspot.com/2014/03/asuransi.html http://muhamadbahrululum.blogspot.com/2013/11/MobilSedanCorolla.html

Related Post



Post a Comment